Resep Indonesia cooking from the heart

Ikan Bakar

Bahan:

  1. 2 buah ikan gurame, bawal atau nila (Atau ganti ikan lain yang bentuknya pipih)
  2. 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  3. 1 sdt garam
  4. 2 sdm air asam atau 1 sdt asam dilarutkan dengan 2 sdm air
  5. 2 sdm kecap manis
  6. minyak untuk menumis bumbu

Bumbu Halus:

  1. 3 buah cabe merah besar
  2. 3 buah cabe rawit (jika suka pedas)
  3. 6 buah atau 60 gr bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. 2 cm /10 gr jahe
  6. 1 cm /5 gr kunyit atau 1/2 sdt kunyit bubuk
  7. 1 sdt ketumbar bubuk
  8. 1/2 sdt merica bubuk
  9. 2 sdt garam atau sesuai selera
  10. 1 sdt gula (jika suka)

Sambal Kecap:

  1. 7 cabai rawit merah atau hijau atau campur, cincang halus
  2. 5 butir bawang merah, iris halus
  3. 1 buah tomat merah, cincang halus
  4. 1 sdm air jeruk nipis
  5. kecap manis secukupnya
Bahan Ikan Bakar
Ikan Bakar Step 1
Ikan Bakar Step 2
Ikan Bakar Step 3
Ikan Bakar Step 4
Ikan Bakar Step 5
Ikan Bakar Step 6
Ikan Bakar Step 7
Ikan Bakar Step 8
Ikan Bakar Step 9
Ikan Bakar

Ikan Bakar

Rated 5/5 based on 4 reviews
RecipeYield 2 • PrepTime P0H45M Indonesian makanan utama Ikan Bakar, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa Barat

Catatan..

Sajian ini mengingatkan saya saat liburan di kawasan Puncak Bogor tepatnya saat makan siang di restauran Rindu Alam. Menyantap sajian ikan gurame bakar sekaligus menikmati pemandangan puncak yang indah di depan mata woow....nikmatnya ikan bakar tak bisa dilukiskan dengan kata-kata ;-) Tentu saja anda bisa makan Ikan Bakar di mana saja termasuk di rumah, bikin sendiri bikin hati puas dan rasanya semakin Mak Nyuss he he.

Untuk resep kali ini saya memakai ikan bawal, selain rasanya juga enak, durinya juga sedikit dan tak ada duri2 lembut yang bikin sebel saat menyantap ikan. Nah bagi anda yang ingin menikmati hidangan Ikan Bakar a la Sunda ini, silahkan mencoba siapa tahu sesuai dengan selera anda.

Tips: Usahakan memakai ikan segar jika ada tapi kalau susah didapat bisa juga diganti dengan ikan yang sudah dibekukan. Jangan sekali-kali menambahkan air pada bumbu yang akan diblender (untuk mempermudah penghancuran ) khususnya untuk bumbu yang akan ditumis atau olesan untuk dipanggang. Sebaiknya tambahkan minyak goreng. Penambahan air akan menyebabkan rasa bumbu ancur-ancuran. Penambahan air disarankan untuk bumbu yang akan direbus. Tidak percaya?? Silakan buktikan sendiri ;-)

Cara Membuat:

  1. Bersihkan ikan, kerat-kerat badannya, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, sisihkan selama 15 menit.
  2. Haluskan bumbu halus dengan blender/mixer, bila perlu tambahkan sedikit minyak untuk mempermudah proses penghancuran.
  3. Tumis bumbu halus dengan suhu antara sedang-tinggi sambil diaduk terus menerus sampai bumbu berbau harum dan benar2 matang (kurang lebih 5 menit.
  4. Tambahkan air asam, aduk hingga rata. Angkat dari api dan tambahkan kecap, aduk kembali hingga rata.
  5. Cicipi, jika perlu tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  6. (Langkah ini perlu supaya rasa ikan benar2 pas dan tidak hambar setelah dibakar).
  7. Lumuri ikan dengan bumbu, sisakan 1/3 bagian bumbu untuk olesan terakhir.
  8. Bakar di atas bara api/arang atau dengan wajan pembakar bergerigi yang sudah diolesi sedikit mentega dengan panas antara sedang dan tinggi.
  9. Bakar sampai kedua sisi matang (kurang lebih 5 menit setiap sisi), olesi sisa bumbu. Angkat.
  10. Jika anda membakar dengan wajan bergerigi, panaskan sebelumnya oven pada dengan suhu 200°C.
  11. Setelah dibakar di wajan, pindahkan ikan ke dalam wadah tahan panas, olesi sisa bumbu dan panggang ikan dengan suhu 200°C selama 10 Menit.
  12. (Dengan cara ini anda akan mendapatkan ikan yang matang merata sampai ke dalam dan ikan dalam keadaan panas saat disantap).
  13. Sajikan panas dengan sambal kecap, Sayur Asam Jakarta dan Tempe Tahu Goreng (jika suka).

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments:

Your Rating:

Name:

Location:


Write your review:




2021-01-13 18:19:58

Asis rofik from Ngawi says:

Barusan saya membakar ikan gurame, dengan bumbu seperti biasa, bakar dengan arang, tpi ko yang dalem gk bisa kering dan bumbunya gak nyampez padahal bakarnya udah cukup lama,Apa perlu digoreng atau direbus dulu dengan bumbunya..., Mohon tips dan saranya :-)

Hallo Asis :-). Supaya bumbu meresap ke dalam 1. Ikannya dikerat-kerat kedua sisi. 2. Waktu marinasi , biarkan beberapa lama supaya bumbu merasuk ke dalam, jangan hanya diolesi bumbu langsung dibakar. 3. Olesi bumbu ke seluruh permukaan ikan dan di dalam perut, bagian perut yang dibuka waktu dibersihkan itu lho Bos, biar bumbunya juga meresap dari dalam. Ikan bakar justru tidak seharusnya direbus atau digoreng dulu, nanti aromanya hilang dalam rebusan/gorengan. Ikan termasuk protein yang cepat sekali matang, pakai bara harusnya lebih baik. Pastikan bakar ikan setelah arang sudah berbentuk bara menyala bukan masih berupa api yang masih menjilat-jilat itu Bos. Kalau masih ada nyala api justru bikin lengas hitam hangus tapi gak kering ke dalam. Selain itu jarak kerangka pemanggang/penjepit jangan terlalu jauh, pasti matang luar dalam. Buka perutnya lebih lebar, pas manggang coba ikannya didirikan juga biar bagian perut yang terbuka itu berhadapan langsung dgn panas. Ayo coba lagi :-)


2020-12-30 02:08:43

Fernando from Yogyakarta says:

Kalau bakar ikan sebelumnya digoreng ga? Kalau memang digoreng dulu, bumbunya apa ya mba? Makasih

Kalau mau dibakar ya jangan digoreng dulu Bos nanti rasanya ya kurang nendang soalnya sudah mateng duluan bisa-bisa cuman dapat bonus rasa gosong bara api :-). Pilih salah satu di bakar atau digoreng. Kalau mau digoreng ada bumbu yang sangat simpel dan enak. Bumbunya cuman bawang putih, ketumbar, kunyit dan garam, diulek, kasih air dingin sedikit trus dioleskan ke ikan. Coba scroll ke atas tekan tombol MENU, trus cari di Sub Menu JAWA & MADURA di situ ada resep Ikan Goreng. Silahkan dipraktekan. Salam...Endang


2020-08-28 15:55:23

Rosalina from Jogjakarta says:

Terimakasih... Saya sdh mencobanya.. Rasanya maknyuss... Malah sekarang sering bakar ikan semenjak saya jualan ikan laut segar.. :-)

Hallo Rosalina :-). Selamat Ikan Bakarnya sukses. Wow betapa beruntungnya Rosa jualan ikan sekaligus bisa membuat hidangan ikan bakar dari bahan yang benar-benar segar. Ngiri berat nich :-). Terima Kasih sudah mampir dan uji coba resep. Semoga usahanya tambah sukses :-). Salam...Endang


2020-06-30 17:30:01

TM from Cibubur says:

Sumpah enak!!

Percaya dech Bos :-D. Terima Kasih sudah uji coba resep :-). Salam...endang


2020-05-06 17:42:00

Umyy from Bogor says:

Ikan bakar gurame.mudah di buat dan enak

Kan sudah saya tulis di atas bagian bahan resep sayangnya tidak semua orang bisa membeli atau mendapatkan ikan gurame, tergantung tempat tinggal. Ikan air tawar apapun juga enak dibakar gak cuma gurame saja :-)


2020-03-30 22:34:59

Ibu lina from Ps minggu says:

Klo manggangnya pake happycall bisa y bu ?? tks

Kalau yang bentuknya datar atau doble dengan tutup itu kayaknya juga bisa Bu Lina. Meski tidak bergerigi kalau teflon anti lengket bisa juga dipakai untuk membakar, olesi sedikit mentega supaya tidak lengket. Semoga berhasil percobaannya. Salam...Endang


2018-10-31 23:03:22

Agustina from Medan Indonesia says:

Trimakasih banyak bu atas sarannya, insya Allah lanjutt terusss belajarnyaa bu.. Hehehe

Sama sama Agustina. Keep Cooking Sist ;-)


2018-10-03 13:24:20

Agustina from Medan Indonesia says:

Permisi.. Bu Endang aku mau tanya, aku kan coba manggang ikannya pake pemanggang bergerigi di atas kompor ya, tapi kok bumbu ikan yg sdh di olesi pd meleleh trus nempel di pemutar bara apinya. Jd di ikan yg dibakar malah ga ada bumbu yg nempel.. Hikss. Mhon solusinya yaa bu . . (Ga ada oven soalnya). Trims buu..

Waduh Agustina. Turut sedih dengar percobaan agak gagal. O ya kalau bakar2 pakai wajan bergerigi biar gak bumbu gak nempel habis, tunggu sampai wajan panas dulu baru ikan dimasukkan jadi meminimalisasi kontak ikan dengan wajan. Kedua jangan sering dibolak balik ikannya. Jangan lupa olesi wajan pembakar dengan sedikit minyak. Kalau masih belum berhasil juga, bungkus ikan dengan daun pisang yang sudah diolesi minyak trus bakar nanti bumbunya kl lengket ke daun tapi tetap bisa dikonsumsi. Semoga saran saya membantu, jangan putus asa ya. Salam...Endang


2017-03-28 20:05:14

Irma from Jakarta says:

Dear mba Endang panggangan bulgogi pan recommend ngga buat panggang ikan Krn blm punya panggangan ikan

Dear Irma. Udah pakai wajan apa saja bisa dech. Gak harus nunggu wajan khusus kalau memang belum punya. Ikan itu cepat sekali matang saya kira asalkan panas pasti berfungsi untuk bakar ikan. Jangan lupas olesi sedikit minyak atau margarin biar gak lengket. Selamat Mencoba Semoga Sukses. Salam....Endang


2017-02-24 21:19:41

Fransisca Anetzeder from Deutschland says:

Haiii lagii mb Endang... Mb Endang pake ikan nya apa nih? Saya suka kangen makan ikan bakar gini,cm bingung pake ikan apaan& blm berani bersihin ikan sndri. Hehe... Makasii mba Endang

Saya pakai ikan bawal Sist beli paket beku di Asia Laden. Kalau ada ikan Mujair/Dorade di Supermarkt enak juga ;-)