Resep Indonesia cooking from the heart

Ayam Taliwang

Bahan:

  1. 1 ekor ayam utuh (1000 gr), cuci bersih.
  2. 100 ml minyak goreng
  3. 1 buah jeruk limau ( Bisa diganti dengan jeruk nipis)

Bumbu Halus:

  1. 12 buah cabai merah keriting
  2. 3 - 5 buah cabai rawit merah
  3. 10 butir bawang merah
  4. 5 butir bawang putih
  5. 2 buah tomat
  6. 4 cm kencur (ganti dengan 1 sdt kencur bubuk jika tak ada)
  7. 25 gr gula merah, sisir
  8. 1 sdt terasi goreng
  9. 2 sdt garam
Bahan Ayam Taliwang
Bumbu Ayam Taliwang
Ayam Utuh Taliwang
Air Jeruk Nipis Untuk Ayam Taliwang
Ayam Taliwang Dimarinade
Ayam Taliwang Dipanggang
Ayam Taliwang

Ayam Taliwang

Rated 4.8/5 based on 17 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P1H30M Indonesian makanan utama Ayam Taliwang, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Lombok - Nusa Tenggara Barat

Catatan..

Ini dia salah satu ikon kuliner dari Pulau Lombok - Nusa Tenggara Barat : Ayam Taliwang. Resep favorit suami saya, tapi versi yang nggak pedas pedas banget ;-) Konon masakan ayam berbumbu ini berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Rasanya?? ditanggung anda puas. Bumbunya yang pedas-pedas nikmat dan menyelimuti daging ayam saat ayam dibakar hhhmm...sedap. Ditanggung bikin anda berkeringat dan puas ha ha ha.

Catatan : Dalam resep asli Ayam Taliwang cabai yang dipakai adalah cabai merah keriting. Sayangnya cabai jenis ini susah didapatkan di tempat tinggal saya sekarang jadi terpaksa cabainya saya ganti dengan cabai merah besar biasa hanya rasa pedasnya saya ganti dengan cabai rawit. So bagi anda yang mempunyai problem serupa silahkan pakai cara ini. Ditanggung rasa pedasnya tetap bikin hah hah huh huh ;-) So untuk saudara saudari dari Tanah Lombok mohon maaf atas kekurangan di atas.

Cara Membuat:

  1. Belah ayam di bagian dada hingga ke arah leher sampai putus.
  2. Balikkan ayam kemudian tekan bagian punggungnya hingga ayam terbuka, kaki dan sayap mengarah ke luar.
  3. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Tambahkan sedikit minyak dlm blender jika perlu.
  4. Tumis bumbu halus dalam wajan yang agak besar sampai matang dan berbau harum. Aduk sekali-kali.
  5. Perlu waktu kurang lebih 10 - 20 menit untuk menumis sampai air menyusut dan bumbu relatif kering menyerupai sambal.
  6. (Hati-hati dengan tangan anda karena bumbu meletup-letup saat ditumis).
  7. Panaskan oven dengan suhu 200°C.
  8. Angkat bumbu dari api kemudian beri perasan air jeruk limau / nipis. Cicipi, jika perlu tambahkan garam & gula sesuai selera.
  9. Lumuri ayam dengan setengah porsi bumbu hingga rata.
  10. Siapkan loyang datar ukuran besar yang sudah diolesi minyak atau dialasi dengan aluminium foil dulu kemudian diolesi minyak. (supaya loyang lebih mudah dibersihkan)
  11. Letakkan ayam dengan agian dada menghadap ke atas.
  12. Panggang di dalam oven selama 30 menit. Kemudian balik ayam dengan bagian punggung menghadap ke atas.
  13. Olesi sekali lagi dengan bumbu dan panggang lagi selama 30 menit.
  14. Oleskan sisa bumbu sekali-kali. Angkat dan sajikan dengan nasi dan Pelecing Kangkung.

Catatan:

  1. Jika suka bakar ayam panggang di atas bara api sambil diolesi sisa bumbu hingga agak kering.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments:

Your Rating:

Name:

Location:


Write your review:




2021-02-12 18:53:42

Indah from Medan says:

Hmmmm..... Yummmy

Agree .. simple but spicy & absolutely yummy Indah :-)


2020-12-08 23:33:11

Jojo from Paris says:

Akhirnya ayamku tak masak taliwang mbak, nanti tiwas investasi waktu masak betutu malah zonk gara2 skip dandang. Pake air asam jawa, adanya itu sama orange soalnya :D tetep syahdu rasanya, jadi keinget honeymoon di gili :D

Jojo ha ha ha dari Ayam Betutu menjelma Ayam Taliwang :-D . Gak pa pa lah masih sekeluarga Ayam wa kkkk . Hebat sekali salut dengan gerak cepat improvisasinya. Ayam Taliwang juga enak gila!! Percaya dech saking enaknya sampai ingatan melayang ke honeymoon, bikin baper wooi :-D. Thx untuk succes story yang menghibur. Keep cooking & inspiring :-). Take care...Endang


2020-10-30 11:15:08

Eko from Ciputat Tangsel says:

Kalo panggangnya pakai happycall bisa ndak ya?? Pinisirin pengen experiment..

Mungkin bisa Bos tapi kayaknya ayamny harus dipotong-potong kalau dibiarkan utuh mungkin matangnya nggak sempurna. Saya kurang tahu pasti sich soalnya belum pernah dan tidak punya alatnya. Cuman kalau memanggang/membakar di wajan bergerigi yang tanpa tutup sich pernah tapi ya bentuknya potongan ayam atau daging tapi bukan ayam utuh. Itu saja yang saya bisa sarankan. Semoga berhasil eksperimennnya :-). Salam...Endang


2020-09-24 17:12:07

Nadya from Batam,Riau Islands,Indonesia. says:

Ayam taliwangnya enak banget moms

Betul Nadya :-). Resep ini bumbunya sederhana tapi rasanya dahsyat!! Terima Kasih sudah mampir dan uji resep. Ayo silahkan lihat-lihat masih banyak resep lezat menunggu :-). Salam...Endang


2020-08-11 18:44:00

Bebe from Eastern Seaboard, USA says:

Ini kedua kalinya saya bikin ayam Taliwang resep Mbak Lestari. Saya besar di pulau Lombok, dan resep yang ini sudah mirip dengan yang asli! :D Terima kasih Mbak Lestari!

Hallo Bebe :-). Wow senangnya saya dapat resensi dari yang punya resep. Berarti hasil percobaan saya sudah lolos uji kelayakan ha ha :-D. Bebe juga koki jempolan nich sudah lama gak makan saja masih ingat detail rasanya :-;. Terima Kasih untuk kunjungan, uji coba & your nice soothing words :-). Take care & stay safe there...Warmest Regards..Endang


2020-06-01 15:58:56

Om jay from Karawang says:

Istri lagi nyoba resep nya...semoga sukses dan goyang lidah sampai puas...

Selamat Menunggu hasilnya Om Jay :-). Semoga rasanya dahsyat seperti yang sudah pada coba :-) Terima Kasih dan salam untuk istri tercinta. Hebat istri teladan nich...berusaha menyenangkan perut suami :-). Kasih uang belanja yang banyak ya biar bisa masak yang enak-enak wa ka kkkkk :D .Salam..Endang


2020-05-03 10:16:18

Herni from Ciputat says:

Kak..ayam taliwang ga di sajikan dengan sambal lagi yaa

Hallo Herni. Resep asli Taliwang cabainya sangat banyak dan pedesnya minta ampun jadi gak perlu sambalpun sudah bikin keringatan. Resep ini sudah saya kurangi cabainya supaya anggota keluarga saya yang lain juga bisa makan. Terserah Henri mau tambahin cabai atau pakai tambahan sambal. Silahkan pilih yang cocok untuk diterapkan. Salam...endang


2020-04-19 16:53:46

desi from tegal says:

Izin save resep ya kak ;-)

Jangan cuman disave Desi yang penting dipraktekkan ;-). Selamat Mencoba Semoga sukses. Salam....Endang


2020-02-02 11:53:22

Amira from Lampung says:

Saya barusan bikin, 2 ekor ayam kampung dari kandang sendiri...takut ga empuk, saya ungkep dulu, punya balita ga berani pedas, cuma pakai cabe merah 3 biji, cemas juga dengan rasanya, akhirnya diakhir ungkepan saya masukin kecap bango, setelah ungkepan mengering, baru saya bakar....hmmmm mantaaap,uenake reeeek, dedek amira makannya habis buanyaaaak...terima kasih resepnya bund...

Amira..Wow pagi2 baca komen Amira jadi ngakak. Kok bisa Resep Ayam Taliwang berubah jadi Ayam Bakar Kecap wa ka kak...Tapi ya gak pa pa yang paling hasilnya enak dan anak2 suka. Terima Kasih sudah memberi inspirasi ;-). Salam...endang


2020-01-10 19:47:38

Dirga samudera from Sumut says:

Oh my godzzzz Gile ah. Semalam aq gt liat resep pagi pagi sorenya langsung eksekusi 2 ekor... widih hha gitu di rasa... hampir lupa aq sama nama sendiri... Tapi aku sblm di panggang aq rendam air asem dn garam trus di goreng dl... top deh resep si mbak nya... n Mksh atas resep nya mba... besok buat lg ah....

Dirga ...Oh My God. Sekali bikin langsung 2 ekor hasilnya Top Markotop lagi. Woi rajin kali pakai acara goreng menggoreng segala. Tapi memasak itu bebas berkreasi yang penting hasilnya enaaak :-). Baca komen Dirga bikin ngakak, kekenyangan makan sampai lupa nama sendiri wa ka kak :-), emangnya 2 ekor dihabisin sendiri ha ha ha :-). Terima Kasih juga sudah nyasar dan recook pakai super express lagi. Dirga juga bakat koki top nich sekali eksekusi langsung bikin linglung ha ha ha :-). Ya sana bikin lagi kalau masih nagih, makin pedas makin siip. Salam.. Endang


2019-12-13 07:02:45

Iriana from Jakarta says:

Masya Allah... Resepnya nendang buangeettt bikin khilaf, kalau gak inget suami bisa habis 1 ekor sendirian... Wkwkwkk.... Oh iya aku agak worry mba sama bumbunya takut kurang meresap jd ayamnya aku ungkep dlu bareng bumbunya stg matang, abis tu baru aku grill pake kuche air fryer. Hee mantuulll jos gandosss mksh mba resepnya,,skrg gak kuatir lg klo mau masak, tinggal intip menu resep mba endang smua pasti beress.. Hee bighug :*

Ha ha ha...pagi-pagi buka kompi baca komen Iriana bikin ngakak...kalau gak ingat suami bisa habis 1 ekor ayam wakkkk :-D. Tapi bagus itu dibalik ungkapan nyeleneh ada makna yang dalam, bukan karena ingat diet tapi ingat suami. Chef hebat sekaligus istri idaman. 4 jempol nich. Selamat untuk Ayam Taliwangnya, meski pakai jalan panjang pakai diungkep segala. Tapi memasak itu bebas yang penting hasil akhir jos gandos. A big hug for U too :-D...Endang


2019-11-10 12:01:33

Iwan from Bandung says:

Bner bgt neh ayam taliwang emang paling makkknyuuusss

He eh.....setuju dengan Iwan ;-) Emang Mak Nyuss !!!


2019-11-10 12:01:29

shally from batam says:

hemmm klamaan klu dipanggang,tp enak y

He eh. Saya juga biasanya langsung santap dari oven. Itupun sudah Mak Nyuss he he..


2019-11-10 12:01:10

kusyairi from jakarta says:

Mantab,,

udah dicobain Boss?? he he..


2019-04-13 22:23:44

nova from jakarta says:

makasih ya, berhasil loh aku bikin ikut resep iini. cuma kurang pedes aja, next time bakal aku tambah cabe rawit merahnya

Hallo Nova. Selamat Ayam Taliwangnya sukses. Bikinnya gampang rasanya nendang kan ha ha. Kalau masalah kepedasan silahkan tambah sekuat perut tapi resiko tanggung sendiri ;-). Terima Kasih sudah mampir dan uji coba. Salam...Endang


2015-01-20 11:54:53

hendra from brunei says:

S aya mau coba resepnya. Mudah mudahan saja anak saya suka

Silahkan Coba Hendra, kalau untuk anak sebaiknya cabe dikurangi rasanya tetap uenak lho. Saya juga sudah sering bikin entah gak kehitung jumlahnya termasuk untuk tamu2 kami yang tidak bisa makan pedas selalu ludes meski kurang cabe ;-) Selamat Uji Nyali semoga sukses. Salam...Endang


2014-10-23 16:28:44

wanti from cilacap says:

ngangenin banget tuh rasanya bikin ketagihan terusssss, makyusss

Setujuuuuuuuuuuuuuuu Wanti. Ayam Taliwang memang enak gila saya juga gak bosan2 sama menu satu ini dan setiap bikin langsung ludes ;-)


2013-10-21 18:24:50

Luailiyah from Shah Alam,Selangor says:

Lagi nyari resep bumbu ayam bakar nie,InSyaa ALLAH maw nyoba Ayam Taliwang...mdh2an menjadi Kalo rasanya pas__boleh jual nie;)_tq bngt ya..

Hallo Luailiyah. Ayo silahkan dicoba. Udah ada beberapa yang bikin dan rasanya cocok tuch. Syukur kalau bisa dijadikan usaha buat nambah rejeki ;-). Selamat mencoba dan semoga sukses. Salam...Endang


2013-10-21 18:22:14

idhax from luwuk sulteng says:

Mantap ku lgsg coba rasene puuuol maknyuuuz bikin ketagihan makin di syg suamiii hehehehe

Hallo Idhax..Selamat percobaaannya sukses. Bakat jadi koki jg nich ;-) Ayo..silahkan dicoba resep2 yang lain biar suami tambah sayaaaaaaaaaaaaaaaaang lagi he he. Salam...Endang


2013-09-12 17:52:18

Dian Masjoen-Losso from Slovakia says:

THX yaaa!!

Sama-sama Dian. Sudah kepedasan nich he he. Pedas-pedas tapi nikmat itulah ayam taliwang. Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Salam Kuliner...Endang


2013-09-03 08:58:17

Sisi from Jakarta says:

Emang ayam taliwang aje gile muantap abizzz,,,

Iya nich sampai yang makan juga ikutan gila keenakan ha ha ha


2013-08-25 15:35:36

dwi from darwin, australia says:

Makasih ya resepnya, aku tadi pas Baca resep ini langsung aku praktekin . Tapi gak pakai oven aku pakai BBQ dengan api sedang selama 1 jam Dan hasilnya uenak banget. Suamiku suka sekali :)

Hallo Dwi. Selamat ya udah berani uji nyali, langsung dibikin BBQ lagi, saya malah belum pernah ;-). Thx juga untuk sharingnya. Ayo silahkan coba resep2 yg lain siapa tahu cocok buat Hubby ;-). Salam...Endang


2013-07-28 20:32:57

Amy Betawi from Senggigi says:

Biasanya kalo kita makan di Lombok, ayam taliwang tsb ditmani dua madam sambal, yang pedas dan tidak pedas. Yang tidak pedas itu bumbunya apa ya? Tolong dong kalo ada yang tau. Terima kasih sebelumnya.

Hallo Amy. Maaf saya sendiri juga belum tahu kalau ada sambal yang tak pedas untuk Ayam Taliwang. Mungkin ada rekan2 lain yang bisa jawab pertanyaan Amy. Sebelumnya makasih untuk infonya. Salam...Endang


2013-06-17 12:57:22

Tina from Magelang says:

Tanya dong..itu trasinya digoreng pake minyak? Engga disangrai?

Hallo Tina. Digoreng sudah cukup, tapi kalau Tina mau sangrai ya silahkan. Toch nanti dicampur dan ditumis bersama bumbu nggak ada akan bedanya. Iya nggak ? ;-) Selamat Mencoba. ...Salam..Endang


2013-05-13 20:25:48

trie from batam says:

Mantepp..apa lagi aq ska pdes.

Emang rasa pedasnya yang bikin ketagihan ;-)


2013-04-12 17:17:12

yeyen from says:

kyaknya wenax tuc aku maw coba moxa2 okk

Emang enak. Makannya sambil merem melek kepedasan tapi rasanya hmmmmmmmmmm..sedap :-)


2013-01-31 19:13:45

rizal ristawan from yogyakarta says:

Ayam taliwang ada yg jualan d daerah yogyakarta, bhkn msakan lombok bnyak di jumpai dsni tp gak pas sma msakkn lombok asli, Jd pngen cpt" pulkam

Rizal daripada nungguin pulang kampung, cobain masak sendiri dong he he..


2012-09-05 18:03:02

hotib from jatim says:

kayak apa rasanya y????

Wah susah neranginnya Boss. Yang jelas paduan antara pedasssssssssss, gurih dan nikmat. Makanya dicoba dan buktikan sendiri. Ntar tahu rasanya. Ditanggung gak bakalan nyesel dah ;-) Salam Endang


2012-08-20 22:52:36

Daning from Probolinggo says:

Ayam Taliwang memang ngangenin,pedasnya itu lho !

Setujuuuuu :-)