Resep Indonesia cooking from the heart

Ayam Rica Rica

Bahan:

  1. 500 gr ayam, potong sesuai selera
  2. 2 batang serai, dimemarkan
  3. 6 buah bawang merah, dirajang/diiris halus
  4. 1 lembar daun pandan , iris tipis
  5. 4 lembar daun jeruk purut
  6. 150 ml air
  7. 1 buah jeruk nipis
  8. 1 buah tomat, iris tipis
  9. minyak untuk menumis
  10. garam secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 6 bh cabe merah
  2. 10 cabe rawit merah ( jika suka pedas)
  3. 3 bh bawang putih
  4. 2 cm jahe

Bahan Taburan:

  1. 1 tomat, iris tipis
Bahan Ayam Rica Rica
Ayam Rica Rica

Ayam Rica Rica

Rated 4.8/5 based on 19 reviews

Indonesian main dish Ayam Rica Rica, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Manado / Minahasa - Sulawesi Utara

Catatan..

Masakan khas dari Menado ini tentunya sudah tak asing lagi bagi kita atau paling nggak sudah sering dengar di telinga. Paduan antara rasa pedasssssssssss, gurih dan aroma sedap dari irisan daun pandan hmmmmmmmmm.. Sayangnya kali ini daun pandan terpaksa absen karena tidak tersedia stok di toko Asia. Harap dimaklumi atas keterbatasan di atas.

Nah untuk anda yang belum pernah mencicipi atau sudah sering makan di luar tapi ingin membuat sendiri tidak ada salahnya anda mencoba. Tidak susah kok....

Dan jika anda benar-benar fans berat kuliner Manado, silahkan coba juga juga variasi sajian ayam yang tak kalah lezat, misalnya Ayam Tuturuga, Ayam Woku Belanga atau Bubur Menado/Tinutuan yang sudah terkenal seantero Nusantara. Selamat Mencoba dan Semoga Sukses...

Cara Membuat:

  1. Haluskan cabai merah, cabai rawit merah bawang putih dan jahe. Sisihkan.
  2. Tumis bawang merah, serai dan daun pandan hingga bawang berwarna kecoklatan.
  3. Masukkan bumbu yang dihaluskan dan daun jeruk purut, aduk hingga matang dan berbau harum.
  4. Kemudian masukkan ayam, aduk hingga ayam berubah warnanya, tambahkan air, kecilkan api dan tutup.
  5. Diungkep hingga airnya agak mengering sambil sekali-sekali diaduk-aduk.
  6. Tambahkan irisan tomat, masak sebentar hingga layu. Angkat.
  7. Tambahkan air jeruk, aduk hingga rata.



Reviews & Comments

  |  2020-06-30 17:29:19
Inne from Bandung says:
Resepnya enak sdh saya coba 2 kali. Pdhl saya ga bisa masak lho...tapi ikutin resep ini...ayam rica2 nya langsung enak.Tp saya masaknya ga pake daun pandan. Terima kasih yah bu Endang
Hallo Inne. Itu artinya Inne bisa dan punya bakat masak karena terbukti 2 kali tetap enak :-). Saya hanya posting resep hasil akhir tergantung yang masak. Jadi tunggu apa lagi, ayo terus diasah bakatnya biar tambah jos. Banyak resep menunggu untuk diuji coba. Terima Kasih sudah berkunjung dan berbagi pengalaman yang menginspirasi :-). Salam...Endang

  |  2020-06-21 10:51:01
Henny from Bekasi says:
Terima kasih buat resep ayam rica2..sy punya ayam sdh di ungkep pake presto pastinya sdh empuk dan masak jg sebentar aja harum nya enak pake daun pandan kebetulan sy ada di spn rumah...langsung disuka sm anak2 dan suami..sm tambah kan kaldu jamur...ehmm mak nyos..
Hallo Henny ;-). Wow kreatif sekali. Saya malah belum pernah pakai ayam yang sudah diungkep. Ternyata enak juga ya. Ada pandan di depan rumah lagi, yakin baunya wanginya nyelonong sampai ke tetangga ha ha :-). Terima Kasih sudah berkunjung dan berbagi masukan yang inspiratif. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan yang harus masak cepat ;-). Salam....Endang

  |  2020-06-14 01:37:13
Evi from Surabaya says:
Semua bahan sdh sda di kulkas hari ini mau coba ah..bkin ngiler ini resep..makasih
Selamat Berjuang Evi ha ha :-). Semoga percobaan sukses dan rasanya sesuai selera. Sudah sana buruan bikin biar gak ngiler lagi wa kk kk:-). Terima Kasih juga sudah mampir dan mau uji nyali . Salam...Endang

  |  2020-05-25 17:23:51
Nurhayati Syarifuddin from Serang Banten says:
Pertama mencoba, langsung berhasil menyenangkan keluarga. Resep saya modifikasi dengan menambahkan asem jawa, jeruk limau dan sedikit gula aren. Terimakasih banyak, mbak.
Hallo Nurhayati :-). Selamat Ayam Ricanya berhasil mempesona keluarga ha ha. Koki jempol nich sekali coba langsung berimprovisasi dan hasilnya mantap. Ditambah asam jawa plus jeruk limau apa nggak keasaman tuch he he. Tapi pasti seger rasanya :-). Terima Kasih juga sudah berkunjung dan uji resep. Ayo silahkan dilihat-lihat masih banyak resep lezat menunggu :-). Salam...endang

  |  2020-05-22 17:09:26
Nidia Syafrizal from Yogyakarta says:
Halo, terima kasih sudah berbagi mba.. sy senang bs menemukan link ini. Percobaan pertama sesuai resep. Harumnya hmmmmm sampai teras rumah. Sedikit saya tambahkan gula untuk rasa ‘nagih’..untuk bintangnya ga bs full 5 (ga tau knp). Sukses dan semangat selalu untuk cita rasa nusantara
Hallo Nidia :-). Selamat Ayam Ricanya sukses menteror perut tetangga ha ha :-D. Bulan puasa lagi teganya teganya. Lha baunya sampai teras rumah. Apalah kurang satu bintang yang penting Nidia puas dengan hasilnya. Terima Kasih juga untuk kunjungan, uji coba resep dan apresiasinya. Ayo silahkan lihat-lihat masih banyak resep lezat menunggu dari Sulawesi Ayam Woku Belanga, Ayam Tuturuga yang tak kalah lezaat :-). Salam Kuliner Nusantara Hebat :-).. endang

  |  2020-05-16 17:45:30
Mersita from Teluk Pucung, Bekasi says:
Hallo mba Endang... moga sehat selalu yaa, ehe he he kembali bertemu di Lestari, aq dah nyoba ini yg pertama tanpa daun pandan, yg kedua pake daun pandan, rasanya mantap lebih harum...maknyuss lah pokoke. Maturnuwun mba Endang :)
Waduh ..gila semangat banget Mersita sampai percobaaan 2 kali tanpa dan dengan daun pandan. Pasti baca komen sebelumnya ya ha ha ha :-). Sampai penasaran dan bikin eskperimen untuk pembuktian diri. Salut woi..koki sejati nich! Matur suwun banget untuk hasil eksperimen dan masukannya. Semoga Mersita juga tetap sehat biar bisa uji coba resep terus dan menjadi nara sumber pendukung referensi yang saya pakai. Have a nice weekend :-). Salam...Endang

  |  2020-04-26 10:01:01
Bintang kusuma wardana from Jawa tengah.boyolali says:
Em makasih ya admin nya udah ngasih tau cara masak rica2. Masakan mamah ku jadi lebih enak. Sekali lagi terimakasih
Hallo Bintang :-). Wow salut atas penghargaan dan apresiasi untuk masakan Mama. Sampaikan ke Mama nanti lain kali Bintang yang ganti masaka

  |  2020-04-22 18:08:46
Bundo Erda from Bandung says:
Tks mbak resep ayam rica ricanya, saya paksi daun pandan .mantab n wangi ....
Hallo Bundo Erda. Wah bener-benar percobaan total auntentik nich lengkap dengan daun pandan. Bundo Erda koki sejati nich ha ha. Terima Kasih sudah uji resep dan sharingnya. Yakin aroma dan rasanya tambah mantap. Silahkan lihat-lihat resep lain yang tak kalaj enak misanya Ayam Woku Belanga, pakai daun pandan jg siapa tahu masih punya sisa daun pandan ;-). Salam...Endang

  |  2020-04-22 18:03:50
Nisa from Gresik says:
Aq udh cb rsanya enak anak n suami pun suka mksh resepnya mba
Halo Nisa ;-). Selamat Ayam Ricanya sukses dan disukai keluarga lagi. Koki jempol nich sekali coba langsung mantap. Ayo silahkan lihat-lihat resep yang lain siapa tahu ada yang cocok. Terima Kasih sudah uji coba resep. Salam...endang

  |  2020-03-24 19:33:29
No name from Bekasi says:
Mana ada ayam rica pake daun pandan? Ngasal bikin resepnya nih
Masakan Minahasa memang banyak memakai daun2an : daun bawang, daun kemangi dan daun pandan. Dan resep daerah tidak mutlak bisa bervariasi sesuai daerah dan kebiasaan masing-masing. Resep2 di website ini adalah hasil dari pemilik asli resep atau referensi dari beberapa buku dan sumber, saya rangkum, uji coba dan saya posting hasil yang terbaik menurut saya jadi bukan asal ngarang. Belajar dulu sana, cari referensi tentang kuliner daerah biar gak ngasal bikin komentar. Lagian banyak pembaca yang sudah mencoba dan puas dengan hasilnya, ngapain anda yg sewot. Mental seperti anda inilah yang bikin masakan Indonesia tidak populer di panggung Internasional. Menurut anda resep masakan hukumnya mutlak tidak boleh diubah sedikitpun, kalau ada orang punya ide selain anda langsung dicaci maki. Whoever you're change your mindset before you're out of date. Salam...Endang

  |  2020-02-18 19:43:28
Siti from Lamongan says:
tolong dimuat resep sayur lodeh ya kak
Kan sudah ada Siti. Tinggal klik tombol "Menu" paling atas nanti akan muncul semua resep dalam kelompok Pulau. Nah cari di Kelompo resep "Jawa & Madura" cari sesuai urutan Abjad dimulai huruf S nanti ketemu Sayur Lodeh. Sudah banyak yang nyoba kayaknya banyak yang cocok. Silahkan dicoba Siti, semoga sukses. Salam...endang

  |  2019-12-05 07:11:45
widi mahanani from jakarta says:
salam kenal mba.... waduh webnya baru nemu sekarang, resep-resepnya komplit sekali dan membuat dokumentasi dengan effort yang maksimal.... seneng banget bisa nemu ini, bisa jadi panduan kalo mo masak mbaaa.... matur nuwun ya mbaaa...
Hallo Widi. Salam Kenal kembali. Selamat datang untuk mengekplor resep-resep masakan asli nusantara. Lebih baik terlamab daripada tidak ketemu sama sekali :-) . Terima Kasih juga sudah nyasar kemari. Semoga menemukan resep-resep yang cocok. Salam...Endang

  |  2019-02-16 11:03:54
from says:
Ayam rica2 mmg mntp,dulu wjty sy du manado itu mknn favorit sy
Iya betul. Rica2 memang mantap ;-)

  |  2016-05-18 22:44:49
Aminah from Jakarta says:
Mbaaak Endaaang, aku coba resep ini rasanya enaaak bangeet. Utk ayamnya aku pake bagian dada, kemudian dipotong2 (fillet) wuiiih empuuk dan bumbunya meresap. Suamiku suka banget, bener kalau dibilang semakin pedas semakin bikin nambah terus. Makasih banyak krn sudah berbagi, Mbak.
Gile Jeng Aminah wisata kuliner dari Padang trus ke Menado. Kayak menu restauran aja...ngiri nich soalnya saya musti belanja jauh buat beli bahan2 masakan Asia ;-(. Percaya dech suami semakin betah makan di rumah ;-). Lanjuuut Sist ;-)....

  |  2015-10-10 21:00:23
metta from jakarta says:
salam kenal.... komplit n lengkap
Salam Kenal Kembali Metta. Ayo silahkan dicoba siapa tahu cocok dengan selera :-). Salam...Endang

  |  2015-09-13 15:35:18
Endang from Jerman says:
Bahan Saus Dabu-Dabu: 5 bh cabai merah, iris tipis, 6-10 bh cabai rawit hijau/merah, iris tipis, 10 butir bawang merah, iris tipis 1/2 sdt teh garam 1 bh tomat merah & 1 bh tomat hijau, potong dadu kecil 1 sdm air jeruk nipis atau jeruk limau 1 sdt gula pasir. Cara Pembuatan: Panaskan sedikit minyak, tumis sebentar semua bahan iris kecuali air jeruk dan gula pasir, aduk-aduk sebentar hingga layu, tambahkan air jeruk dan gula pasir. Aduk rata. Hidangkan bersama ikan goreng.


  |  2015-09-13 15:26:08
arif maulana from balikpapan says:
Mbak klo irisan daun pandanya di gnti ma daun kmangi gmna ....bisakah?trus air jruk nya diganti ma larutan asam jawa bisakah?mohon ptunjuk mbak..oh ya sekalian request ikan goreng dabu dabu.... dong...trms...
Bisa juga Arief. Karena tidak semua orang terbiasa dengan daun pandan. Di Sulawesipun kadang daun pandan diskip tapi kalau daun kemangi sering tetap ditambahkan contohnya di resep Ayam Woku Belanga. Ikan Goreng Dabu Dabu. Gampang itu Boss. Ikannya tinggal digoreng dengan bumbu klasik ( ketumbar, kunyit, bawang putih dan garam) di ulek halus, kasih air sedikit trus lumurkan ke ikan kalau perlu dikerat-kerat trus digoreng kering.

  |  2015-06-19 20:18:34
Rahmi from Kuala kapuas says:
mba, bawang merah dirajang maksudnya di apain ya..?
Rahmi..dirajang itu berasal dari bahasa Jawa yang artinya diiris halus. Habis nara sumbernya juga nyebut begitu jadi saya cantumkan persis ;-). Tapi resep sudah saya update dengan tambahan bahasa Indonesia. Makasih pertanyaan sekaligus masukannya. Salam....Endang

  |  2015-06-04 22:20:22
aryoenmfc from samarinda (kal-tim) says:
Wis resepnya top markotop brow Singkat & jelas caranya.hemmm.enak tenan mak nyussss..!!!thank's yo..
Selamat Bro Aryo..koki andal juga nich sekali coba masakannya langsung TOP MARKOTOP ;-). Thx juga sudah uji nyali. Salam...Endang

  |  2015-01-02 02:56:11
edi from malang says:
very delicious
Agree Edi....spicy and yummy, but for Chili lovers ;-)

  |  2014-10-13 07:31:25
jhois from Porong-jawa timur says:
webnya sangat membantu bagi yang mau belajar masak..terimakasih ya Bu..
Sama2 Jhois ;-). Itu juga harapan terbesar saya, mengajak generasi muda Indonesia dan siapa saja untuk mengenal kembali dan belajar masakan tradisional supaya tak punah terlindas jaman. Semua orang bisa masak asal mau belajar ;-). Selamat Bereksperimen semoga menjadi hobby yang menyenangkan. Terima Kasih juga sudah mampir. Salam ....Endang

  |  2014-08-29 20:02:13
bagas from bandung says:
Ayam Rica super pedasss...mantap banget!!
Setuju Bagas....makin pedas makin nikmat bisa nambah nasi terus ha ha ;-). Ayo cobain juga resep Ayam Woku Belanga rasanya tak kalah dahsyat !! Salam...Endang

  |  2014-07-31 20:35:44
diana from jakarta says:
Mau tnya , sbnr nya utk bumbu yg di hluskan utk ayam rica2 tu,apa ja ya yg bnr , soal'y dr stiap resep yg sya liat berbeda ada yg tdk pkai bw.merah dan ada yg tdk pke bw.putih. Makasih Sblm nya
Hallo Diana, jangan dibawa serius banget dong ;-). Dalam setiap resep tak peduli resep apapun memang sll ada beda sedikit di sana sini. Di kalangan orang Manadopun mungkin tak bakal persis sama. Kl menurut saya bumbu wajib rica2 yg jelas cabe, bawang putih dan jahe ( sebaiknya ketiga bumbu dihaluskan). Krn ada versi di mana jahenya cm dimemarkan. Jadi Diana bikin percobaan sj, pakai bawang merah dan tidak pakai, ntar mana yg lebih enak itu yg dipakai ;-). Trus untuk daun2an, orang asli Manado pakai daun kemangi, daun bawang dan daun pandan tp kadang orang kurang suka daun pandan jd dilewatin. Mana yg benar?? Gak bisa kasih penilaian juga, krn selera lain2. OK? ;-) Semoga mendapat pencerahan dan silahkan bereksperimen sampai menemukan versi resep yg pas. Salam...Endang

  |  2014-07-11 11:24:27
ana from tangerang says:
Mba endang, kapan masukin tomat nya?
Hallo Non Ana. Ha ha sorry kelupaan ;-) Tomat ditambahkan terakhir biar nggak kematengan gitu. Resep sudah saya koreksi sekalian. Makasih untuk masukannya ;-) Salam....Endang

  |  2013-09-27 08:23:07
antonie edi from kalimantan says:
Tks rica rica nya mantap sdh sy coba ternyata manta. Salam iss world
Terima Kasih kembali Antonie. Yang barusan nyoba pasti bertangan dingin juga nich..masakannya mantap ;-). Ayo..ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Banyak yg tak kalah mantap lho ;-). Salam....Endang

  |  2013-09-21 20:50:27
chandra from aceh says:
good cooking,
Agree Chandra ;-) Hot but delicious !!

  |  2013-06-28 07:06:21
dian from jawa says:
makasih atas resepny.. kalau bisa resep kue juga ya...
Hallo Dian. Thx untuk motivasinya. Terus terang saya kurang ahli dech kalau bikin kue. Kl jajanan pasar tradisional akan saya usahakan nyoba satu persatu. Untuk kue sy serahkan ke ahlinya saja ;-). Salam...Endang

  |  2013-05-27 21:37:05
from says:
Mbak Endang, request resep cakalang fufu yang uenakk donk ya. Ditunggu lhoo.. :)
Waduh Boss Terima Kasih untuk masukan & kepercayaannya ;-). Masalahnya Ikan Cakalang gak tersedia di tempat tinggal saya sekarang. Ntar kl saya ganti ikan asap asal2an bisa didamprat habis2an nich ;-( Sabar ya harus riset dulu. Salam Kuliner...Endang

  |  2013-04-30 17:46:50
Sandy Wahyu from Surabaya, East Java, ID says:
ini ga pake garam sama sekali ya? thanks.
Hallo Sandy. Dari referensi resep tidak tercantum garam tapi dalam prakteknya tentu saja saya pakai. Masakan tanpa garam pasti gak karuan rasanya ;-), jadi lebih baik saya koreksi & tambahin sekalian. Thx untuk masukannya. Salam..Endang

  |  2012-12-04 20:28:47
cici from qatar says:
kl utk bikin mpek2..bs pk ikan pomfret kl ya mba?krn disini juga sm bingung nya nyari ikan pengganti tenggiri:)
Cici, ada yg bilang semua ikan air tawar & ikan laut bs dibuat mpek2 sebagai pengganti tenggiri tp ikan laut lebih amis. Coba Tilapia, Cod or Red Snapper kali aja cocok??. Sy jg masih coba ini itu ;-)

  |  2012-09-25 18:25:37
rose from batam says:
makasih ya resepnya..
Halo Rose. Sama - sama. Thx untuk kunjungannya. Salam..Endang

  |  2012-09-09 00:15:25
budi utami from singapore says:
mantafffff pa lgi ku pengemar cabe hehe mohon resep baksonya plus pangsit gorengnya mksh i love ur way to cooking
Hallo Budi Utami. PR anda alias pesanan resep Bakso sudah saya kerjakan hari ini 08/09/12 setelah lama tertunda. Silahkan lihat di sub directory Indonesia di sebelah Home. Selamat mencoba & thx for your appreciation ;-) Salam...Endang

  |  2012-07-03 18:00:59
Yuli Lismawati from Hessen Germany says:
Tolong di muat resep empek empek pp Pla
Hallo Lisma. Thx sudah mampir. Mpek - Mpek mohon sabar ya nunggu giliran. Selain itu bahan dasar Empek2 alias ikan tenggiri tidak tersedia di Jerman. Harus eksperimen dulu cari ikan pengganti yang cocok. Salam Endang

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: