Resep Indonesia cooking from the heart

Cumi Saos Padang

Bahan:

  1. 750 gr cumi ukuran sedang, siangi sampai bersih
  2. 200 ml air panas
  3. 3 sdm saus tomat
  4. 3 sdm saus cabe/sambal botolan
  5. 2 sdm saus tiram
  6. 1 buah jeruk nipis atau 1 sdt asam dilarutkan dengan 2 sdm air dingin
  7. 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  8. 2 batang serai, memarkan
  9. 1 sdt gula pasir (jika suka)
  10. 1 sdt tepung maizena larutkan dalam 2 sdm air dingin
  11. 1 sdt garam atau sesuai selera

Bumbu Halus:

  1. 5 buah/50 gr cabai merah, buang bijinya
  2. 100 gr/10 buah bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 2 cm/10 gr jahe
Bahan Cumi Saos Padang
Menyiangi Cumi
Memotong Cumi
Cumi Direndam Jeruk Nipis
Bumbu Cumi Padang Cincang
Bumbu Saos Padang Diblender
Bumbu Halus Cumi
Menumis Bumbu Cumi
Bumbu Tumis Cumi
Cumi Dimasak Saos Padang
Air Untuk Cumi
Saos Sambal Untuk Cumi
Saos Tiram Untuk Cumi
Mengungkep Cumi
Maizena Untuk Cumi
Cumi Saos Padang

Cumi Saus Padang

Rated 4.9/5 based on 20 reviews

Indonesian main dish Cumi Saos Padang, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Padang - Sumatra Barat

Catatan..

Bagi anda penggemar Seafood sekaligus masakan pedas......, cobalah sajian dari Sumatera Barat: Cumi Saos Padang. Bikinnya gampang rasanya nendang!!! Hanya perlu kesabaran saat menyiangi cumi ;-) tapi jerih payah anda tak akan sia-sia.

Kenikmatan cumi yang gurih berbalut bumbu kental yang asam sekaligus pedaaaaaaaaaaaaaas hhhhmmmm bisa2 bikin ketagihan. Menurut saya semakin pedas semakin nikmat.

Tips Penting: Memasak cumi perlu trik supaya hasilnya tidak alot. Caranya ada 2 pilihan yaitu masak/panaskan cumi sebentar saja (tidak lebih dari 3 menit) atau lama sekalian, jangan nanggung! Masak dalam waktu kilat cocok kalau anda bikin cah cumi saos tiram misalnya, masukkan potongan cumi terakhir. Kalau untuk resep dengan saos padang, perlu waktu supaya bumbu benar2 meresap, jadi masak atau ungkep cumi agak lama sekalian sampai cumi empuk. Kalau air mulai menyusut tambahkan lagi air panas secukupnya.

Bagi anda penggemar berat cumi, ada juga variasi lain yang tak kalah enak, resep silahkan lihat di Cumi Panggang Kecap atau Cumi Bumbu Kecap. Atau anda fans berat dari berbagai macam Seafood, tak ada salahnya untuk mencicipi resep kepiting yang sudah terkenal yaitu Kepiting Asam Manis . Resep ini benar-benar gampang dan hasilnya sudah banyak teruji, bahkan menyamai sajian a la resto, seperti pengakuan salah satu pembaca. Selamat Mencoba.

Cara Membuat:

  1. Bersihkan cumi dari tinta dan mata, sayat kulit ari dengan pisau dan kupas lapisan ari sampai bersih.
  2. Potong2 cumi bulat sepanjang 2 cm, kerat2 jika suka, cuci bersih dan beri perasan air jeruk nipis atau air asam.
  3. Diamkan cumi selama 15 menit. (Bisa disimpan dalam kulkas)
  4. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  5. Tumis bumbu halus bersama serai dan daun jeruk purut, aduk terus menerus hingga bumbu benar2 matang dan berbau harum. (kurang lebih 5 menit)
  6. (Pastikan bumbu ditumis sampai benar2 matang supaya kuah tidak langu dan rasanya benar sedap).
  7. Masukkan cumi, aduk2 hingga daging cumi kaku dan berubah warna.
  8. *** Tambahkan 200 ml air panas. Masak hingga kuah mendidih.
  9. Tambahkan saus tomat, saus cabai, saus tiram, garam dan gula. Aduk rata.
  10. Kecilkan api, tutup/ungkep panci, masak selama kurang lebih 15 menit sampai cumi empuk dan bumbu meresap.
  11. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula sesuai selera.
  12. Terakhir masukkan larutan maizena, aduk sebentar hingga kuah mengental. Angkat dari api.
  13. Sajikan panas bersama Cah Kangkung Belacan.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments

  |  2020-09-21 17:18:35
RIYAN from Bekasi says:
Cuminya mentep ga sia sia mesen cumi di Padang biar rasa dan khas saus padangnya bener bener asli dari Padang. Dan penggorengannya saya minjam sama temen saya orang Padang supaya bener bener khas Padang :V
Ha ha ha :-D.. Pulang kerja baca komen Riyan bikin ngakak. Waduh niat sekali sampai pinjam penggorengan Padang asli wa kkk kkk :-D. Salut untuk perjuangan yang luar biasa. Riyan koki perfeksionis nich :-). Terima Kasih sudah mampir, uji coba dan berbagi pengalaman yang lucu sekaligus menginspirasi :-). Teruskan bakatnya Chef :-). Salam..Endang

  |  2020-09-16 18:40:21
Stella from Tangsel says:
Terima kasih banyak buat resepnya mbak. Udah coba resep ini dua kali untuk cumi dan sekali untuk kepiting. Adek, papa dan mama suka banget. Jadi ga perlu ke restoran lagi buat makan seafood saos padang. Sekali lagi terima kasih untuk resepnya :D
Hallo Stella :-) Selamat ya Saos Padangnya sudah rasa restaurant. Dua kali bikin dengan variasi bahan beda dan rasanya tetap konsisten enak, artinya Stell koki bertangan dingin nich :-). Ayo teruskan bakatnya biar tambah expert. Terima Kasih jg sudah mampir, uji coba resep dan berbagi pengalaman yang menginspirasi :-). Salam...Endang

  |  2020-09-02 17:13:40
Rohwayati from Tangerang says:
Hai mba, nyobain resep ini pakai ayam krn ga mkn seafood, alhamdulillaah enaak bangeet. Makasi mba, sehat2 selalu :-)
Hallo Bunda :-). Waduh makin kreatif aja setiap uji coba resep langsung dimodifikasi. Terima kasih banyak untuk info dan masukannnya. Saya malah gak tahu kalau resep juga bisa diaplikasikan untuk ayam. Semoga info ini memberi ide dan manfaat bagi pembaca yang lain terutama yang alergi seafood. Bunda Rohwa juga jaga diri baik-baik. Semoga tetap sehat selalu. Amin. Salam...Endang

  |  2020-08-25 23:40:40
Maureen from Kaiserslautern, Germany says:
Terima kasih buat resepnya Mbak Endang... Saya ikutin aja resepnya, tapi pakai seafood campur... Pas dicoba, KAGET!!! :-) Rasanya top markotop... Jadi nostalgia makan di warung seafood Indonesia... Sekali lagi, terima kasih udah berbagi resepnya yaa...
Hallo Maureen :-). Wow salut woi sekali coba langsung berimprovisasi pakai seafood & hasilnya top markotop. Maureen koki bertangan dingin nich :-). Saya cuman posting resep dasar, hasil akhir tergantung yang masak. Tapi saya ikut bangga nich kalau recooker aktif berinovasi lebih jauh lagi. Semoga sharing ini bermanfaat untuk rekan-rekan yang lain. Terima Kasih untuk kunjungan, recook dan masukan yang sangat bermanfaat :-). Liebe Gre aus Bayern...Endang

  |  2020-08-11 19:11:19
Adel from Bogor says:
Mbak, aku udah lama sering pake resep masakan indo dari mbak dan selalu oke hasilnya. Takarannya pas dan instruksinya jelas. Cocok juga buat lidah orang belanda. Berkat mbak, saya jadi bisa masak :-)
Hallo Adel :-). Wow ternyata ada silent cooker yang sering wara-wiri ke warung saya ha ha :-). Adel pasti koki jempolan nich semua percobaannnya mantap dan lezat. Saya cuman posting resep Adel, hasil akhir di tangan yang masak. You should proud of yourself too. Hasil masakan Adel disukai lidah Belanda pula :-). Hebat!! Terima Kasih untuk semua kunjungan dan berbagi pengalaman yang sangat menginspirasi. Semoga semakin banyak yang tergerak untuk kembali ke dapur tradisional setelah membaca pengalaman Adel. Keep learning & Cooking :-) ....Salam...Endang

  |  2020-07-29 09:01:10
Ninuk indayanah from Jak-sel says:
Baru bikin wow hasilnya enak jadi semangat deh.aku tambahin jagung potong.terima kasih resep nya
Selamat Ninuk :-). Wow ide kreatif ditambahin jagung potong pasti enak menggerogoti jagung muda bersaos padang :-). Terima Kasih juga sudah mampir dan uji coba resep :-). Salam...Endang

  |  2020-05-30 17:06:29
Maya sari from Jakarta 30 mei 2020 says:
Alhamdulillah dah dicoba rasany mantul.. Makasih resepny..:-)
Selamat Maya :-). Yang barusan masak pasti tangannya juga mantul hasil racikan pertama kali masak langsung jos :-). Terima Kasih jg untuk kunjungan dan uji cobanya :-.). Salam...Endang

  |  2020-05-23 02:34:56
Sochib from Magelang says:
Saya tertarik dg masakan tsb insys allah besok saya coba
Ayo Bos . Sudah banyak yang nyoba kayaknya banyak yang cocok tuch. Ngomong2 sudah bikik Tumis Tahu Pedasnya??! Semoga percobaannya berhasil :-) . Salam...Endang

  |  2020-05-18 07:17:16
Pratiwi from Bandung says:
Mantap rasa cumi saus padang. Kali ini cumi saya kerat2 dan potong2 persegi (jadi ketika dimasak keriting). Terima kasih ya..
Hallo Pratiwi ;-). Wow selamat cumi saos padang sukses dengan penampilan dipercantik lagi. Yakin lebih jos hasilnya. Kreatif dan telaten banget nich;-). Salut!! Terima Kasih untuk kunjungan dan masukannya. Smemoga bermanfaat bagi pembaca yang lain. Salam...Endang

  |  2020-05-13 17:35:16
Purwatini from Bogor says:
Simple bumbunya dan mudah bikinnya dna rasanya Mantaaabbbbb!! Thank you, tambah ilmu di jaman WFH karena Corona :)
Selamat Tini :-) . Hasil uji resepnya mantap...bakat koki nich sekali coba langsung sukses. Resep yang lezat tak selalu ribet dan banyak bumbu asal masaknya dari hati ditanggung sip. Terima Kasih untuk kunjungan dan uji cobanya :-). Salam..Endang

  |  2020-02-10 21:52:19
Rulina from Jayapura says:
So good, bumbu gampang G neko neko, endes cuma sy salah bersihin, jd msh keikut tinta hitamnya😢😢 tp ttp enak
Ha ha ha ...baca komen Rulina bikin ngakak. Ternyata bukan karakter orang saja yang gak neko-neko, resep juga ya wa ka kkk :-D.. Setuju Ruli, resep yang lezat tak selalu ribet dan neko-neko. Yang penting masaknya dari hati ditanggung jos. Masalah tinta cumi ada yang nyangkut gak masalah, ntar berikutnya jadi tahu he he. Yang penting rasanya enak . Terima Kasih sudah mampir dan uji resep. Salam...Endang

  |  2020-02-01 20:00:42
Ines from Jakarta says:
Hai Mba Endang! Thankyou banget resepnya sangat mudah diikuti soalnya resepnya jelas takerannya hihi. Aku mau kasih 5 bintang tp ga bisa dipencet bintang ke 5 nya :( Anyway, this taste really good, and Seafood is one of my weakness. Thank you lagi ya mba :-)
Hallo Ines :-) . Wow Selamat recooknya sukses. Bikin resep sudah seyogyanya jelas Non biar gampang, ukuran tepat dan rasanya mantul. Soalnya kalau cuman ukuran jumlah kadang besar kecilnya bumbu juga lain, iya nggak?. Same with me, I love seafood very badly ha ha. Cobain tuch Kepiting Asam Manis ditanggung klepek-klepek bakal ketagihan :-). Terima Kasih juga sudah mampir dan uji nyali. Semakin banyak yang berhasil semakin banyak yang akan terinspirasi untuk kembali mengolah menu tradisional. Selamat Berakhir Pekan :-). Salam...Endang

  |  2020-01-14 18:03:53
Yani from Pangkalan bun kotawaringin barat kal-ten says:
Nggak sia2 nyobain resep ini dan hasilnya sngt memuaskan dan sngt mmbantu sekali dlm mngtur menu sehari2 smua jdi nambh porsi maknnya trma ksih sekali sya ucpkn krna resep ini sngt mmbantu sya
Sama-sama Yani. Selamat Cumi Saos Padangnya sukses dan disukai keluarga. Yani koki andal nich sekali coba langsung masakannya langsung laris manis :-). Terima Kasih juga sudah mampir, uji coba resep dan berbagi pengalaman di sini. Silahkan lihat-lihat resep yang lain siapa tahu ada yang cocok untuk tambahan menu baru :-). Salam....Endang

  |  2020-01-03 09:45:43
aciana from surabaya says:
Hello mb , aku absen nih :D sudah bikin resep ini , double wow deh rasanya. temen kerja ku cicip katanya kamu bakat masak ya pdhal baru belajar , aku bilang iya aku biasanya lihat resep2 dari lestari web :D
Hallo Aci, murid rajin belajar pasti cepat pintar ha ha ha :-). Selamat untuk Cumi Saos Padangnya. Wow Terima Kasih untuk promosinya semoga semakin banyak yang kembali ke masakan daerah. Selamat Tahun Baru 2020. Semoga selalu sehat dan sukses :-). Salam Hangat..Endang

  |  2019-12-30 12:30:36
PAZWA haikal irawan from Tasikmalaya says:
Saya sangat suka dengan resep saus padang dengan rasa yg sangat enak sampai saya tida pernah berhenti mengunyah cumi...
Ha ha ha Selamat Bos..Cumi Saos Padangnya sukses sampai gak bisa berhenti makan. Best Comment of the day ;-). Terima Kasih sudah mampir dan uji resep. Salam...Endang

  |  2019-12-11 17:46:30
mansi from medan says:
wau...mantap.
sudah kenyang Bos? ha ha..

  |  2019-11-05 17:54:48
Renny from Jakarta says:
Makasih mba, resepnya enak!! Kayak saus padang ala seafood resto.
Selamat, wooi...Renny koki hebat nich. Sekali coba sudah menyamai masakan a la resto. Saya ikut bangga, soalnya saya cuman nyediain resep, hasil akhir tergantung yang masak. Terima Kasih juga sudah mampir dan uji coba. Silahkan coba resep Kepiting Asam Manis, yakin bisa ngalahin seafood resto lagi ha ha :-). Salam...Endang

  |  2019-05-14 19:32:30
Wainti from Jakarta selatan says:
Resep cumi saos padangnya maknyusss mbak thanks ya..
Sama-sama Wainti ;-). Selamat Cumi Saos Padangnya cocok di lidah. Terima Kasih juga sudah mampir dan uji coba. Salam....Endang

  |  2019-01-06 22:18:06
Agustina from Medan Indonesia says:
Oke buu.. Maturnuwun nggih resepnya ;-)
OKE Jeng Agustina. Matur nuwun nggih sampun nyobi resepipun ;-)

  |  2019-01-04 14:47:54
Agustina from Medan Indonesia says:
Hallo bu endang, untuk resep cumi saos padang rasanya juara bangett buu.. Makasi byk resepnya :-) . Oia, apa ibu pny resep udang/cumi asam manis? Kebetulan aku udh pernah nyoba salah satu resepnya di warung sebelah, tapi rasany kurang joss bu.. Hehehe trims.
Hallo Agustina. Maaf komputer saya lama down harus diupgrade baru sekarang bisa jawab komen. Selamat untuk Cumi Saos Padang sukses nendang ha ha. O ya untuk Cumi atau Udang Asam Manis silahkan pakai resep Kepiting Asam Manis tinggal ganti bahannya pakai Cumi atau Udang. Kayaknya banyak yg cocok pakai resep itu. Silahkan Memcoba Semoga Sukses. Salam..Endang

  |  2018-10-03 13:26:08
Vinuks from Sidoarjo says:
Udah coba resepnya.. enak bgt.... makasih resepnya..
Selamat Vinuks percobaan suskes. Terima Kasih juga sudah uji nyali. Salam...Endang

  |  2018-06-04 21:32:16
Rana Dhea from Bandar Lampung says:
Udah aku coba mbak, alhamdulillah suami dan anak suka. Terima kasih mbak ;-)
Selamat Rana masakannya sukses ;-). Ayo silahkan coba resep2 tradisional yang lain siapa tahu cocok selera suami dan anak tercinta. Thx sudah mampir dan uji nyali ;-). Salam....Endang

  |  2016-11-03 18:59:28
Marlinda from New York, USA says:
Hallo mbak Endang....Barusan saya uji coba Cumi Saus Padangnya, makknyuss deh! Anak bujang saya langsung makan nambah2, padahal saya masukin irisan jamur putih biar banyak, hehe. Hari ini, saya coba gulai daun kale ala mbak Endang (light version),....came out ... mantaafff!!! Makasih mbak udah berbagi ilmu masaknya. Sehat dan sukses sll buat mbak Endang dan keluarga, aamiin.
Hallo Marlinda Selamat buat Cumi dan Gulainya. Waduh Marlinda ngebut nich. Kayak orang lagi ngidam ha ha ;-). Acung jempol juga buat Linda, koki hebat nich sekali coba langsung Mak Nyos. Tuch buktinya si Bujang makan dengan lahap. Lidah anak2 tuch jujur lho, kalau enak makan lahap kl gak enak gak bakalan disentuh!. Anyway bagus juga tuch idenya dgn tambahan jamur biar tambah banyak. Thx for sharing. Makasih juga sudah wira-wiri ke warung nyempil nich. Sehat dan sukses juga buat Marlinda dan keluarga tercinta. Salam Hangat dari sesama perantau ;-)... Endang

  |  2016-07-14 22:47:39
sylvia from cileungsi says:
Udh lama ngga masak cumi, anak2 jarang mau... Tadi pagi dapat lauk'a cumi bingung masak apa? Buka resep mb endang ada cumi saos padang.. Bismillah.. dkulkas ada tahu, skalian aq masukin ajj, Alhamdulillah anak q suka semua, kaya masakan restoran ajj kt anak2 bakalan susah diet klo ibu masak enak gini... Haduuh seneng banget d'puji anak"... Pdhal hasil contekan dr mb endang, makasih bnyak mb, 2 jempol wat mb endang ;-) ;-D
Hallo Sylvia....Selamat ya barusan dipuji Anak" ;-). Sylvia koki hebat juga nich sekali masak langsung selera restauran ha ha ;-). Anak kecil itu jujur kalau masakan enak bilang enak kalau rasa ngalor ngidul ya langsung mangap jg he he. Saya juga nyontek dari buku2 referensi Sylvia, kl urusan masak kuncinya bukan resepnya tapi orang dibalik kompor alias yg masak! 4 jempol juga buat Ibu Teladan yang lebih mengutamakan Anak-anak dan melupakan diet sejenak ha ha ha :-). Salam....Endang

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: