Bubur Sumsum

Bahan:

  1. 100 gr tepung beras yang baru
  2. ½ sdt garam
  3. 500 ml santan kental
  4. 1 lembar daun pandan, ikat

Saus Gula:

  1. 100 gr gula merah, sisir
  2. 50 gr gula pasir
  3. 3 - 5 buah nangka matang, iris kotak-kotak kecil
  4. 250 ml air
  5. 1 lembar daun pandan, potong-potong
Bahan Bubur Sumsum
Bubur Sumsum

Bubur Sumsum

Sumber: Ibu Saya

Tips!!

Ini dia hidangan penutup paling populer dan hampir merakyat di sebagian besar pulau Jawa. Bubur sumsum selalu mengingatkan kenangan yang nyata tentang kampung halaman. Di mana ada orang jual nasi pecel atau nasi tumpang, di situ pasti tersedia bubur sumsum ;-). Tidak tahu kenapa, kok mereka ini selalu hadir berpasangan. Mungkin karena bubur sumsum adalah makanan rakyat yang murah meriah tapi bergizi. Selain itu bahan utamanya yang berasal dari tepung beras sangat cocok dengan perut orang Indonesia termasuk saya ;-). Mulai dari masa kecil saya di rumah sampai sekarang, tak pernah saya merasa bosan dengan makanan satu ini. Mungkin anda tertarik untuk membikin sendiri?? Bahannya mudah didapat dan bikinnya juga lumayan cepat kok. O ya meski ada berbagai versi dalam pembuatan bubur sumsum, tapi menurut saya cara yang paling bagus sebaiknya campuran tepung beras dan santan disaring dulu sebelum dimasak supaya bubur benar-benar halus dan tidak menggumpal. Ok Selamat mencoba ya..

Cara Membuat:

  1. Campur tepung beras, dengan 250 ml santan dan garam lalu disaring.
  2. Masak sisa santan dan pandan hingga mendidih. Kecilkan api ke posisi sedang.
  3. Tuangkan larutan tepung beras, masak sambil diaduk terus menerus hingga bubur mengental dan meletup-letup.
  4. Angkat dan dinginkan.

  1. Saus Gula: Masak semua bahan hingga gula larut dan cairan mengental.
  2. Masukkan irisan buah nangka, aduk sebentar kemudian angkat.
  3. Sajikan bubur sumsum dengan sausnya.



Reviews & Comments

★★★★★  |  2012-08-20

cheesty ocha from solo says:

enakkk cuyyyy...............

Setuju..dimakan pagi2 saat turun hujan hhhhhhmm sedap


★★★★★  |  2019-08-12

devii from Tegal says:

mantafff.....!!! :q mmm.......??? jadi mau coba buat!!! :D

Ya..silahkan semoga sukses percobaannya ;-)


  |  2019-11-10

annisa damayanti from batam says:

wissss jd pingn masak terus ...

Yo tinggal ke pasar Annisa terus masak ha ha


  |  2012-08-20

vee from palembang says:

nyamiieeeeee,,,,, lezzzaaatttt

nikmat...


★★★★★  |  2012-10-13

Theresia s. from jakarta says:

nikmat n super lezaaat . .

murah meriah lagi he he..


  |  2012-10-19

ria from ragunan says:

enak nih saya paling sukkkkkkkkkkkaaaaaa bangt bubur pake nangka siiiiiiiiiiiiip deh

Setuju.. Irisan nangka memberikan sentuhan khusus pada bubur sumsum. Hmm sedappp :-)


★★★★  |  2012-11-03

Evi from Jakarta says:

ya enak jg kalo ditambain duren,ma nyuss.s.s

Evi...thx infonya. Saya malah gak tahu tuch paduan Bubur Sumsum sama duren. Kayaknya namanya ntar patut diganti jadi Bubur Duren ha ha :-) Salam..Endang


  |  2012-11-03

lusi from jakarta says:

mantaaaaaaaaaaaaaaap

he eh :-))


  |  2019-11-10

desmi from bekasi says:

bolh jg nh,bwt bingksn slsai arisan rt.

Ayo Desmi silahkan dicoba biar tambah gayeng acara arisannya ;-) Salam...Endang


  |  2013-03-10

Acie from tangerang says:

Muantaapp coba ach,, buat makanan iseng anak2ku biar Pada Ga jajan sembarangan :D

Setuju Acie. Ayo buat makanan yang sehat buat anak-anak. Hemat, bergizi dan lezat. Selamat mencoba dan semoga sukses. Salam...Endang


★★★★★  |  2013-03-16

uthie from tomang says:

huufff jd inget nyokap dkmpng....beliau pling suka bkinin anakx bubur sumsum musntepz.




★★★★  |  2013-04-17

lydia pagarlam from palembang says:

mantap.

He eh. Bubur Sumsum kl bikinnya bener emang mantap dech ;-)


★★★★★  |  2013-08-01

liesy from bandung says:

enak banget?mantap...pagi oke malam pun enak

Betul Liesy..bubur sumsum hidangan trdisional klasik yang tak lekang dimakan jaman. Bikinnya mudah dan enak disantap kapan saja ;-). Thx untuk apresisinya. Salam....Endang


★★★★★  |  2013-09-03

anjani from bandung says:

suka banget sma bubur sumsum,apalagi kalo yg di kasih air pandan biar sumsum nya jdi hijau and lebih wangi,,,,yummy,,,,,

Setuju Anjani. Bubur Sumsum hidangan sederhana yang tak lekang dimakan jaman. Saya belum pernah tuch pakai air pandan. Kayaknya perlu saya coba nich. thx infonya. Salam..Endang


  |  2016-06-09

Zenni from Lampung says:

Mbk resep diatas jadiny brp banyak yah ( brp mangkuk gt).. Hihihi maaf gatel pingn komen yg diatas, mngkin mksd mbk anjani daun suji ya yg bs bikin hijau makanan seperti untuk dadar gulung dan smacamnya klo daun pandan sepertiny mo pk sbnyak apapun gk ngefek hijauny tp klo haruuummm iyaa. Hehe salken ya mbk anjani

Kurang lebih jadi 4 mangkok Zenni. Maklum anggota keluarga saya cuman 3 biji ;-). Daun pandan kalau kepepet bisa juga dipakai untuk membuat warna hijau Zenni tapi kadar hijaunya memang lain. Kalau pakai 10 lembar daun suji sudah cukup untuk bikin warna hijau tapi karena di tempat saya gak ada saya ganti dengan 100 gr daun pandan wangi potong2 trus saya blender dgn 100 ml air dingin . Di resep Dawet Ayu Banjarnegara saya terpaksa pakai daun pandan wangi ....ngefek juga kok meski gak segelap daun suji ;-). Gimana blendernya ?? Sudah uji coba?? Salam....Endang


  |  2016-06-11

Aminah from Jakarta says:

Mbak Endang, saya sudah coba ini utk buka puasa. Tepung berasnya buat sendiri hasil browsing. Not bad. Tapi memang tidak putih banget. Yang penting rasanya enak. Apalagi pake saus gula dari gula aren. Yuuuuummm! Makasih resepnya mbak

Aduh Aminah mengingatkan saya ke kampung halaman nich. Lumayan sedih puasa di bulan Ramadhan di negeri asing ;.( Gak ada tajilan macem2 kayak di tanah air. Selamat untuk Bubur Sumsumnya...wow sudah lihay bikin tepung sendiri nich. Hebat. Warna gak masalah yang penting rasanya gak bau tepung kayak tepung kemasan jadi. Selamat Berbuka Puasa.. Salam....Endang


★★★★★  |  2019-04-08

Richa from Surabaya says:

Ternyata takaran santannya sebanyak itu, ya, mbak. Dulu pernah bikin dengan ukuran kira-kira. Jadinya masih terasa bau tepung saat matang dan terasa ngeres-ngeres juga ;-)

Betul Richa ;-). Ha ha ha..seneng juga saya ada sharing ekperimen gatot bukan saya sendirian yang kadang gatot juga. OK kembali ke resep. Memang santannya agak banyak dan pertama larutan kelihatan encer. Kalau santan terlalu sedikit seperti yang Richa bilang, adonan sudah mengental sementara proses pemanasan terlalu singkat istilahnya belum tanak makanya buburnya bau tepung krn memang belum matang sempurna. Selain itu bubur jadi mrinthil2 gak halus. Tapi kalau terjadi hal di atas bubur masih bisa diselamatkan. Tambah santan lagi, aduk memutar dengan cepat sambil dipanaskan lagi biar bubur matang sempurna. Pengalaman adalah guru, tul nggak ? ;-)....Salam Hangat Sist....Keep cooking ...Endang


  |  2019-06-11

Reyna from Jakarta says:

Mba santannya santan cair ato kental ya? Trus daun pandannya itu dimasukin begitu aja ato diblender dulu ya? Aga bingung baca campuran resep sama commentsnya

Silahkan baca di bahan resep Reyna, di situ saya tulis santan kental. Trus pandan juga tertulis untuk bubur di ikat simpul saja, trus untuk saus gula, pandannya dipotong-potong, masukkan saja. Gak ada saya tulis pandannya diblender ;-). Reyna jangan baca kolom komentar, kalau di situ kan banyak pembaca yang berbagi pengalaman mereka tentang variasi bubur sumsum sesuai pengalaman mereka. Resep ini resep klasik sesuai aslinya, kalau ada pembaca yang membuat bubur sumsum hijau dengan daun pandan wangi itu sekedar sharing mereka yang pernah buat sesuai variasi masing-masing. Silahkan mencoba yang klasik dulu nanti kalau sudah jadi dan sukses silahkan berkreasi dgn tambahan bahan lain. Salam....Endang


Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review:



Copyright @ 2009- 2019 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!