Resep Indonesia cooking from the heart

Bihun Goreng

Bahan:

  1. 1 bungkus/450 gr bihun kering halus, rendam dalam air dingin hingga lunak
  2. 150 gr/3 lembar daun kol, potong-potong (ganti dengan sawi putih jika tak ada)
  3. 4 siung/12 gr bawang putih, cincang atau iris halus
  4. 2 buah daun bawang, iris sepanjang 1 cm, pisahkan bagian putih dan hijau
  5. 100 gr taoge segar
  6. 1 butir telur ukuran besar
  7. 1 sdm kecap ikan/saus ikan
  8. 1 sdm kecap asin/light soy sauce atau sesuai selera
  9. 2 sdm kecap manis atau sesuai selera
  10. 1 -2 sdt gula pasir, jika perlu
  11. bubuk merica hitam secukupnya
  12. minyak untuk menggoreng
  13. 1 sdt garam atau sesuai selera

Bahan Taburan (jika suka):

  1. irisan telur dadar, ketimun dan bawang merah goreng
Bahan Bihun Goreng
Bihun Goreng Step 1
Bihun Goreng Step 2
Bihun Goreng Step 3
Bihun Goreng Step4
Bihun Goreng Step 5
Bihun Goreng Step 6
Bihun Goreng Step 7
Bihun Goreng Step 8
Bihun Goreng Step 9
Bihun Goreng Step 10
Bihun Goreng Step 11
Bihun Goreng Step12
Bihun Goreng Step 13
Bihun Goreng Step 14
Bihun Goreng

Bihun Goreng

Rated 5/5 based on 3 reviews

Asal: Indonesia dengan pengaruh kuliner Tionghoa

Sumber: Francine Liem

Catatan..

Siapa tak kenal Bihun Goreng? Masakan ini salah satu dari sajian warung kaki lima atau street food yang sudah terkenal di seluruh Indonesia selain Bakso, Mie Goreng atau Nasi Goreng.

Membuat bihun goreng tidak sulit tetapi membuat Bihun Goreng lezaat sekaligus tidak benyek atau lembek tidak semua orang tahu termasuk saya ;-). Resep ini saya dapatkan dari salah satu pembaca sekaligus pengamat yang sudah memberikan motivasi dan masukan yang berguna untuk postingan resep-resep di website ini. Dan tentunya resep ini sudah teruji beberapa generasi dari seseorang yang memang spesialis masakan a la tionghoa ;-)

Catatan: Untuk pemula dalam urusan masak, kalau anda masih bingung perbedaan antara Bihun, Soun dan Kwetiau yang semuanya berwarna putih, berikut perbedaan dan ciri2nya. Soun dibuat dari tepung kacang hijau, sedangkan Bihun berasal dari tepung beras. Kwetiau pada dasarnya juga berasal dari tepung beras, hanya bentuknya yang lain. Kalau bihun bentuknya bulat kecil dan panjang seperti benang kasur lembut, Kwetiau bentuknya tipis seperti pita. Semoga info ini membantu supaya anda tak salah beli ;-)

Tips Penting : Rendam Bihun dalam air DINGIN supaya hasilnya bagus dan Bihun tidak benyek atau lembek dan lengket satu sama lain.

Last but not least saya ucapkan Terima Kasih yang tak terhingga untuk Tante Francine di USA yang sudah membagikan resep beserta trik untuk membuat Bihun Goreng spesial ini ;-).

Cara Membuat:

  1. Rendam bihun dalam air dingin hingga lunak kurang lebih 15 menit. Biarkan terendam tidak usah ditiriskan.
  2. Panaskan kurang lebih 3 sdm goreng, masukkan bawang putih dan irisan daun bawang putih. Aduk-aduk sampai layu dan berbau harum.
  3. Masukkan daun kol/sawi putih dan irisan daun bawang yang berwarna hijau. Aduk sebentar saja.
  4. Naikkan suhu kompor, masukkan bihun, dicomot langsung dari tempat rendaman sampai semua bihun habis (Bihun tidak perlu ditiriskan jadi masih mengandung air).
  5. Tuangkan kecap ikan dan kecap asin di pinggiran atau sekeliling wajan sampai terdengar bunyi "co-es" karena panas.
  6. Aduk-aduk bihun dengan cepat sambil diarahkan ke pinggiran wajan supaya bercampur rata dengan kecap ikan dan kecap asin.
  7. Tuangkan kecap manis ke tengah-tengah bihun. Beri merica dan gula pasir. Aduk hingga rata.
  8. Cicipi rasa, jika kurang asin tetapi kecap manis sudah terlalu banyak, tambahkan garam. Jika warna bihun kurang merah, tambahkan kecap manis.
  9. Cek apakah bihun sudah matang, jika belum beri air sedikit dan aduk lagi. Jika perlu tutup wajan sebentar sampai bihun matang.
  10. Aduk dengan sudip khusus untuk Mi atau capit supaya bihun tidak terpotong-potong.
  11. Setelah rasa pas dan bihun matang, pinggirkan bihun ke pinggiran wajan.
  12. Beri sedikit minyak di tempat kosong, masukkan telur sambil diaduk-aduk seperti orak-arik telur dan campur rata dengan bihun.
  13. Terakhir masukkan taoge, aduk-aduk sebentar hingga rata dan angkat dari api.
  14. Sajikan panas dengan irisan telur dadar, taburan bawang goreng dan mentimun atau acar mentimun jika suka.

Tips Penting:

  1. Bihun yang direndan dalam air dingin akan menghasilkan tekstur yang lebih baik dan bihun tidak mudah lembek atau lengket satu sama lain.
  2. Pastikan suhu wajan cukup panas dan benar-benar terdengar bunyi "co-es" pada saat kecap ikan dan kecap asin bersentuhan dengan wajan karena di sinilah kunci kenikmatan resep masakan dengan trik memasak a la dapur tionghoa.
  3. Jika anda seorang vegetarian, silahkan sisihkan telur dan kecap ikan. Bihun goreng tetap enak.



Reviews & Comments

  |  2020-02-07 08:07:55
deviana from wonogiri says:
insyaAllah saya akn mencobanya..semoga pak suami suka..Aaamiin
Ayo Deviana buruan coba. Bahan dan proses masak gak sulit kan? Selamat Bereksperimen semoga sukses dan cocok selera suami :-). Salam....endang

  |  2020-01-22 17:07:31
aciana from surabaya says:
ini pertama kalinya masak bihun tepung beras, beberapa kali masak bihun jagung (karena teksturnya kenyal). tp dengan tips direndam air dingin sangat membantu bihunnya jadi bagus :) meskipun tadi masak sempat terjeda karena blue gasku habis tetap enak hasilnya LOL :D
Aci saya malah baru tahu kalau ada bihun dari jagung. Di sini saya belum pernah lihat atau mata saya yang agak rabun ya :-). Thx infonya. Gimana nggak kehabisan gas lah dapur ngebul terus kayak orang mau bikin kendurian wa kak kkk :-).

  |  2020-01-16 17:25:41
ila from surabaya says:
Tips Penting : Rendam Bihun dalam air DINGIN supaya hasilnya bagus dan Bihun tidak benyek atau lembek dan lengket satu sama lain. Ini maksudnya air es kah? mohon bantuannya. terima kasih
Maksudnya air dingin atau air mentah biasa Ila. Kan umumnya untuk orang awam yang tidak tahu atau mau cepat-cepat seringnya merebus bihun dalam air mendidih untuk melunakkan bihun. Saya dulu juga begitu karena petunjuk kemasan ada yang menyarankan direbus dalam air mendidih. Tapi hasilnya kadang bihun jadi benyek dan lengket satu-sama lain. Tapi setelah saya tahu bihun sebaiknya direndam dalam air dingin biasa (tanpa perebusan) selama 15-30 menit sampai lunak sendiri, hasilnya bihun lebih bagus. Setelah digorengpun tetap memisah gak lengket satu sama lain. Semoga penjelasan saya membantu. Salam..Endang

  |  2019-12-06 12:29:07
Iriana from Jakarta utara says:
Masya Allah mbaa resepnya mantul bangeettt :-); sudah banyak yg saya coba dan anti gagal... Hr ini sy coba bihun goreng, tempe bacem. Kemarin ikan cakalang suwir (uenndoolll bgt bikin nafsu mkn) , sayur asem, bakwan, ayam cabe ijo, sambel teri kacang, sambel pecel dan yg lainnya lupaa. Barakallah ya mba semoga ilmunya bermanfaat dan menjadi amal sholih mba endang... Salam kenal ya mba dr silent readernya, hihiii ;-)
Loh loh loh...ternyata ada Silent Chef hebat yang sibuk mondar-mandir ke warung saya to :-). Iriana bukan satu2nya silent reader dan pengunjung setia website resep ini he he. Mirip dengan para reader saya yang di LN aktif masak tapi gak suka ekspos. Saya ucapkan selamat dan salut untuk eksekusi resep2nya yang sukses hebat ha ha. Saya ikut senang sekaligus terharu soalnya saya cuman posting resep hasil akhir ditangan yang masak :-). Terima Kasih untuk motivasi dan doanya. Semoga segala kebaikan juga dilimpahkan untuk Iriana dan keluarga. Amin YRA. Salam Kuliner Indonesia Lezaat :-)...Endang

  |  2019-05-05 11:50:33
from says:
mba jadi bihunnya ga perlu direbus dl ?? lsg di rendem ke air dingin ya?
Betul. Cuman direndam saja nanti hasilnya bihun lebih bagus gak becek/lembek. Sudah saya buktikan berkali kali sekrang kl bikin bihun gak saya rebus lagi. Selamat mencoba

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: