Resep Indonesia cooking from the heart

Ayam (Panggang) Bumbu Rujak

Bahan:

  1. 2 paha ayam bagian atas dan bawah (600 gr), cuci bersih.
  2. 250 santan kental
  3. 3 helai daun jeruk purut
  4. 1 serai, ambil bagian yang putih, geprak
  5. 3 lembar daun salam
  6. 2 cm lengkuas, geprak
  7. 1 sdt asam, larutkan dengan 2 sdm air
  8. 1 sdt garam

Bumbu Halus:

  1. 4 buah cabai merah, buang bijinya
  2. 5 buah cabai rawit
  3. 5 butir bawang merah
  4. 3 butir bawang putih
  5. 5 butir kemiri
  6. 2 cm jahe
  7. 1 sdt ketumbar bubuk
  8. 2 cm kunyit atau 2 sdt kunyit bubuk
  9. 2 sdt gula merah (ganti gula pasir jika tak ada)
Bahan Ayam Panggang Bumbu Rujak
Menumis Bumbu Rujak
Ayam Dimasak Bumbu Rujak
Ayam Bumbu Rujak Dengan Santan
Ayam Bumbu Rujak
Ayam Panggang Bumbu Rujak
Ayam Panggang Bumbu Rujak

Ayam (Panggang) Bumbu Rujak

Rated 4.8/5 based on 18 reviews

Indonesian main dish Ayam (Panggang) Bumbu Rujak, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa Timur

Catatan..

Rasanya hhhhmm.....paduan antara pedas-pedas gurih dan sedap ;-). Mau dimakan bersama kuahnya alias masih bernama "Ayam Bumbu Rujak", rasanya sudah sedap. Mau dimasak sampai santan mengering, dipanggang kemudian dinikmati sambil mencocol sausnya juga tambah enak. Fleksibel khan sesuai judul di atas ;-).

Sebagai catatan resep sudah saya modifikasi sesuai ketersediaan bahan dan kebutuhan. Karena anggota keluarga saya yang lain tidak bisa makan pedas jadi saya memakai trik supaya hasilnya bisa memuaskan semua pihak. Cabe rawit merah plus masih saya tambahin beberapa cabe rawit hijau (tanpa tangkai) saya biarkan utuh dan saya masukkan bersamaan dengan santan. Nantinya saya makan ayam panggang ini sambil nglethus cabe sementara anggota keluarga yang lain bisa ikut menikmati hidangan tanpa harus kepedasan. Jika anda punya masalah yang sama ada baiknya trik ini anda coba. O ya bumbu boleh anda buat dobel bahkan triple sesuai selera. Semakin banyak bumbu semakin nikmat!!! Tidak percaya?? Silahkan buktikan sendiri.

Bagi anda yang ingin mencoba variasi lain Ayam Panggang atau Ayam Bakar Nusantara silahkan coba sajian yang tak kalah lezaat, contohnya Ayam Panggang Kecap dari Semarang, Ayam Bakar Lumajang atau Ayam Panggang Bumbu Pecel. Silahkan bereksperimen, semoga bisa menambah khasanah menu di dapur anda.

Cara Membuat:

  1. Haluskan bahan bumbu dengan cobek atau blender hingga halus.
  2. (Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk membantu proses penghancuran).
  3. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun jeruk purut dan daun salam dalam wajan cekung yang agak besar hingga berbau harum.
  4. (Pastikan bumbu ditumis sampai benar-benar matang sebelum ayam dimasukkan supaya rasanya benar-benar enak (tidak hambar atau cemplang menurut istilah orang jawa).
  5. Masukkan ayam, aduk-aduk dan masak sampai ayam berubah warna.
  6. Masukkan santan dan air asam, masak di atas api besar sampai mendidih dan ayam hampir matang. Aduk2 supaya santan tidak pecah/memisah.
  7. Kecilkan api dan masak terus di atas api sedang hingga ayam lunak, kuah mengental dan bumbu meresap semmpurna. Aduk sekali-kali. Tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  8. Sampai di sini masakan sudah bisa anda nikmati, namanya "Ayam Bumbu Rujak".
  9. Aduk terus menerus pada saat santan mulai mengering dan berubah menjadi minyak supaya ayam tidak gosong.
  10. Pindahkan ayam ke dalam pirex tahan panas beserta sausnya.
  11. Panggang ayam dengan suhu 180°C selama kurang lebih 25 menit sampai ayam berwarna kecoklatan.

Tips Tambahan:

  1. Pilih ayam yang relatif muda supaya ayam tidak alot dan terasa lebih sedap.
  2. Potong-potong ayam agak kecil, tusuk-tusuk dengan garpu jika perlu supaya bumbu benar-benar meresap.
  3. Ungkep dengan suhu sedang supaya ayam tidak cepat gosong sebelum bumbu benar-benar meresap.
  4. Menurut tips dari salah satu pembaca, tambahkan garam terakhir, setelah tumisan bumbu meresap menyatu dengan ayam, baru tambahkan garam terakhir kali supaya rasanya semakin optimal dan bumbu meresap sampai ke tulang2nya. (Thx & credits for Agung untuk tipsnya:-).



Reviews & Comments

  |  2020-08-19 17:39:40
Agung from Tk al a'raaf gentan says:
Joss min.. Nambahin dikit buat review Pastikan ngasih garamnya yg belakangan ya.biar semua bumbu dulu kamu masukin tunggu biar pada meresap dulu,baru kasih garamnya untuk menekan masuk semua bumbu yg baru meresap td..di jamin semua bumbu bisa masuk terasa sampe ketulang2..selamat mencoba :-)
Hallo Agung :-). Wow Selamat Ayam Bumbu Rujaknya sukses nampol !! Terima Kasih untuk review dan tambahan tips yang sangat berharga..bumbu meresap sampai ketulang2nya. Joss!! Saya kalau ngulek bumbu apa saja (selain sambal) juga tanpa garam dan persis seperti cara Agung garam saya tambahkan setelah bumbu ditumis, ayam/bahan dan santan masuk. Baru saya kasih garam tapi gak pernah kepikir kalau disitu kunci kenikmatan bumbu biar meresap. Nanti saya update sekalian di cara pembuatan supaya tips Agung bisa langsung dipraktekkan saudara2 kita yang lain. Sekali lagi Terima Kasih :-). Salam..

  |  2020-07-22 07:12:53
Ilham Pohan from Kota Bekasi says:
Setelah saya baca semua komentar. Kesimpulan saya Mak nyus nendang banget Tq Endang ;-) sukses utk anda
Terima Kasih Ilham. Selamat Mencoba ;-)

  |  2020-04-27 17:36:22
Ipul from Semarang says:
Resepnya josss mbak.. Belum pernah masak ayam kampung sekali masak pake resepnya jos gandos.. Top markotop lah..
Wah yang barusan masak ini berarti Chef jempolan makanya hasilnya Jos Gandos. Ayo teruskan bakatnya Chef Ipul, masih banyak resep lezat menunggu. Cobain tuch resep Ayam Taliwang dari Lombok ditanggung Top markotop juga :-). Terima Kasih sudah mampir dan uji resep. Salam....Endang

  |  2020-02-24 18:20:30
rifia from Jakarta says:
Halo mba, terima kasih resepnya, aku hari ini bikin ayam panggang bumbu rujak, untuk bumbu nya enakkk banget. tapi kenapa ga meresap sampai ke dalam ayamnya ya?padahal udah diungkep lama bgt sampai santannya hampir mengering :( Jadi hanya bagian luar yg berasa bumbunya, tp daging di bagian dalam agak hambar
Halo Rifia. Aduk turut berduka cita hasilnya belum maksimal :-(. Sudah lama diungkep tapi bumbu gak meresap. Ada beberapa faktor. Mungkin potongan ayam terlalu besar, jumlah air/santan untuk mengungkep kurang. Suhu waktu ngungkep terlalu besar. Coba lain kali potong agak kecil ayamnya kalau perlu ditusuk-tusuk garpu supaya bumbu bisa meresap ke pori-pori ayam. Kedua kalau masak ayam kampung cairan untuk ngungkep harus lebih banyak daripada untuk ayam broiler karena ayam kampung lebih alot dan berotot/sedikit mengandung lemak jadi perlu waktu waktu dan media lebih banyak untuk menembus sampai ke pori2 ototnya. Ketiga waktu mengungkep gunakan api sedang kalau perlu bahkan api kecil supaya waktu pengungkepan lebih lama dan cairan tidak cepat kering. Wajan ditutup supaya aroma bumbu masuk ke ayam bukan hilang menguap. Itu saja yang bisa saya sarankan. Semoga membantu dan jangan putus asa, OK :-). Terima Kasih sudah mampir untuk uji resep dan berbagi pengalaman. Salam...Endang

  |  2019-11-10 12:03:38
Gita from Bristol says:
Sukses bikin ayam bumbu rujak & rasanya memuaskan. Gula merah/gula jawa saya ganti sama brown sugar dengan komposisi 4sdt, soalnya di sini nggak ada yg jual gula merah. Hehhehe.. Thank you for sharing this delicious recipe mbak.., salam kenal ;)
Hallo Gita Salam Kenal Kembali ;-). Selamat ya Ayam Bumbu Rujaknya sukses. Ini salah satu resep favorit kami juga, sudah gak terhitung dech berapa kali bikin dan selalu ludes ;-). Thx untuk sharing info ttg gula pengganti sekalian saya update resepnya biar lebih fleksibel. Terima Kasih sudah uji nyali dan mampir. Salam ...Endang

  |  2019-11-10 12:01:44
fulan from tulungagung says:
hmmm,,,,Nyammmiii,,,Bikin aaaahhh,,,
Hallo Fulan. Ayo cepetan bikinnya...ditanggung nggak nyesel dech :-)

  |  2019-08-12 09:37:08
Yeni.Nugraheni-Geiger from Ruhmanssfelden says:
Resepnya top banget
Ya komen juga chef yang top banget :-)

  |  2019-06-29 21:44:46
Ibnu from Gentan says:
Enak nyaaaaaaaaaaaa Lihat gambarnya dah enak Klau di buat mesti enakkjjj
Memang ueeennak Bos. Sudah banyak testimoni dari pembaca tuch. Ayo bikin ;-)

  |  2019-06-29 21:43:52
Azis from Ternate says:
Resepx baru mau dicoba
Semoga sukses dan cocok dengan selera Bos. Ditunggu laporannya ;-)

  |  2019-06-26 18:35:37
fauzan from Surabaya says:
thnks ,resep yg ok banget buat keluarga,ayam saya ganti dg ampela n ati juga krecek tebel jadinya makin top markotop
Wooi Bos Fauzan kreatif banget nich pakai bahan campur-campur bahkan krecek segala. Jadi ngiler nich ;-). Bumbu rujak emang enak dipadu apa saja, bisa juga dengan telur rebus, ikan. Bakat koki nich sekali coba langsung joss! Terima Kasih sudah mampir dan uji coba sukses lagi :-). Salam....Endang

  |  2019-02-28 16:58:06
Desy from Jember Jawa Timur says:
Alhamdulillah sudah nyoba menu ayam bakar nya mudah-mudahan pelangganku tambah banyak dengan menu andalan ayam bakarnya... Aamiin...
Hallo Desy. Terima Kasih sudah mampir bahkan uji coba. Saya ikut bangga dan senang kalau menu ini bisa menambah variasi usaha Desy, syukur2 membawa banyak pelanggan dan rejeki. Amin YRA ...Semoga tambah sukses usahanya. Salam Hangat....Endang

  |  2017-12-04 21:57:30
Meilan from Medan says:
Kalo ga pake santan bisa ga?? Air asam n gula merah mang di pake?? Makasi n penasaran pingin nyoba. ;-)
Hallo Meilan. Dari kolom komentar beberapa pembaca di atas ada yg sudah kasih saran tuch kalau tanpa santan juga enak asal bumbunya kental/banyak. Kalau air asam dan gula memang pakai kalau absen nanti rasanya kurang pas. Selamat Mencoba ;-)

  |  2017-06-12 22:09:29
Fitri adita from Blitar says:
Resep nya simpel g ribet mudh dipahami tpi hasilnya g kalah ama bintang lima
Selamat Fitri Ayam Bumbu Rujaknya sukses, Yang baru masak juga gak kalah dgn koki bintang 5 nich he he. Salam....Endang

  |  2016-04-20 21:12:08
Erlin from says:
Kbr baik jg mbak. Si dedek sdh kebal mbak. ;-)Kalau gk masak mau makan apa Sy nanti mbak. Hahaha... Ya. Mbak Endang sdh lama banget gk posting makanan lg. Kpn mau posting makanan lg mbak? ;-)
Bukan kebal tuch tapi terpaksa jadi kebal ha ha ha. Like mother like son ;-). Santai dulu Erlin biarkan saya menikmati kemalasan saya ha ha ha ;-). Kalao gak mood ntar masakan GATOT alias Gagal Total Sist ....ngeles nich ye ;-)

  |  2016-04-19 21:30:47
Erlin from Finland says:
Hello mbak Endang, apa kbr? Brsan Sy nyoba resep ayam panggang bumbu rujak nya enak & mantab banget. Terimakasih byk ya resepnya. Kemarin lusa hbs bikin soto sulung Madura jg enak banget. Sdh lama gk makan soto daging. Sayang gk ada babat. Cuma daging sapi sj yg ada lemak tetelan. 😀
Erliiiiin glad to hear from you !! ;-). Khabar baik semoga Erlin juga. Lho sudah sembuh dari baby blue nich jadi rajin masak lagi hi hi ;-). Kalau saya lagi kena penyakit males pool gak tahu dech udah berapa bulan gak posting resep baru ;-(. Belum tahu nich kapan sembuhnya ;-). Erlin jangan makan pedas-pedas ya kasihan ntar si Dedek. Take Care Sista ;-). Salam.....Endang

  |  2015-11-29 21:00:24
Reno from Belgia says:
Bu Endang,terimakasih resepnya. Enak tenan,saya modif dikit: Tanpa santan,kemiri agak byk, Asemnya sy pake lemon.
Wow Chef Reno kreatif juga nich. Tinggal di rantau emang kudu kreatif apalagi kalau kepepet tul nggak ? :-). Tapi bagus juga tuch tanpa santan buat yang lagi diet kolesterol. Thx for sharing Reno. Semoga berguna buat rekan-rekan yang lain. Salam dari tetangga... Endang

  |  2015-11-16 20:23:29
Elys bunda indra from Jombang jawatimur says:
Besok mau try nih reseppp... penasaran baca komennnya
Gimana hasilnya Bunda Indra?? Semoga puas seperti komentar-komentar sebelumnya ;-). Salam..Endang

  |  2015-10-18 14:12:34
titi from solo says:
oiyaa ini dia yg saya cari mba endang...hehehe tengkyuu mba endang :)
Selamat Mencoba Titi... ayo buruan ditanggung hmmm nasi sebakul habis dech ;-)

  |  2015-05-26 19:01:02
lynda from singapore says:
Aq lp pula mau bgi star for u
Star tak pentinglah ha ha ;-) Yang penting masakan sedap tuh. But thx untuk 5 starnya. Salam.....Endang

  |  2015-05-26 18:59:57
lynda from singapore says:
Wah yummy,,,,sy sdah try bnyakkkk sedaaaaap. Time itu tak ad serai so sy msak tak pkai serai,tp rasa memang sedaaaap gile,,tetap sedap
Congrats Lynda ;-) . I'm glad & proud for you too. This is also one of my family favourite. Kalau Lynda skip serai, saya skip bird's chili sebab suami dan anak tak bisa makan pedas. Tapi tetap lezaaaat ;-). Ayo silakan coba resep2 yang lain ;-)

  |  2015-04-15 18:51:35
rinta from surabaya says:
tar kalo bikin sambal goreng hati pake resep ini juga aja.. hhehehe.. makasih ya mbak resep2nya uda bnyak yg q print.. tinggal prakteknya nunggu nyali n bahan lengkap :-D
Terserah dech mau dipakai bumbu rujak atau sambal goreng yang penting suami suka ;-). Nyali sudah punya gitu tinggal eksekusi ha ha. Selamat Bereksperimen dengan resep2 baru. Semoga banyak yang nyangkut di lidah. Salam Hangat dari dapur ngebul ;-)....Endang

  |  2015-04-06 13:05:02
rinta from surabaya says:
kemarin wktu praktek, punya santan cuman 70ml.. jadi aku tambah air. sy suruh suami utk tebak, katanya ayamnya dibumbu sambal goreng.hehehe bahan kurang jadi beda masakan.. tapi rasanya TOP mbak!! makasih resepnya.. suka bgt!
Ha ha ha ..Rinta ada2 saja. Apalah arti sebuah nama yang penting rasanya enak. Koki hebat juga nich sekali coba langsung TOP. Ngomong2 kreatif juga tuch pakai santan encer. Orang Jawa Timur mempunyai versi Bumbu Rujak tanpa santan , jadi masakan Rinta masih berkisar Bumbu Rujak juga ;-). Terima Kasih juga sudah uji nyali. Ayo silahkan mencicipi resep yang lain. Salam....Endang

  |  2014-12-06 11:49:33
Bunda Sri from Palembang says:
Assalamu’alaikum. Mb Endang, hari ini aku cobain resep ayam panggang bumbu rujaknya. Alhamdulillah hasilnya uenakkkkk... Dah banyak resep yang aq coba dan hasilnya tidak mengecewakan. Semangat trus posting resep-resep baru ya mbak. Ditunggu resep garang asem iga + ayam kalasannya ;D
Wa'alaikum salam. Akhirnya Bunda Sri mampir dan bertegur sapa ke warung juga :-). Selamat Ayam Bumbu Rujaknya sukses, saya jg lumayan sering bikin tapi gak pedas :-). Untuk resep Ayam Kalasan dalam persiapan nich, tapi untuk resep yang berbahan iga kayaknya musti nunggu, di sini tulang iga sapi jaraaaaaaaaaaaaaaaang sekali ada cuman pas ada paket tawaran khusus itupun belum tentu 3 bulan sekali Bunda :-(. Bikin yang lain dulu ya kan banyak pilihan :-). Terima Kasih sudah mampir. Selamat Berakhir Pekan bersama Keluarga. Wassalam..Endang

  |  2014-04-02 23:37:19
vivi from Norway says:
Makasih mba.. resepnya ok punya deh. anakku suka banget ayam bumbu rujak ini. Alhamdulillah bahan masakan di sini tersedia semua. Kemiri dijual ditoko thailand namanya candlenut tapi ya mahal harganya. Poko'e TOP!
Hallo Vivi. Selamat udah uji nyali dan sukses, disukai si kecil lagi ;-) Koki TOP juga nich! Nggak nyangka meski hampir mendekati kutub kemiri masih terakses di Norway ;-). Ayo silahkan uji coba resep yang lain kan bumbu sudah lengkap tuch ;-) . Salam..Endang

  |  2014-02-14 08:07:34
hakilsa from garum blitar jatim says:
aku mau mencobaa pasti, ,,,,,,nyammiiii
Monggo Boss...Selamat Mencoba & Menikmati Ayam Bumbu Rujak. Masakan khas Jagja yg bikin ketagihan ha ha...

  |  2014-02-14 08:07:07
idawatul from malang - jawa timur says:
enakkk bgt..maknyuss
Setuju. Masakan khas Jogja ini emang mantap dech..

  |  2013-07-13 20:00:50
komarudin from lampung tengah says:
boss klw menu ini di komersilkan alias buka warung makan mantap kali ya, soal nya saya kepengen buangt punya usaha warung makan.
Boss yang jelas masakan ini emang ces pleng, sudah banyak yg nyoba dan nyangkut di lidah tuch. Ayo saya dukung penuh kalau mau buka usaha. Semoga sukses dan berhasil. Salam....Endang

  |  2013-07-06 10:39:54
ani mardiani from bengkulu says:
aku harus coba masakan ini,mudah-mudahan berhasil biar bisa di rekomendasikan buat rumh makan kami
Ayo silahkan dicoba Ani. Cocok untuk menu restauran. Dijamin enak dech gak akan nyesel. Tuch udah banyak yang nyoba dan hasilnya memuaskan. Semoga sukses percobaannya. Salam...Endang

  |  2013-04-13 23:30:06
eka fitria ayu wanda lestari from situbondo,jawa timur says:
horeeee :D akhirnya aku bisa membuat ayam panggang bumbu rujak..makasiihh yaaa REsepnya topp bangett daahh maknyuuuuuuss :D :D
Hallo Eka. Selamatttttt hasilnya memuaskan. Itu jg harapan terbesar saya. Non Eka pasti bertangan dingin nich :-) Ayo silahkan dicoba resep2 yg lain. Terima kasih juga sudah mampir. Salam...Endang

  |  2013-03-17 17:55:00
Miemie from Hongkong says:
Masih mw nyoba
Ayo Miemie..silakan dicoba secepatnya. Jangan pelit bumbu ya ;-) Ditanggung rasanya Mak Nyuss dech. Semoga sukses dengan eksperimennya. Salam....Endang

  |  2013-01-10 17:41:50
ayu iren from says:
nyami,......lezat,enak i love you
I love U too..maksudnya I love Ayam Bumbu Rujak too ;-)

  |  2012-09-27 17:56:00
ranibutheimut from gresik says:
halo juga mbak endang saya tau resep ayam panggang tanpa santan dari ibu saya yang punya catering dan waktu sma ada praktek bikin ayam panggang kata guruku enak tanpa santan jadi gk bkin nambah kolestrolsbnernya smua resep mkanan tu enk yang pnting jangan pelit bumbu dan olah makann sebaik mungkin serta dalam kajian makanan selalu sisipkan manfaatnya untuk tubuh sikonsumsi jangan asal enakxixixixixi:Dhemzzzz jadi pingin bikin ayam panggang ne....hehehehehe :D
Halo Rani, senang Rani mampir lagi ke warung kami. Memang betul, kunci masakan yg enak adalah jangan pelit bumbu! Anyway thx untuk tipp hidup sehat dgn pola makan yang tepat. Jangan sampai dech gara2 makanan Nikmat membawa Sengsara ;-) ...Salam Endang

  |  2012-09-15 10:03:34
ranibutheimut from gresik says:
memang mantap tapi tanpa santan dan air asam juga dah enak bgt tinggal diganti ama air biasa aja dan biarkan airnya mengering dan ayam matang tinggal panggang dech. emang masakan indonesia top markotop dech :-)
Hallo Rani. Wow terima kasih infonya. Saya malah nggak tahu kalau tanpa santan rasanya juga enak. Ide yang bagus bagi mereka yang harus membatasi konsumsi santan tapi ingin tetap makan enak ;-) Salam..Endang.

  |  2012-08-26 22:00:05
riya from jawa timur says:
trima ksihh....!!!siip bgt
makasih kembali Riya. Monggo dicoba resep tradisional yang lain. Salam.. Endang

  |  2012-08-20 22:57:01
galuh from kalimantan says:
.hemm,.enaak....mak nyusz dech pkok x...
Emang betul. Saya sendiri juga gak bosen2 sama menu satu ini :-)

  |  2012-07-27 18:25:56
aris muryati from london says:
udah coba,enak bgt!! tapi saya ga nemu kemiri di sini ,udah nyari2 di asian shop ga ada juga,tapi tetep ueenak!. tx
Hallo Aris. Selamat dech ..saya juga senang hasilnya memuaskan anda. Ntar kalau mudik bawa kemiri dari tanah air ;-) Soalnya banyak resep tradisional kita yang pakai kemiri. Gak pakai jg masih enak tapi pakai kemiri lebih mak nyusss....

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: