Resep Indonesia cooking from the heart

Ayam Suwir Cabai Hijau

Bahan:

  1. 500 gr filet dada ayam
  2. 1 sdm kecap manis
  3. 1 cm lengkuas, geprak atau iris tipis
  4. 1 sdt peres gula pasir
  5. 1 liter air
  6. garam sesuai selera
  7. minyak secukupnya, untuk menggoreng dan menumis

Bumbu Iris:

  1. 15 buah cabe hijau, iris halus
  2. 5 buah cabe merah, iris halus
  3. 6 buah bawang merah, iris halus
  4. 3 siung bawang putih, iris halus
Bahan Ayam Suwir Cabai Hijau
Merebus Filet Ayam
Menggoreng Filet Ayam
Ayam Goreng Suwir
Bumbu Ayam Suwir Cabai Hijau
Tumis Bumbu Ayam Suwir
Masak Ayam Suwir Cabai Hijau
Kecap Ayam Suwir
Masak Ayam Suwir
Ayam Suwir cabai Hijau

Ayam Suwir Cabai Hijau

Rated 4.8/5 based on 5 reviews

Indonesian main dish Ayam Suwir Cabai Hijau, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Kalimantan Timur

Catatan..

Bosan dengan sajian ayam yang itu2 saja??!! Cobalah sajian khas dari Kalimantan Timur ini : Ayam Suwir Cabai Hijau. Sajian ayam goreng yang disuwir-suwir berpadu dengan racikan bumbu iris yang cukup mudah didapat. Tapi rasanya jangan ditanya. Paduan antara gurih, asin dan pedas ....hmm bisa2 bikin anda ketagihan.

Sekilas sajian dari Kaltim ini mirip Oseng Oseng. Dan kunci kenikmatan oseng-oseng terletak pada keberanian bumbu alias jangan terlalu pelit;-). Pastikan bumbu ditumis sampai benar2 matang sebelum ayam dimasukan supaya masakan terasa sedap dan tidak hambar / cemplang.

Jika anda tertarik untuk mengenal berbagai olahan ayam suwir Nusantara, silahkan lihat resep Pecak Ayam dari Aceh atau Ayam Pelalah khas Bali. Setiap resep unik dan lezat!!

Cara Membuat:

  1. Iris halus semua bahan bumbu iris. Sisihkan.
  2. Panaskan 1 liter air sampai mendidih, **** kemudian masukkan filet ayam.
  3. Masak sampai ayam matang dan empuk. (Kurang lebih 15 menit). Angkat dan tiriskan.
  4. Goreng filet ayam dengan minyak panas sedang sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan suwir-suwir.
  5. (Pegang ayam dengan garpu, dan suwir2 dengan bantuan pisau jika ayam terlalu panas untuk dipegang.)
  6. Panaskan 5 sdm minyak sisa menggoreng ayam, tumis bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu. Aduk2 sampai bawang merah dan bawang putih transparan dan berbau harum.
  7. Masukkan lengkuas & irisan cabe, tumis sambil diaduk-aduk hingga layu. (Tambahkan garam segera jika bau pedas menyengat supaya anda tidak tersedak).
  8. Masukkan ayam suwir, aduk rata. Tambahkan gula pasir dan kecap manis. Aduk kembali.
  9. Tambahkan garam sesuai selera. Angkat segera dari api.

Catatan:

  1. **** Masak filet ayam dalam air mendidih supaya sari ayam terkunci dan terasa lebih gurih.
  2. Jika suka, tambahkan 4 sdm air rebusan ayam untuk mendapatkan tekstur masakan yang lebih lembab. Saya pribadi lebih suka sajian oseng oseng tanpa air supaya rasa bumbu lebih menggigit.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.




Reviews & Comments

  |  2020-08-23 16:10:06
Inne from Bandung says:
Met siang bu Lestari...sy baru beres masak resep ini...tp sy pake ayam 300 gr aja. Enak deh..praktis..tambah nasi panas..cocok hehehe. Trima ksh bu sdh berbagi resep. Sangat berguna..terutama buat sy yg ga bisa masak
Hallo Inne :-) Selamat Ayam Suwinya sukses direcook :-). Semua orang bisa masak Inne asal mau belajar ;-). Tuch buktinya sekali coba langsung mantap hasilnya. Tinggal diasah saja. Masakan lezat tidak harus ribet, banyak lho resep sederhana yang lezat misalnya : ayam goreng mentega, ayam goreng kecap pedas, tumis kangkung, terong balado. Silahkan lihat-lihat siapa tahu tertarik untuk mencoba :-). Salam...Endang

  |  2020-04-11 14:37:31
Nurul farida from Surabaya says:
Terimakasih ya resep2nya sangat bermanfaat bagi kami
Sama-sama Burul :-). Itulah harapan terbesar saya semoga blog resep ini bisa sedikit membantu dan menjadi panduan ibu-ibu yang mau belajar memasak masakan tradisional sekaligus melestarikan warisan leluhur kita supaya gak tergerus makanan asing dan modern yang menjamur sekarang ini. Apalagi di saat-saat sulit sekarang ini semoga bisa sedikit meringankan tugas kita sebagai istri dan ibu. Terima Kasih juga sudah mampir dan mengambil manfaat dari kunjungan Nurul. Jaga diri dan keluarga baik-baik ;-). Salam...Endang

  |  2020-04-06 18:20:02
Suzan harun from Apartement bay walk says:
Trims resep nya
Sama-sama Suzan ;-). Semoga cocok dengan selera. Ayo silahkan lihat-lihat resep yang lain, masih banyak resep lezat menunggu untuk dicoba. Terima Kasih juga sudah mampir :-). Salam...Endang

  |  2020-02-06 22:49:20
Audia Silva pratiwi from Cinarusah says:
Bagus. Tulisan.n.bahanya jelas n jdi gampang dimengerti
Sengaja saya bikin segampang dan sedetail mungkin biar mudah dipahami khususnya untuk pemula Audia :-). Ayo buruan dicoba. Terima Kasih sudah mampir dan semoga segera direalisasi :-). Salam..Endang

  |  2017-04-18 22:39:20
Ana from Jakarta says:
Mbak Endang, thanks ya resep2 nya. cocok bgt di lidah keluarga ku. T O P deh ;) Mau coba resep ini juga, tp sebelumnya aku mau tanya nih . Kebetulan mau buat tumpeng syukuran, Menu ini cocok ga ya buat tumpeng? Sebelum dan sesudah nya terimakasih mbak endang :)
Hallo Ana. Thx juga sudah berani uji nyali ha ha ;-). Semoga masih banyak resep yang cocok di lidah. Salut nich rajin coba2 resep buat keluarga tercinta. Ibu dan Istri idaman TOP nich he he. Selamat Mengeksplorasi resep2 leluhur ;-). Menjawab pertanyaan kl untuk tumpeng ya cocok juga, lauk tumpeng kan bisa macem2 mulai dari sambal goreng, ayam goreng, perkedel, telur dadar, kering tempe. Kan mirip tuch bumbunya sama kering tempe cuman bahannya ayam ;-). Masalahnya yg menyantap bisa makan pedas gak kl perlu kurangi cabenya. Selamat Mencoba...Salam ..Endang

  |  2016-02-02 18:10:39
Qori Akmek Cayani from Kabupaten Pati says:
Terima kasih ya sudah mau bagi2 resep
Sama-sama Qori. Ayo silahkan lihat-lihat. Banyak resep lezat menunggu untuk dipraktekkan dan dibagi-bagi juga untuk teman atau keluarga tercinta. Salam...Endang

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: