Resep Indonesia cooking from the heart

Jangan Lombok Ijo

Bahan:

  1. 500 gr tempe semangit, potong kotak2 atau tipis panjang
  2. 2 cm lengkuas, geprak atau iris tipis
  3. 2 lembar daun salam
  4. 500 ml santan encer
  5. 300 ml santan kental
  6. 1 sdt gula pasir atau sesuai selera
  7. 2 sdt garam atau sesuai selera
  8. minyak secukupnya untuk menumis

Bumbu Iris:

  1. 150 gr cabe hijau, iris menyerong halus
  2. 50 gr cabe rawit hijau (jika suka lebih pedas, potong-potong
  3. 8 buah/80 gr bawang merah, iris halus
  4. 4 siung/12 gr bawang putih, iris halus
Bahan Jangan Lombok Ijo
Jangan Lombok Ijo Step 1
Jangan Lombok Ijo Step 2
Jangan Lombok Ijo Step 3
Jangan Lombok Ijo Step 4
Jangan Lombok Ijo Step 5
Jangan Lombok Ijo Step 6
Jangan Lombok Ijo Step 7
Jangan Lombok Ijo Step 8
Jangan Lombok Ijo Step 9
Jangan Lombok Ijo

Jangan Lombok Ijo

Rated 5/5 based on 10 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P1H0M Indonesian tempe Jangan Lombok Ijo, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Wonogiri dan daerah Gunung Kidul

Catatan..

Jangan yang berasal dari bahasa Jawa berarti "Sayur" dalam bahasa Indonesia. Jadi resep ini artinya Sayur Lombok Ijo. Meski bahan utama adalah tempe tetapi karena porsi cabe hijaunya banyak jadi disebut Jangan/Sayur Lombok Ijo. Sayur ndeso nan lezat ini saya kenal dari almarhum ibu saya yang pada masa kecilnya hidup di Pracimantoro, Wonogiri - Gunung Kidul. Dulu sayuran ini dikenal sebagai makanan orang miskin. Selain bahan dan bumbu gampang diperoleh, proses memasak juga gampang, tinggal diiris-iris cemplung, tambahkan santan sudah jadi.

Aslinya masakan ini menggunakan tempe semangit atau tempe yang sudah berusia 2 hari. Mungkin jaman dulu dikala masyarakat hidup susah dan tidak bisa pergi ke pasar setiap hari, maka sisa bahan yang tersedia tidak dibuang tetapi dimanfaatkan untuk diolah hari berikutnya termasuk tempe semangit atau tempe yang sudah berumur dan di sinilah letak kenikmatan Jangan Lombok Ijo ini. Tapi kalau anda tidak suka atau tidak bisa mendapatkan tempe semangit, silahkan pakai tempe segar, rasanya tetap enak.

Tips : Bumbu iris harus ditumis sampai benar2 matang supaya sayur terasa sedap dan tidak cemplang (kata orang jawa). Dan satu lagi pastikan kuah benar-benar asin dan pedas. Menurut saya lebih pedas lebih nikmat. Santap bersama ikan asin, pindang goreng atau Ikan Goreng .....hhm bisa-bisa nasi sebakul habis he he.

Cara Membuat:

  1. Iris-iris tempe sesuai selera. Sisihkan.
  2. Iris halus semua bahan bumbu iris. Sisihkan.
  3. Panaskan 5 sdm minyak dalam wajan cekung atau wok, tumis bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu. Aduk2 sampai bawang merah dan bawang putih transparan dan berbau harum.
  4. Masukkan lengkuas, daun salam & irisan cabe, tumis sambil diaduk-aduk hingga layu. (Tambahkan garam segera jika bau pedas menyengat supaya anda tidak tersedak).
  5. Masukkan irisan tempe, aduk-aduk sebentar kurang lebih 5 menit hingga warna tempe agak berubah.
  6. Tambahkan santan encer. Masak dengan api sedang hingga mendidih. Aduk2 supaya santan tidak pecah/memisah.
  7. Cicipi, tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  8. Terakhir tambahkan santan kental. Masak hingga mendidih dan kuah agak menyusut. Aduk-aduk supaya santan tidak pecah. Angkat dari api.
  9. Sajikan panas bersama nasi dan ikan asin goreng, pindang atau ikan goreng.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments:

Your Rating:

Name:

Location:


Write your review:




2021-01-18 17:42:37

Nisa from Kowloon Hongkong says:

Kangen jangan ndeso style, nemu resep ini. Tapi tak tambahi kates turahan dan rasane ueenaaakk tenan. Tengkiyu resepnya

Hallo Nisa :-). Waduh ngiri aku kates turahane. Dik kene ora onok kates muda, apalagi sekaranh musim pandemi, semua asian shops tutup :-(. Selamat Jangan Lombok Ijo Kates Turahan sukses ha ha. Suwun wis mampir, sering-sering yo :-). Salam sesama perantau...Endang


2021-01-05 03:34:03

Pak Rus from Salatiga says:

Maturnuwun resepnya bu. "Jangan ndeso" ngangeni.

Sami-sami Pak Rus :-). Inggih leres, pancen sayur meniko raosipun jos gandos. Mboten saget ical saking engetan. Matur nuwun sampun rawuh dhateng mriki :-) ..Endang


2020-11-16 17:34:10

Titik anggraheni from Bekasi says:

Sy jd inget ibu mertua asal gunung kidul, sma resepnya, jd suami seneng jk dimasakin jangan Lombok, sedep bu... Suwun mba endang

Hallo Titik :-) Waduh salut nich Titik istri dan menantu idaman :-). Selalu ingat resep kebanggaan mertua dan suami. Yakin hasilnya sedep karena masaknya dari hati :-). Terima Kasih sudah mampir dan uji coba resep. Ayo bikin lagi Nasi berkat a la Gunung Kidul resepnya sudah ada : Nasi putih, lauknya Oseng Lombok Kentang, Bihun Goreng, Terik Daging atau Daging Iris Manis, ditaburi kecambah dari kacang ijo. Selamat Mencoba siapa tahu tertarik. Yakin suami suka :-). Salam...Endang


2020-10-27 17:44:19

Endah from Yogyakarta says:

Masakannya mirip dengan masakan Almh.ibu saya,sayur tempe lombok ijo...sedep

Endah pasti sudah juara bikin sayur ini kalau almarhumah Ibu sering bikin. Masakan kadang menyimpan memori dan kenangan dengan orang-orang yang kita kasihi Endah. Sayur ini juga selalu mengingatkan alm. Ibu saya :-). Terima Kasih sudah mampir :-). Salam...Endang


2020-09-02 17:19:19

Aciana from Surabaya says:

Mohon maaf Chef review nya acak adul lol :p Bikin sayur lombok malem2 karena menu tadi pagi n siang tu sayur bening bayam. Anyway tempe semangit itu yg udh 2 hari di suhu ruang ya, tempe sy 2hari di kulkas itu namanya semangit jg bkn? :D resep ini enak banget ternyata,sblmnya klo makan sayur lombok ini gak doyan soalnya rasanya aneh tp klo bikin sendiri ternyata enak :D web ini memang 1 frekuensi sm lidah sy, begitupun sm readers yg lain pasti ^^

Oalah paham saya sekarang wa ka kkk :-D. Semangit atau nggak yang penting tempe yang berkualitas bagus Aci, yang gak banyak campuran pasti enaklah hasilnya. Lagian Aci kan makin canggih udah 1 tahun intensive training ha ha :-D. Sudah masuk kelas intermediate nich :-P . Keep on track girl :-)


2020-08-31 16:16:10

Aciana from Surabaya says:

Karena bikinnya cepet langsung eksekusi malem2 , tadi pagi sm siang menu nya sayur bening ;) klo tempe 2 hari ddlm kulkas termasuk semangit jg nggak Chef ? :D ini beneran enak banget loh kok bisa ya , pdhal prediksi tu ragu karena klo makan ga pernah doyan LOL betul2 satu frekuensi dngn lidah sy , para readers juga pasti banyak yg sperti sy Chef :) Thx a lot :D

Bingung saya apa yang dibikin apa yang belum, mana yang rasanya enak. Kalau tempe sudah dibikin kok menunya sayur bening plus ada pertanyaan tempe disimpan 2 hari, masih disimpan apa sudah dibikin. Saya baca berkali-kali tetap belum nyambung :-). Apapun itu.. selamat menikmati Aci wa ka kakk :-)


2020-08-24 18:43:25

Eko budi yuwono from Gresik says:

Saya jg asli pracimantoro,tiap kangen jangan lombok selalu bikin yg pedas dgn resep yg sama dgn yg tertulis,saya selalu membuat tempe busuk dl beberapa hr sebelum bikin jangan lombok.

Hallo Bro Eko :-). Ha ha ha..orang gunung kidul ngumpul di sini semua wa ka kak. Jangan ini memang sayur ndeso nan lezat. Semakin pedas dan bosok tempenya makin Jos ha ha :-D. Saya kadang bikin kalau lagi kangen berat almarhum Ibu saya, jangan lombok ijo, gudeg dan oblok-oblok sayuran. Terima Kasih sudah mampir dan berbagi pengalaman yang menghibur :-). Salam...Endang


2020-08-08 02:36:36

Retno from Kediri says:

Wah...spt dapat pencerahan. Sayur lodeh pakai tempe semangit, sptnya endus. Pengen nyoba tempenya dihalusin campur bumbu kayak botok. Makasih...y?

Hallo Retno :-). Ha ha...semoga resep ini benar-benar memberi pencerahan. Tempe memang gak ada matinya bisa dimasak apa saja hasilnya enak. Murah dan bergizi lagi. Selamat Menocba semoga sukses :-) Salam dari sesama wong Kediri :-)...endang


2020-05-26 17:20:51

Retno from Bangkalan says:

Matur nuwun resep2nya mbaak... beneran mirip resep Ibu saya yg asli jawa tengah. Resep2 lain di sini juga mudah dipraktekkan dan endesss semua. Tips dan deskripsinya cocok buat pemula (alias mbiyene ratau sobo pawon) kayak saya. Hihihi. Sukses selalu mbak...

Halo Retno :-) Selamat resep-resep percobaannya sukses dan rasanya mantap. Waduh jadi GR nich resep saya sudah setara dengan bikinan Ibunda :-). Ibu-ini kita punya kitab masakan sealiran kali ha ha :-) .Senangnya foto step by step yang saya posting membuat Retno dadi sregep sobo pawon wa ka kakk :-). Terima Kasih juga untuk kunjungan dan uji coba resepnya. Sukses selalu untuk resep-resep berikutnya :-). Salam...Endang


2020-05-13 18:09:19

Febry from Tulungagung says:

Alhamdulillah, Saya menemukan resep yg benar2 cocok dan rasanya mirip dengan masakan ibu saya. Semua resep yg di sajikan Benar2 pas, mantap dan mudah. Matur suwun mbk,

Alhamdulilah Febri saya turut senang hasil uji coba saya memberi manfaat. Saya merasa tersanjung nich resep-resep di sini sudah setara dengan masakan Ibunda ;-). Tiada masakan selezat masakan Ibu :-). Kayaknya orang tua kita punya kitab masak sealiran nich ha ha ;-). Febry juga bakat koki hebat nich masakannya lezat mewarisi keahlian Ibunda. Matur suwun juga untuk kunjungan dan apresiasinya. Monggo dipun sekecak'aken mbok menawi wonten resep menarik lan patut dipun cobi ;-) Salam...Endang


2020-05-09 21:04:42

Ririn from Yogyakarta says:

Detail lengkap dengan tips

Sengaja Ririn, supaya mudah dipraktekkan khususnya untuk pemula yang baru belajar masak :-). Terima Kasih sudah mampir semoga uji cobanya berhasil. Salam..Endang


2020-05-01 18:03:38

Mersita from Teluk Pucung, Bekasi says:

Kembali mencoba resep dari lestari, mudah & berhasil yeayy...kebetulan aq gak puasa, hmm maknyusss!!! Maturnuwun mba Endang.

Hallo Sita :-). Wow rajin banget nich chef baru sibuk wira-wiri ke warung saya ha ha. Dari Sate Goreng sekarang giliran tempe. Bagus tuch menu seimbang biar selalu fit. Sudah kepedasan kah ?? ha ha. Terima Kasih sudah recook sayur ndeso tapi Mak Nyus ini. Hidup tempe ha ha. Jaga kesehatan baik baik ya. Selamat berakhir pekan. Salam...Endang


2020-03-08 14:35:54

Bongky sutino from Medan says:

It's amazing cooking

Agree Bongky. And It's amazingly spicy and yummy ;-) Thanks for stopping by and trying the recipe. Regards...Endang