Resep Indonesia cooking from the heart

Cumi Kangkung Saus Tiram

Bahan untuk 3 porsi:

  1. 500 gr cumi, siangi dan bersihkan
  2. 500 gr kangkung, potong sesuai selera.
  3. 3 sdm saus tiram
  4. 300 ml air panas
  5. 1 sdt gula pasir atau sesuai selera
  6. 1 sdt garam atau sesuai selera
  7. minyak untuk menumis

Bumbu, iris halus:

  1. 1-2 buah cabe merah, buang biji jika tak suka pedas
  2. 5 bh/50 gr bawang merah
  3. 3 siung/6 gr bawang putih
Bahan Cumi Kangkung Saus Tiram
Cumi Kangkung Saus Tiram Step 1
Cumi Kangkung Saus Tiram Step 2
Cumi Kangkung Saus Tiram Step 3
Cumi Kangkung Saus Tiram Step 4
Cumi Kangkung Saus Tiram Step 5
Cumi Kangkung Saus Tiram Step 6
Cumi Kangkung Saus Tiram Step 7
Cumi Kangkung Saus Tiram Step 8
Cumi Kangkung Saus Tiram Step 9
Cumi Kangkung Saus Tiram Step 10
Cumi Kangkung Saus Tiram

Cumi Kangkung Saus Tiram

Rated 5/5 based on 1 reviews

Indonesian main dish Cumi Kangkung Saus Tiram, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Indonesia dengan pengaruh kuliner Cina Imigran

Catatan..

Ini resep hasil otak-atik iseng memanfaatkan bahan yang ada di dapur sendiri. Terinspirasi dari sajian cah sayuran yang sering saya santap di restauran Cina, ternyata paduan cumi dan kangkung sangat lezat. Selain itu proses masak juga super kilat. Paduan bumbu tumis khas Indonesia saya padukan dengan saus tiram yg merupakan saus khas kuliner Tionghoa yang sudah menyatu dengan selera Indonesia.

Proses memasak dalam wok dengan suhu tinggi dan waktu masak yang singkat adalah ciri khas masakan Tionghoa. Cocok bagi anda yang super sibuk tetapi ingin tetap menikmati masakan enak. Untuk penggemar seafood, silahkan dicoba, siapa tahu cocok dengan selera anda.

Tips Penting: Memasak cumi perlu trik supaya hasilnya tidak alot. Caranya ada 2 pilihan yaitu masak/panaskan cumi sebentar saja (tidak lebih dari 3 menit) atau lama sekalian, jangan nanggung! Dalam resep ini cumi cukup dimasak sebentar asal cumi sudah mulai kaku dan berubah warna, langsung masukkan kangkung dan air panas. Masak sebentar saja dan segera angkat dari api.

Cara Membuat:

  1. Bersihkan cumi, buang tulang punggungnya yg keras dan transparan.
  2. Potong2 cumi bulat sepanjang 3 cm, cuci bersih. Beri perasan air jeruk nipis atau air asam jika perlu. Sisihkan.
  3. Cuci bersih kangkung, potong-potong. Pisahkan bagian batang dan daun. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu iris sampai benar2 matang dan berbau harum.
  5. Masukkan cumi, masak sambil terus diaduk dengan suhu tinggi sampai cumi kaku dan berubah warna.
  6. Masukkan kangkung bagian batang, aduk2 sekitar 1 menit sampai batang agak layu.
  7. Tambahkan saus tiram, kangkung bagian daun dan air panas. Aduk rata.
  8. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Cicipi sebelum menambahkan garam karena saus tiram rasanya sudah asin.
  9. Angkat segera dari api. Sajikan panas.



Reviews & Comments

  |  2020-03-12 17:33:11
Aciana from Surabaya says:
Iya matanya melotot wkwk tp aku gak makan matanya kok , cm kmrn memang gak tak buang pas masak.. Oo iya pakai air asam biar ada segernya gitu ya.. Siap deh next time aku belajar lagi biar tintanya gak kebuang banyak :D Thank you Chef :)
Ok lanjut ditunggu laporan berikutnya kopral ha ha ha :-D

  |  2020-03-11 17:26:46
Aciana from Surabaya says:
Pagi ini aku udh bikin cumi masak hitam, alhamdulillah enak tp tintanya ky nya banyak yg kebuang pas nyuci jd rasanya kurang gurih dr cumi yg biasanya aku makan, next time pengen bikin lagi , mata cuminya itu dibuang nggak mb? Atau pas ditarik kepala sm badan itu kepalanya cukup dibasuh dikit aja biar tintanya gak pecah ya?
Kalau saya biasanya mata saya buang Aci, aduh ngeri eh ngeliatain. Jadi bagian kepala alias perbatasan antara tangan sama mata saya iris pakai pisau. Tinta memang mudah pecah, makanya agak hati-hati waktu nariknya. Next time you'll know better how to handle it. O ya ada sedikit lupa, nest time tambahin air asam di kuahnya semakin sedap rasanya :-)

  |  2020-03-05 20:55:17
Aciana from Surabaya says:
Wahh next week aku mau coba deh , thank you Chef :)
Have a nice try..hopefully it works and more important it tastes good ;-)

  |  2020-03-04 17:38:15
Aciana from Surabaya says:
Yes , i got it Chef. But unfortunately today i cook Gangan Kacang Panjang :P I often eat cumi masak hitam but i never cooking them. Please give me the recipe :D
Pakai bumbu iris saja gampang, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, kunyit, lengkuas. Semua bumbu tersebut diiris tipis-tipis termasuk kunyit (untuk menghilangkan bau amis) plus daun jeruk purut untuk memberi aroma. Bumbu ditumis sampai benar2 matang seperti bikin oseng-oseng trus masukkan cumi. aduk-aduk sampai kaku, trus tambahkan air. Masak sampai mendidih trus panaskan suhu sedang diungkep agak lama sampai cumi benar2 empuk (pakai pemanasan lama supaya bumbu meresap). Atur rasa dengan garam dan gula pasir sesuai selera. Sudah gitu aja :-)

  |  2020-03-03 17:51:47
Aciana from Surabaya says:
I had gastroenteritis and it was making me limp,but i am very well now :) Thank you Chef, Take care for you too :D Ooo.. I See , trus klo tinta nya itu kan ada yg suka di mix sm masakannya jg , what's your opinion?
Temporary you have to avoid very spicy or sour food, that's is not good for stomach ache. This is my instruction, do you get it girl ??!!! :-D. Anyway regarding to your question, exactly curiousity :-P cumi masak hitam, that is delicious food!. I used to cook it often when I was still in Indonesia. But here in the west, the squids which sold in the supermarkt are mostly clean, the hard part & black ink have been discarded. Cumi masak Hitam tastes delicious Aci, go on try and prove yourself :-). when it possible choose the small one (cumi padi), it tastes better :-)

  |  2020-03-03 07:09:30
Aciana from Surabaya says:
Hello mb Endang :) how are you doing? Long time no see, cause last week i got sick :D today finally aku masak lagi, seperti biasa resep simple but yummy.. anyway klo bersihkan cumi itu hanya buang tulang transparan aja ya?kadang ada sisa pencernaan dlm perutnya jg,aku pernah nemu kynya dia makan udang deh mb :D
Hallo Aci. I already thought something did wrong with you. Sorry that you're sick but glad that you're fine you. According to your question, ya kalau membersihkan cumi emang seluruhnya, cangkang yang keras itu cuman sebagian dari kotoran. Isi perutnya memang macam-macam, kadang ada juga gumpalan lemak yang jumlahnya aduhai gak mbayangin kalau di makan :-D. Anyway don't push yourself to cook. You should have enough rest to get really fit again! Take Care, OK??!

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: