Resep Indonesia cooking from the heart

Katupek Sayua

Bahan untuk 5 porsi:

  1. 5 buah ketupat atau 2 ketupat bungkus plastik , siap beli atau bikin sendiri
  2. 500 gr daging sup/tetelan, potong-potong, rebus atau ganti 5 telur rebus, jika suka
  3. 500 gr nangka muda, potong-potong, rebus (ganti dengan nangka muda kalengan jika tak ada)
  4. 250 gr kacang panjang, potong kurang lebih 4 cm (ganti dengan buncis jika tak ada)
  5. 2 lembar daun salam
  6. 1 cm/5 gr lengkuas, geprek atau iris
  7. 1 liter santan encer atau 400 ml santan kental campur dengan 600 ml air
  8. 500 ml santan kental
  9. 1-1.5 lt air untuk merebus daging (jika pakai daging)

Bumbu Halus:

  1. 5 buah/50 gr cabe merah besar atau cabe keriting, iris kasar
  2. 7 butir/70 gr bawang merah, iris kasar
  3. 3 siung/9 gr bawang putih, iris kasar
  4. 1 cm/5 gr jahe
  5. 2 cm/6 gr kunyit
  6. 1/2 sdt lada bubuk
  7. 2 sdt garam atau sesuai selera
  8. 1 sdt gula pasir (jika suka)
Ketupat Plastik
Bahan Ketupat Sayur
Katupek Sayua Step 1
Katupek Sayua Step 2
Katupek Sayua Step 3
Katupek Sayua Step 4
Katupek Sayua Step 5
Katupek Sayua Step 6
Katupek Sayua Step 7
Katupek Sayua Step 8
Katupek Sayua Step 9
Katupek Sayua Step 10
Katupek Sayua Step 11
Katupek Sayua Step 12
Katupek Sayua Step 13
Ketupat Sayur khas Minang

Katupek Sayua

Rated 5/5 based on 1 reviews

Indonesian main dish

Asal: Sumatra Barat

Catatan..

Perayaan Lebaran di Indonesia identik dengan sajian ketupat. Biasanya menu ini disajikan di rumah-rumah penduduk di hari pertama atau kedua lebaran. Ada berbagai variasi hidangan ketupat khas Indonesia yang tersebar di seluruh kepulauan Nusantara. Hidangan ini memiliki ciri khas masing-masing sesuai tradisi dan kebiasaan yang diturunkan di setiap daerah dan suku bangsa.

Penampilan dan rasanya juga bervariasi, ada yang bercita rasa pedas sampai yang cenderung manis. Beberapa variasi sajian ketupat yang cukup populer antara lain Ketupat Kandangan dari Kalimantan Selatan, Ketupat atau Lontong Sayur dari Betawi, Ketupat Glabet/Glabed dari Tegal.

Kali ini saya perkenalkan anda dengan sajian ketupat khas dari Sumbar yaitu "Katupek Sayua" alias Ketupat Sayur khas Minang. Tidak perlu saya ungkapkan panjang lebar yang jelas menu ini pantas dicoba. Jika anda masih punya kelebihan ketupat dan belum menemukan ide untuk sayur pendampingnya, silahkan coba sajian sayur nangka muda berkuah santan nan lezat ini :-)

Khusus bagi anda yang tidak bisa membuat atau membeli ketupat dari anyaman daun kelapa, silahkan bikin ketupat alternatif dengan bungkus plastik dan dimasak dalam panci atau rice cooker. Ketupat bisa anda bikin sehari sebelumnya dan simpan dalam kulkas supaya awet. Untuk detail silahkan lihat resep pembuatan Ketupat Bungkus Plastik. Selamat Mencoba dan Semoga resep ini menambah khasanah sajian ketupat di dapur anda :-)

Catatan : Bagi anda yang vegetarian atau sudah punya lauk yang lain, silahkan bikin dengan bahan sayur saja seperti umumnya di Sumatra Barat.

Cara Membuat:

  1. Potong-potong daging daging tetelan atau daging sup (jika memakai daging) dan rebus sampai matang, tiriskan dan sisihkan.
  2. Jika anda memakai nangka segar, rebus hingga nangka matang dan lunak dan tiriskan. Buang sisa air perebusan, jangan dipakai untuk campuran kuah karena bisa menyebabkan sakit perut/sebah.
  3. Jika anda memakai sediaan nangka rebus kalengan, pukul-pukul atau penyet potongan nangka dengan ulekan supaya tekstur agak hancur dan memungkinkan bumbu terserap sempurna.
  4. Petiki kacang panjang/buncis, cuci, tiriskan. ( Jangan dibiarkan terendam dalam air nanti kacang panjang akan kaku saat dimasak)
  5. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan cobek atau blender, jika perlu tambahkan minyak secukupnya/3 sdm ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  6. Tumis bumbu halus, lengkuas dan daun salam sampai bumbu benar2 matang/menggumpal dan berbau harum.(kurang lebih 3-5 menit)
  7. (Tips Penting: Bumbu harus ditumis sampai benar-benar matang sebelum dicampur bahan lain supaya hasil masakan sedap dan tidak hambar/cemplang).
  8. Masukkan kacang panjang/buncis, aduk-aduk hingga agak lemas/layu.
  9. Masukkan nangka muda rebus dan potongan daging rebus (jika dipakai). Aduk semua hingga rata.
  10. Pindahkan semua ke dalam panci jika anda ingin meneruskan memasak dengan panci.
  11. Tambahkan santan encer dan masak dengan api besar sampai kuah mendidih dan sayuran agak lunak. Aduk sekali-kali agar santan tidak pecah.
  12. (Jangan dimasak dengan api kecil, supaya kacang tidak terlalu banyak menyerap air, menyebabkan kaku dan susah lunak meski anda panaskan lama).
  13. Masukkan telur rebus (jika memakai telur rebus), aduk rata. ( Skip step ini jika hanya memakai sayuran)
  14. Terakhir masukkan santan kental, aduk rata. Masak dengan api sedang hingga santan mendidih. Aduk2 supaya santan tidak pecah.
  15. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula sesuai selera.
  16. Cara Penyajian : Atur ketupat dalam piring/mangkok saji, siram dengan sayur nangka muda, santap dengan kerupuk kampung/merah/uyel dan sambal jika suka lebih pedas.



Reviews & Comments

  |  2020-06-14 10:00:25
nur from kediri says:
mbak,makasih banget ya dah kasih bocoran resep ketupat glabetnya semoga bermanfaat buat yg lainnya.walaupun ndak digamblangin kayak yg sudah sudah.ndak papa.jawaban akan tahu klao mau niat mau praktek.ngomong2 boleh tahu ndak yg resep ketupat dengan resep glebed/yg resep ini pelengkap ma sambelnya enaknya apaan ya.ya,biar ndak sepi gitu.soale,selain cocok untuk ketupatan waktu jika didesa,juga ndak terlalu nguras kantong,ndak asing,ndak jlimet prosesnya,cocok dilidah,unik,bisa buat persediaan
Hallo Nur. Biasanya pelengkapnya kerupuk mi/uyel, taburan bawang merah goreng dan sambal rawit rebus/kukus. Selamat Mencoba semoga berhasil ketupat Glabetnya :-). Salam ...Endang

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: