Resep Indonesia cooking from the heart

Ihutilinanga

Bahan:

  1. 4 buah/400 gr terong ungu, potong 6 cm belah 4-6
  2. 4 buah cabai merah, iris menyerong halus
  3. 2 sdm cabe giling atau 2 cabe merah, giling tanpa biji
  4. 6 buah/60 gr bawang merah, iris tipis
  5. 2 buah tomat ukuran sedang atau 6 buah tomat cheri, potong kasar
  6. 200 ml santan kental
  7. 2 butir telur, kocok sebentar
  8. 1 sdt garam atau sesuai selera
  9. Minyak goreng untuk menggoreng terung dan menumis
BahanIhutilinanga
CabeIhutilinanga
CabeGiling
TerungUntukIhutilinanga
TerungDigoreng
TerongGoreng
TerungGorengDitata
TumisCabeBawangMerah
CabeGilingDitumis
TomatDitambahkan
TelurKocokIhutilinanga
TelurKocokDitumis
SantanIhutilinanga
ToppingIhutilinanga
Ihutilinanga

Ihutilinanga

Rated 5/5 based on 2 reviews

Indonesian drink Ihutilinanga, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Gorontalo

Catatan!!

Anda pecinta terung dan bingung mau dimasak apa terung anda hari ini? Kalau iya, saya ajak anda untuk mencoba menu baru dari Propinsi Gorontalo : Ihutilinanga. Namanya mungkin cukup sulit untuk diucapkan khususnya bagi anda yang berasal dari luar Gorontalo. Tapi saya jamin masakan ini cukup mudah dibuat dan rasanya yang lezat lebih gampang melekat di ingatan ;-).

Sajian yang terdiri dari terung goreng dengan topping mirip orak-arik telur ini bisa menjadi lauk alternatif selain Terung Balado atau Sambal Terong.

Tips 1: Jika anda menggunakan blender atau grinder untuk membuat cabe giling, pisahkan biji cabe sebelum digiling untuk mendapatkan cabe giling yang berwarna merah menyala. Kemudian campurkan biji cabe pada cabe giling halus untuk mendapatkan rasa pedas kembali.

Tips 2: Cuci dan potong2 terong sesaat sebelum digoreng supaya warnanya tidak berubah kecoklatan.

Cara Membuat:

  1. Giling atau ulek 2 buah cabe merah sampai halus. Sisihkan.
  2. Cuci terong, potong2 sesuai petunjuk, terong tidak perlu dikupas.
  3. Panaskan minyak goreng, goreng terong dengan api agak besar sampai berwarna kecoklatan (kurang lebih 5 menit). Tiriskan dan tata di piring saji.
  4. Dengan sisa minyak, tumis bawang merah dan cabai iris sampai berbau harum dan layu.
  5. Masukkan cabai giling, tomat dan tomat. Aduk sampai tomat layu.
  6. Masukkan telur kocok sambil diaduk-aduk hingga berbutir-butir.
  7. Tuangkan santan, masak dengan api kecil hingga mendidih dan campuran mengental.
  8. Cicipi, tambahkan garam sesuai selera. Angkat dan siramkan ke atas terung goreng.



Reviews & Comments

  |  2020-03-08 14:51:32
Aciana from Surabaya says:
Yes , Chef ! Iíll try soon ;)
Good. I'll wait for the outcome :-)

  |  2020-03-07 16:29:38
Aciana from Surabaya says:
Aku blm coba bikin sambel terasi goreng, next time deh :D emang gabakal bosen dan gakbisa hilang dr daily menu klo sambel :D aku punya blender tp cm isi 2 yg juicer sm dry mill aja udh baca tips blender dr mb dan emang kudu beli yg wet mill , cm skrng aku msh betah belajar ngulek klo udh bosen nnti aku pakai wet mill nya :)
Ayo buruan bikin kalau sudah gak sakit perut ha ha :-). Ya sudah selamat melatih kekuatan otot tangan soalnya nanti tangan punya multi fungsi kalau sudah married gak cuman masak doang, bersih2, setrika and the list goes on and on wa ka kak :-D

  |  2020-03-06 09:33:11
Aciana from Surabaya says:
Hehe, iya alhamdulillah aku bisa mengira2 rasa masakan tsb seperti apa sesuai petunjuk resep dr Mb.. point nya aku bisa belajar terus bikin masakan nusantara , suka and seru banget explore dan menemukan rasa2 unik yg blm pernah aku cobain :D anyway klo aku msh ngulek mb pake blendernya jarang karena aku msh belajar kekuatan tanganku biar bisa ngulek dgn baik , dlu aku ga bisa ngulek smpe halus cm smpe kasar aja karena udh keburu capek trus bawang merahnya loncat2 lg tp skrng lumayanlah udh bisa
ha ha bawang merah loncat-loncat ketakutan mau masuk penggorengan :-D . Saya sudah kenyang ngulek Aci, sekarang mau yang praktis aja, selain itu biar efektiv dan efisien. Gak punya banyak waktu lagi :-(. Cuman bikin sambal yang masih setia pakai cobek. Untuk urusan Sambal, blender tak bisa menggantikan cobek. Eh ngomong2 sudah pernah bikin Sambal Terasi Goreng belum? Ini menu wajib saya sekali seminggu dipenyet sama tempe/tahu/ikan goreng/ayam goreng plus lalapan wow dijamin camer lewatpun lupa :-D. I can't live without Sambal :-P

  |  2020-03-05 20:43:29
Aciana from Surabaya says:
Lack of cabe merah di kulkas cm ada 2 buah jd warna nya kurang merah :( anyway rasanya unik ya mb gurih nya telur sm pedes trus ada manis dr santan, soalnya blm pernah makan jg jd gatau rasa aslinya :D oh ya slama ini aku masak sllu pakai santan instan, mnurutku rasanya gurih cenderung ke manis :D blm pernah pakai santan hasil parut :)
Bagus lah stok cabe dikit biar perut segera sembuh total ha ha :-). Warna gak masalah yang penting rasanya, tul nggak? . Anyway masalah santan, terus terang Aci sejak saya tinggal di rantau dari tahun 2005 saya selalu pakai santan instan (kemasan tetrapax atau kaleng) gak pernah pakai santan parut. Gak ada yang jual Non ;-). Bumbu halus juga kecuali bikin sambal gak pernah lagi saya ngulek bumbu halus pakai cobek. Semua saya haluskan pakai blender (wet mill maupun dry mill).Dan terbukti masakan tetap enak. Yang penting bahan dan cara masaknya bener plus dihayati ;.). Kalau masalah rasa, waduh saya sendiri juga belum nyampai keliling Indonesia untuk merasakan setiap resep masakan. Sampai uzur juga gak bakalan kelar Aci. Tapi lidah kita lama2 akan terlatih meski masakan asing kalau enak ya akan terasa, begitu juga sebaliknya ;-)

  |  2015-09-26 20:23:03
rudi from surabaya says:
Mantabs
Betul Boss!! Simpel dan lezat ;-)

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: