Resep Indonesia cooking from the heart

Ikan Kuah Asam

Bahan:

  1. 500 gr filet ikan kakap merah atau ikan lainnya
  2. 3 cm kupas, iris-iris tipis
  3. 1 batang serai, memarkan, potong-potong
  4. 2 batang daun bawang, iris kurang lebih 3 cm
  5. 5 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  6. 1 buah tomat besar, iris 6 potong
  7. cabe rawit utuh, jumlah sesuai selera
  8. 2 sdt gula pasir (jika suka)
  9. 2 buah jeruk nipis (1 buah untuk melumuri ikan)
  10. segenggam daun kemangi atau ganti dengan daun basil
  11. 1 lt air
  12. 2 sdt garam atau sesuai selera
  13. Minyak untuk menumis

Bumbu Iris:

  1. 8 buah bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 buah cabe merah besar, potong menyerong
Bahan Ikan Kuah Asam
Ikan Kuah Asam Step 1
Ikan Kuah Asam Step 2
Ikan Kuah Asam Step 3
Ikan Kuah Asam Step 4
Ikan Kuah Asam Step 5
Ikan Kuah Asam Step 6
Ikan Kuah Asam Step 7
Ikan Kuah Asam Step 8
Ikan Kuah Asam Step 9
Ikan Kuah Asam Step 10
Ikan Kuah Asam Step 11
Ikan Kuah Asam

Ikan Kuah Asam

Rated 5/5 based on 1 reviews

Indonesian main dish Ikan Kuah Asam, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Catatan..

Sajian sup dari ikan yang simpel tetapi lezat. Seperti umumnya resep masakan dari Sulawesi Utara, mengandung banyak rempah daun-daunan segar. Selain itu masakan Manado rata2 pedaaas!. Tapi di situlah letak kelezatannnya. Semakin pedas dan asam menurut saya semakin Mak Nyoss :-) Terus terang saya suka dengan cita rasa masakan ikan dari Maluku maapun Manado yang menurut saya sangat mudah proses pembuatannya tetapi rasanya sangat menggugah selera.

Catatan: Di tempat asalnya di Sulawesi biasa dipakai ikan kakap merah, tapi berhubung di tempat tinggal saya sekarang susah mendapatkan jenis ikan ini, maka terpaksa saya ganti dengan filet ikan Kabeljau (Jerman) atau Cod (Inggris). Tektur ikan ini berwarna putih dan rasanya netral dan baunya juga tidak terlalu amis. Bagi anda yang tinggal di LN silahkan pakai ikan yang ada. Jika memungkinkan pilih filet ikan segar dan rasaya cenderung ringan. Jangan pakai ikan salem nanti terlalu dominan dan kurang pas dengan aroma rempah Indonesia yang ada di resep ini. O ya sebelum saya lupa jika anda ingin mengurani bau amis yang menyengat pada ikan, silahkan rebus dulu ikan sebentar saja dan buang air perebusan. Cara ini sering saya pakai, siapa tahu berguna bagi anda.

Bagi anda penggemar sajian dari ikan, ada juga variasi sup ikan yang tak kalah enak, misalnya Pindang Patin Palembang. atau resep yang paling favorit di website ini yaitu Ikan Kuah Kuning dari Maluku. Selamat Mencoba dan semoga ada yang cocok di lidah ;-)..

Cara Membuat:

  1. Potong-potong filet ikan sesuai selera, lumuri dengan air jeruk nipis dan 1 sdt garam. Biarkan selama 15 menit.
  2. Siapkan semua bahan lain dan bumbu iris.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minyak sampai layu.
  4. Tambahkan irisan cabe merah, cabe rawit utuh, jahe, serai dan daun jeruk purut. Aduk-aduk hingga bumbu benar-benar matang dan berbau harum.
  5. Tambahkan 1 lt air masak sampai mendidih.
  6. Kecilkan api ke posisi sedang, masukkan ikan, masak sampai ikan berubah warna dan matang (Bila perlu turunkan suhu api dan angkat busa yang muncul di permukaaan kuah).
  7. (Jika perlu rebus ikan sebentar dalam panci terpisah untuk mengurangi bau amis seperti yang saya tuliskan di atas).
  8. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Masukkan daun bawang dan tomat, masak sampai layu.
  9. Beri 2 sdm air jeruk nipis, cicipi rasa.
  10. Terakhir masukkan daun kemangi dan angkat segara dari api. Sajikan Panas.



Reviews & Comments

  |  2020-08-06 10:04:22
Aciana from Surabaya says:
lol :D pakai ikan tetep chef kakap putih , kmrn udh tepak terakhir habis ,yg pkai bumbu sup itu kuahnya butek, tp rasa lebih keluar. Yg ini kuah nya bening tp rasa nya malu2 , td pagi tanya aunty kurang apa katanya gak kurang apa2 duh perasaan gak enak ,trus tak panasin tak incip tp alhamdulillah Chef bisa dimakan wkwkw rasanya agak keluar gitu , meskipun ikannya mulai hancur bentuknya :D
Kasihan Aunty ...jadi sampling untuk try error experiment wa ka kkk :-)

  |  2020-08-05 23:45:43
Aciana from Surabaya says:
Sudah bikin chef 1 jam yg lalu , tp kurang teliti baca tips di rebus sebentar utk mengurangi amis (yg sy pakai bukan fillet) , malah kelamaan rebus jadi rasa ikan di kuahnya hilang LOL duh pdhal rempah nya sdh terasa seger banget, ikan jg tdk hancur bentuknya tdk sperti di goreng kmrn pas di sop kan hancur :D semoga besok pagi rasa si ikan muncul kan semalaman ini direndam dngn kuahnya :p
Aci pakai ikan apa? Darat atau laut. Kalau ikan darat sih menurut saya tidak terlalu amis jadi gak perlu direbus duluan bisa langsung dimasak. Ya namanya ikan kalau rasa ikannya hilang memang kurang nampol :-). Ada saja cerita dari dapur ngebul Aci nich wa kk kk. Ops sorry masak gatot kok diketawain :-P. Good Luck with you blendrang fish soup :D

  |  2020-04-21 18:09:49
Fransisca from Germany says:
Haiii mb Endang, haha gara2 Ausgangssperre nih, jd masak terus, semoga badan ga melebar gara2 Covid19. Makasih infonya yaa..Saya jd bs masak krn resep2nya mb Endang nih. Mb Endang jg ya, stay safe, stay healthy.
Ha ha ha ...Coment of the day ;-) . Pulang kerja baca komen Sisca bikin ngakak wa kak kkk :-D. Ein Leben mit Ausgangsperre, wie im Knast aber es hat doch Vorteile, oder? Jadi koki canggih. You should proud of yourself, I just posted the recipes, the end result depends on you :-). Stay save and healthy you too ;-).

  |  2020-04-19 17:12:16
Fransisca Antzdr from Deutschland says:
Hai mb Endang, Klo di Jerman, pake ikan Zander fillet bisa ga? Resep ikan masakan Indo yg bs pake ikan Kabeljau, Zander apa ya? Makasih infonya :)
Hallo Fransisca, Apa khabar? Semoga masih sehat-sehat di masa Ausgangsperre ini ;-). Zanderfilet juga enak. Kabeljau dan Zanderfilet jgua bisa dibikin Mpempek, siomay ikan atau sup ikan. Bisa juga dipanggang di teflon trus disantap dengan sambal matah. Tapi ikannya yang frisch lho ya jangan yang difrozen. Kira-kira itulah yang saya tahu. Selamat memncoba. Pass dich gut auf ;-). LG..endang

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: