Resep Indonesia cooking from the heart

Ayam Kecap

Bahan:

  1. 500 gr filet dada ayam, potong tipis memanjang
  2. 5 sdm kecap manis
  3. 1 cm jahe, iris tipis, geprak
  4. 2 batang daun bawang, iris menyerong 1 cm
  5. 1-2 buah tomat merah, potong2
  6. 1/2 sdt merica bubuk
  7. 100 ml air
  8. garam sesuai selera
  9. mentega atau minyak goreng secukupnya untuk menggoreng dan menumis

Bumbu Iris atau Cincang

  1. 2 buah cabe merah, iris kasar (buang biji jika tak suka pedas)
  2. 1 buah bawang bombay, iris melintang kasar
  3. 2 siung bawang putih, geprak, cincang halus
BahanAyamKecap
MentegaUntukMenggoreng
MenggorengFiletAyamKecap
FiletAyamDitiriskan
BumbuIrisAyamKecap
MenumisBawangDanJahe
MenumisBumbuAyamKecap
AyamUntukMasakKecap
KecapUntukAyamKecap
MericaUntukAyamKecap
TomatDaunBawang
MasakAyamKecap
Ayam Kecap

Ayam Kecap

Rated 5/5 based on 1 reviews

Indonesian main dish Ayam Kecap, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa Barat

Catatan..

Ingin menikmati sajian ayam ala resto yang enak dan praktis?? Cobalah sajian Ayam Kecap dari Jawa Barat ini. Bikinnya gampang, goreng ayam sebentar, bumbu tinggal diris-iris, jadilah santapan yang sedap untuk menemani nasi hangat anda. Cocok untuk anda yang tak punya banyak waktu.

Tips: Bagi yang suka pedas, silahkan tambahkan cabe atau taburi cabe bubuk kering. Rasanya yang manis, gurih dan pedas....hmm bisa2 bikin anda ketagihan.

Sekilas sajian ini mirip tumis dan kunci kenikmatan tumis terletak pada keberanian bumbu alias jangan terlalu pelit;-). Pastikan bumbu ditumis sampai benar2 matang sebelum ayam dimasukan supaya masakan terasa sedap dan tidak hambar/cemplang.

Cara Membuat:

  1. Panaskan 3 sdm mentega atau minyak goreng dengan suhu sedang, goreng filet ayam setengah matang saja/tidak terlalu kering. Tiriskan.
  2. Siapkan bumbu iris dan cincang. Sisihkan.
  3. Panaskan kembali 2 sdm mentega atau minyak goreng, tumis jahe dan bawang putih terlebih dulu hingga harum.
  4. Masukkan bawang bombay dan cabe, tumis sambil diaduk-aduk hingga bumbu layu dan matang. (Tambahkan sedikit garam segera jika bau pedas menyengat supaya anda tidak tersedak).
  5. Masukkan filet ayam goreng. Tambahkan kecap manis, air dan merica bubuk.
  6. Tambahkan garam sesuai selera, cicipi hingga rasanya pas. Masak dengan api sedang hingga kuah mengental.
  7. Terakhir tambahkan tomat dan irisan daun bawang. Masak sebentar hingga sayuran layu. Angkat segera dari api.
  8. Sajikan panas sebagai laup pendamping nasi.




Reviews & Comments

  |  2020-06-19 19:46:06
Gabriela from says:
Ich werde es demnächst zubereiten, das Gericht wird bestimmt sehr lecker. Ich wünsche Dir ein schönes Wochenende :)
Du kannst auch etwas Gemüse noch dazufügen Gabriela, z B: Paprika oder Zuckererbsen. Dir auch ein schönes Wochenende ;-). LG aus Bayern...Endang

  |  2020-06-19 11:58:14
Gabriela from says:
Das hilft mir jetzt schon sehr viel weiter. Nochmals vielen Dank für Deine schnelle Antwort
Ha ha ..ich sitze gerade vor meinem Computer. Einen schönen Tag noch :-)

  |  2020-06-19 11:48:10
Gabriela from Deutschland says:
Hallo Endang Lestari - vielen Dank für Deine tollen indonesischen Rezepte. Ich habe schon einiges nachgekocht. Leider übersetzt Du mangels Interesse nicht mehr in die deutsche Sprache. Vielleicht könntest Du für dieses Ayam-Kecap-Rezept eine Ausnahme machen und auch auf Deutsch einstellen. Das wäre sehr nett von Dir. Viele Grüsse und schon mal ein Dankeschön.
Hallo Gabriela, hier eine kurze Übersetzung für dich :-). Zutaten : 500 Hähnchenbrustfilet ( Hähnchengeschnetzeltes geht's auch), 5 EL Kecap Manis, 1 cm Ingwer geschält, in dünne Scheiben schneiden, 2 Frühlingszwiebeln schräg schneiden, 1-2 mittlere große Tomaten vierteln, 100 ml Wasser, Pfeffer und Salz. Gewürze (siehe 5. Bild) : 2 große Chilis/Pepperonis in kleine Ringe schneiden, 2 Knoblauch geschält, zerdrückt und feingehackt, 1 Zwiebel in Scheiben schneiden.

  |  2020-06-19 11:46:16
Endang from Jerman says:
Zubereitung Ayam Kecap: Butter/Margarin in einer Bratpfanne erhitzen und Hähnchenbrustfilet bei mittlerer Hitze leicht-braun anbraten. (bitte nicht zu lang anbraten sonst das Hänchen wird zu hart und trocken). Beistellen. 2 EL Butter in der Bratpfanne erhitzen, Knoblauch und Ingwer unter Rühren dünsten bis die Mischung duftet. Zwiebel, chili dazugeben und unterrühren bis Zwiebeln glasig dünsten. Gebratene Hähnchenfilet zugeben und unterrühren.
Kecap Manis und Wasser geben. Mit Salz und Pfeffer abschmecken. Bei mittlere Hitze ungefähr 3-5 Minuten köcheln lassen. Frühlingszwiebel zufügen und kurz umrühren. Vom Herd nehmen. Fertig. Viel Spaß beim nachkochen und Guten Appetit :-)

  |  2020-05-12 18:50:34
Aciana from Surabaya says:
Yummy banget:D gapakai rawit kok..karena kemaren maagku kumat gara2 sahur mie instan pedas sm buka puasa pake nasi padang LOL harus kena batunya dlu nih sperti biasa baru berhenti bentar dr spicy :p aku udh bkin AyGor bumbu kuning jg tp blm digoreng td tak masukin kulkas :D
Ha ha ha ...paling kapok lombok :-P. Dasar!! Ya jelas kumat wong dobel full chili menus gitu, puasa lagi kadar asam lambung lebih tinggi. Take a lesson, will you?! Sana..buka puasa pakai AyGor saja :-)

  |  2020-04-03 17:10:55
from says:
Min resepnya kurang lengkap.. di bahan tidak ada bawang bombay, tapi di foto dan cara memasak ada bawang bombai.. mohon bisa di edit biar makin sipp.. terimakasih
Lah kan sudah saya cantumkan itu di bahan bumbu iris atau cincang Bos. Coba dilihat lagi dan dibaca pelan-pelan ;-). Sudah kebelet mau masak apa sudah lapar nich penglihatan jadi kabur he he. Anyway terima kasih sudah mampir dan nulis komen. Selamat Mencoba semoga rasanya cocok. Salam...Endang

  |  2019-11-10 12:03:34
fransisca anetzeder from Germany says:
udah bbrp kali cobain resep ini dan sukses...suamiku juga suka, tp dia lbh suka ada kuah nya,jd resepnya agak dimodif dikit. Anyway,makasii resepnya yaa mba... Sangat membantu buat kita kita yg merantau,kangen masakan ind dan ga bs masak...:)
Lho.. sudah beberapa kali bikin dengan modifikasi dan sukses berarti Sisca pinter masak dong ;-). Cuman jarang dipakai aja itu ilmunya. Memang tinggal jauh di rantau bikin lebih cinta sama masakan kampung halaman. Terus terang saya kl gak ketemu nasi lebih dari 3 hari bisa lemas tak berdaya ha ha ;-). Terima Kasih juga Sisca sudah mampir, ayo silahkan cicip2 banyak lho resep sedap menunggu ;-). Salam....Endang

  |  2014-11-07 15:33:51
hugo ramadan from Banyuwangi jawa timur says:
aq suka halman ini karena sgt bermanfaat...
Itu juga harapan terbesar saya Hugo, semoga webpage ini bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mengenal masakan tradisional Indonesia dan asal-usulnya. Tugas kita melestarikan warisan leluhur supaya tak punah tergerus peradaban modern. Terima Kasih untuk apresiasinya. Salam Kuliner.....Endang

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: