Resep Indonesia cooking from the heart

Ayam Goreng Mentega

Bahan:

  1. 8 potong sayap ayam, potong ujungnya atau 500 gr ayam, potong kecil2
  2. 1 bh bawang bombay iris melintang
  3. 2 bh bawang putih, geprak, cincang halus
  4. 2 batang daun bawang, iris
  5. 2 ruas jari jahe, kupas, cincang halus
  6. 1 bh jeruk nipis, belah dua
  7. 3 sdm kecap manis
  8. 1 sdm kecap asin
  9. 2 sdm kecap inggris atau saus tiram
  10. 2 sdm mentega
  11. Lada secukupnya
  12. Minyak untuk menggoreng ayam
Bahan Ayam Goreng Mentega
Mentega Dicairkan
Tumis Bumbu Ayam Goreng Mentega
Ayam Goreng Mentega
Ayam Goreng Mentega Komplit
Ayam Goreng Mentega Jeruk Nipis
Ayam Goreng Mentega

Ayam Goreng Mentega

Rated 4.8/5 based on 20 reviews

Indonesian main dish Ayam Goreng Mentega, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal : Indonesia

Tips!!

Jika memungkinkan pakailah ayam kampung. Meski ukurannya kecil rasanya lebih gurih. Tapi kalau susah didapat seperti di tempat tinggal saya sekarang ya silakan pakai ayam yang ada. Sayap ayam ras biasanya lebih gemuk, jadi sebaiknya ayam digoreng lebih lama supaya dalamnya benar2 matang. Ciri khas ayam goreng mentega adalah pemakaian 3 saus : kecap asin, kecap manis dan kecap inggris.

Bagi anda yang susah mendapatkan kecap inggris ( Catatan : Bagi yang tinggal di Indonesia khususnya di daerah pedesaan seperti kampung halaman saya he he, kecap inggris termasuk barang langka dan susah didapat.) Solusinya silakan ganti dengan saus tiram. Dijamin rasanya juga tetap enak dan lebih pas untuk cita rasa lidah Indonesia.

Cara Membuat:

  1. Cuci ayam, lumuri dengan garam, lada dan air jeruk nipis. Simpan dalam kulkas selama 15 menit.
  2. Goreng ayam dalam minyak panas sampai matang. Sisihkan.
  3. Panaskan mentega, tumis bawang putih dan jahe sampai berbau harum.
  4. Berturut-turut masukan kecap manis, kecap asin, kecap inggris dan lada. Aduk rata.
  5. Masukan sayap ayam goreng sambil diaduk-aduk biarkan bumbu meresap.
  6. Masukan bawang bombay, masak sampai layu.
  7. Kemudian masukan irisan daun bawang
  8. Beri perasan sisa jeruk nipis. Aduk rata.
  9. Sajikan dengan nasi selagi masih panas.



Reviews & Comments

  |  2020-06-24 17:57:36
Fen from Jkt says:
Cuma mau nambain spendek yg saya tau. Saos tiram tdk bisa jd pengganti kcap inggris. Mending ganti saos tomat. Krn kecap inggris itu asem.saos tiram itu asin gurih. Dengan adanya jeruk nipis pun bisa juga jd pengganti atau cuka.
Hallo Fen terima kasih masukannya :-). Setahu saya Kecap Inggris (tepatnya worcestershire sauce ) yang asli itu rasanya sedikit asam, asin sekaligus manis, bukan asam saja. Keduanya punya rasa berbau ikan karena satunya dibuat dari tiram dan Worcester dibuat dari Anchovy/ikan teri. Makanya kalau worcester sauce absen penggantinya saus tiram + larutan asam ( misal jeruk nipis ) dalam resep ayam goreng mentega yang pakai saus tiram. Kalau saus tomat memang rasanya asam tapi tidak ada fishy taste (umami note istilah dalam ilmu kuliner). Saus tomat lebih tepat kalau dipakai untuk bumbu asam manis. Sekedar sharing pengetahuan tentang bahan-bahan pengganti dalam ilmu kuliner yang saya pelajari. Tapi ya terserah Fen dan pembaca silahkan pakai sesuai selera. Salam...Endang

  |  2020-06-08 08:57:51
Andini from Cikarang says:
Good
Glad to hear Andini ;-)

  |  2020-06-02 18:01:49
Ayudia farida from Serang says:
Baru banget bikin rasanya mantul ...makasih ya sist
Yang barusan bikin sentuhan tangannya juga hebat :-). Sekali coba langsung mantulll. Terima Kasih juga untuk kunjungan dan uji coba resepnya Ayudia :-) . Salam...endang

  |  2020-05-27 17:37:11
istantia from semarang says:
barusan bikin dan enak banget hehehe
Selamat Istantia :-). Ini resep memang simpel tapi dahsyat rasanya :-). Terima Kasih sudah berkunjung dan uji coba resep. Ayo silahkan lihat-lihat masih banyak resep simpel dan lezat menunggu. Cobain tuch Mie Ayam siapa tahu tertarik untuk mencoba. Bumbu dan sausnya hampir sama :-). Salam..endang

  |  2020-05-26 17:43:27
Nathalia from Pondok Gede, Bekasi says:
Mbak Endaang... Tengkyu resepnya. Dr dulu bikin ayam goreng mentega selalu ada rasa (something missing ;-). Baca resep mba ku rasa nya langsung improve, nemu rasa restorannya :-) Sekali lagi tengkyu mba quu
Hallo Natalia...jumpa lagi. Kemana aja lama gak absen ha ha :-). Selamat sudah menemukan Ayam Goreng Mentega a la resto. Sudah bisa jualan nich ha ha :-). O ya bikin Ayam Goreng Mentega itu pastikan minimal ke dua saus (kecap dan saus tiram) yang kualitas bagus, ditanggung rasanya pasti enak ;-). Terima Kasih sudah berkunjung dan setor laporan dari lapangan lagi :-). Keep Cooking & Take Care :-). Salam...endang

  |  2020-05-03 14:39:56
Citra from Cikarang says:
Barusan banget nyoba resepnya... mantuuul kayak beli masakan di resto, saya tambahin paprika biar warna warni ;-)
Hallo Citra :-). Selamat oi yang barusan menyantap hidangan sendiri a la resto. Ditambahin paprika pasti lebih sip penampilannya. Terima Kasih sudah uji coba resep sekaligus masukannya. Semoga bermanfaat untuk pembaca yang lain. Salam...Endang

  |  2020-05-01 18:09:27
Aciana from Surabaya says:
Finally, breaking fast is coming :D salah satu menu primadona di web ini :) seperti biasa aku kasih irisan rawit, wagelaseh.. i'm addicted; )
Ha ha ha menu primadona :-D. Karena simpel, gampang tapi rasanya dahsyat Aci. Jadi Ayam Goreng Mentega Pedas dong. Your creativity really amuse me :-).

  |  2020-04-26 11:03:27
Sinta from says:
Resepnya saya save di desktop HP, karena menu ini andalan banget. Tinggal ganti sup2 aja proteinnya. Great job :-)
Hallo Sinta ;-). Ha ha..saya terhibur sekaligus terharu baca komen Sinta. Sampai disave di desktop wwkkkk . Memang resep ini simpel tapi rasanya Top banget. Kok sama ya saya sudah recook resep ini entah tak terhitung kali tapi anak saya gak pernah bosan makannya. Terima Kasih untuk kunjungan dan masukannya, ganti isi sekaligus protein. Ide briliant! . Salam...endang

  |  2020-01-12 16:27:02
Lestari from Surabaya says:
Ya ampun resep nya enakk banget anak2 saya makan 1 hari sampai 6 kali pdhal saya masak cuma 1 kg enak katanya
Hallo Lestari ha ha ha. Selamat Ayam Goreng Menteganya sukses ludes. Baca komentar Tari bikin saya ngakak sekaligus terharu. Makan sampai 6 kali wa ka kak :-). Lestari harus bangga, sekali coba langsung Top Markotop rasanya. Anak2 itu jujur kalau enak ya gak bisa berhenti makan tapi kebalikan kalau gak enak nyentuhpun malas. Apalagi dipaksa-paksa bakal kabur:-). Terima Kasih sudah mampir dan uji resep. Silahkan lihat resep2 yang lain siapa tahu ada yang disukai anak-anak. Salam....Endang

  |  2019-12-30 12:33:45
Dwi M from says:
Patut dicoba nih
Ayo sana buruan Dwi ;-)

  |  2019-08-12 09:35:00
sigit from indonesia jateng says:
mak nyos....
betuuulll

  |  2019-07-13 23:47:30
Sisca from Deggendorf, Bavaria says:
Wuaaaahhhh mantep tenan ayam goreng mentega nya, mbak... Julia sama bapaknya makannya nambah 2 x hehehe.. makasih byk buat resepnya yooooo.... gampang pulak masaknya;)
Woiii....selamat Sist. Ayam Goreng mentega sukses menginvasi lidah bayrisch ha ha ha :-D. Kokine hebat..Salam 5 jempol juga untuk dirimu. W

  |  2019-03-18 15:25:42
Lil from Perth Australia says:
It looks yummy. Will give a try. thanks for recipe
Indeed yaummy ;-) Feel free to try and let me know the result ;-) ...regards..Endang

  |  2019-02-10 20:46:11
dreamy from Surabaya says:
yums!
agree ;-)

  |  2018-03-12 18:47:50
mbak ayu Retno Ukita from Taiping Perak Malaysia says:
assalamualaikumm......wah resepnya bikin terliur suami bilang mesti dicoba ni ....kalau anak pulang bercuti masak kan lauk ini pasti terbalik kualinya minta tambah masak lagi ....hahahahahaaa maturnuwun jeng resepnya ........
Wa|alaikum Salam. Mbak Ayu. Maaf telat balas. Komputer saya 2 minggu rusak gak bisa online. Waduh jangan sampai kuali terbalik rusak gak bisa masak lagi nanti ha ha... Selamat suami Mbak Ayu juga terkesan dengan Ayam Goreng Mentega. Terima Kasih sudah manpir. Salam...Endang

  |  2018-01-26 13:47:55
Yaniii from Jakarta says:
Resepnya top deh mbaa.. Barusan bgt nyobain rasanyaa maknyuuss..
Betul. Simpel tapi lezat ya Yanii. Bisa mambah nasi terus ;-)

  |  2016-07-13 21:26:15
Nur Bunda D'Niz from jakarta says:
Assalamu'alaikum Mba Endang, Resep2 masakan mba bnr2 membantu Urusan dapur sy, Ga perlu bingung2 lg hri ini mau msk apa bsk apa. Sy mau tanya nih. Mba Mentega nya yg dipakai Salted atw unsalted ya mba, klau boleh tau mba pakaii Merk apa ya?
Wa'alaikum salam Bunda D'Niz ;-). Alhamdulillah kalau postingan resep di website ini bisa membantu untuk menyusun menu harian. Itulah harapan saya mengajak Ibu2 muda kembali ke dapur tradisional ;-). Menjawab pertanyaan di atas, pakai mentega tawar Bunda karena kecap asin dan saus tiram rasanya cukup asin, kl pakai salted butter bisa2 nanti keasinan. Merk terserah..terus terang yang saya pakai di atas itu malah sejenis margarin. Kalau di Indonesia semacam merk Blue Band gitu lah ;-). Jangan ragu kalau mau pakai Margarin rasanya jg enak. Selamat Mencoba semoga hasilnya Mak Nyuss ;-). Salam...Endang

  |  2016-04-25 23:12:43
Rani from Jakarta says:
Kalau pakai ayam kampung gimana Mba... supaya empuk, apakah perlu dipresto dulu ya?
Waduh Rani ngapain dipresto? Ya digoreng biasa aja pakai api panas sedang sampai matang kan jg empuk. Kalau nggak pakai sayap misalnya bagian ayam yang lain ya potong kecil-kecil biar matang merata. Kalau direbus atau dipresto dulu nanti rasanya kurang sedap diserap kaldu. Ayam kampung goreng justru rasanya lebih nikmat. Ayo silahkan dicoba. Salam....Endang

  |  2016-04-05 20:57:32
Aminah from Jakarta says:
Seneng banget nemu web ini.. resep2nya pas! Rasanya enak pula. Trm ksh Mbak utk ilmu masaknya
Waduh salut angkat jempol 4 nich buat Aminah. Baru ketemu langsung ngebut ha ha. Pelan-pelan ntar kepanasan kelamaan di kompor ha ha. Terima Kasih juga sudah mampir dan uji nyali. Ayo silahkan coba resep-resep yang lain. Cobain tuch Mie Ayam simpel dan lezat juga. Salam...Endang

  |  2016-01-03 12:31:22
Nun bunda de'niz from jakarta says:
Assalamu'alaikum bunda, Maaf bun klau boleh tau 3 Saus yg bunda pakai merk apa ya, Biar Rasany sm gtu dg yg bunda buat
Wa'alaikum Salam Bunda De'niz. Biasanya saya pakai kecap manis Bango atau ABC. Untuk saus tiram saya seringnya beli merk Lee Kum Kee itu menurut saya yg konsentrasinyxa kental dan enak. Kalau untuk kecap asinya pakai apa saja yang bisa saya beli di sini yang penting asin. Semoga info saya membantu. Salam...Endang

  |  2015-10-10 21:11:39
yuni from jakarta says:
Mba,kira" ukuran takaran garam dan merica untuk rendaman ayamnya berapa banyak ya mba??
Hallo Yuni. Kalau untuk takaran di atas biasanya saya pakai sekitar 1/2 sdt garam dan 1/2 sdt merica bubuk. Jangan terlalu banyak garam soalnya sausnya pakai kecap asin juga nanti bisa keasinan. Semoga membantu. Salam...Emdang

  |  2015-09-08 22:15:07
kenueomi from banyuwangi says:
Mbak ini agar bumbunya meresap di ayamnya kira2 di masak brp lama?
Hallo Kenue. Masaknya tidak terlalu lama sudah meresap kok. Kalau kelamaan ntar malah sausnya jadi gosong karena mengandung kecap manis. Sorry jawabannya telat soalnya saya lagi liburan waktu komen Kenue masuk. Semoga jawaban saya membantu lain kali kalau mau masak lagi. Salam...Endang

  |  2015-01-20 17:32:46
marischa saputri from bekasi says:
Wajib dicoba kayak ga ribet simple bgt..doakan berhasil ya..hehehee
Gimana hasilnya Marischa? Semoga Ayam Goreng Menteganya Mak Nyuss . Selamat Mencoba semoga sukses. Salam...Endang

  |  2014-12-02 07:40:58
from says:
Q coba resep ayam goreng mentega yah tapi asin pdhl wkt msk yah gak pake garam tp pake garam yah waktu di simpn di kulkas trs warna yah jg gk menarik apa karena kurang kecap manis yah ? Mksh mba
Bisa juga karena bumbu perendam awalnya kebanyakan garam. Untuk kecap manis cari yang asli dan berkualitas baik Non. Apalagi kalau bermukim di Luar Negeri banyak kecap manis aspal, teksturnya encer dan rasanya asin minta ampun. Kalau ketanggor kecap ginian masakan memang bisa ancur2an. Silahkan dicoba lagi ya. Salam...Endang

  |  2014-10-13 07:19:13
yulie from banjarmasin says:
aku pengen coba pas selamatan,kalau utk porsi ayam 5 ekor kira2 bahannya berapa mba?
Hallo Yulie. Resep ini untuk 500 gr ayam atau kurang lebih 1/2 ekor ayam. Jadi kalau untuk 1 ekor ayam bahan lainnya dibikin 2 kali. Kalau untuk 5 ekor jadi 10 kali begitu seterusnya. Ayam bisa digoreng semua bareng tapi untuk memasaknya mungkin lebih baik dibikin bertahap supaya lebih mudah mengatur dan mengontrol rasa bumbunya. Semoga membantu. Salam....Endang

  |  2014-09-29 08:04:53
kusuma ratna from jakarta says:
Resep ayam goreng mentega nya mantaaaabz n maknyoooosss banget mba ,anak saya yg tadi nya ga suka makan daging ayam skrg jd lahap kalo saya masakin ayam grg mentega mba, Terimaksih banyak ya mba resep nya 10jempol buat resep nya mba ;)
Hallo Ratna....!!!! Woi selamat ya punya resep andalan baru kesukaan Si Kecil. Saya ikut senang dan bangga nich. 10 jempol juga buat yang barusan sukses bikin Ayam Goreng Mentega Mak Nyossss. Ayo silahkan eksplorasi resep yang lain, siapa tahu disukai si kecil. Thx juga sudah nyasar ke mari ;-). Salam...Endang

  |  2014-03-25 07:33:07
ubach from gresik jawa timur says:
Wow resepnya ringan tapi rasanya berat...mbak ayo tambah lagi resep2nya. jadi semangat coba coba yang lain. Ada gambarnya lagi. Knp ga dari dulu saya tau weblestari
Wow akhirnya berani uji nyali juga ha ha. Selamat hasilnya memuaskan. Terima kasih juga motivasinya untuk mengembangkan web ini lebih lanjut. Gak papa terlambat ketemu Ubach drpd tidak sama sekali ;-). Semoga Non makin rajin turun dapur. Selamat bereskperimen. Salam..Endang

  |  2014-02-21 14:13:25
erlin from Finland says:
Wah resep ayam grg menteganya mantap & enak kata suami sy. Terasa lemonnya. Dia suka banget mbak. Terimakasih banyak ya resepnya.
Sama Erlin. Suami dan anak saya juga paling suka sajian ini sampai belepotan menggerogoti tulang ayam pun tak masalah ;-). Bikinnya gampang rasanya lezaat.. Happy week days... Endang

  |  2013-10-06 22:46:53
Juliana from Deutschland says:
Ayamnya gurih mbak Endang :-)
He he he. Jadi rajin ke dapur nich. Lanjutin Non biar tambah disayang sama hubby ;-)

  |  2013-09-13 20:36:20
Fiteri from Gading serpong says:
Fiteri mbak endang :) bener2 makasi ya mbak, tadinya sempet stress krna ga bisa masak sedangkan mau masak buat suami. Beruntung bgt ktmu lestariweb... Huhu
Dear Jeng Fiteri..Sy juga bener2 seneng resep2 di warung ini bermanfaat. Ayo silahkan bagi ilmunya ke teman-teman. Berbagi itu indah lho, bikin bahagia diri sendiri dan sesama, tul nggak?? Love U too ;-) Endang

  |  2013-09-12 17:59:14
Fiteri from Gading serpong says:
Mbak, resep mu koq enak2 ya... Ga ada yg gagal, ak jd seneng masak.. Makasi ya mbak, ngebantu bgt buat saya yg baru belajar masak bgni... Love u mbak
Hallo Fiteri ato Fitri nich??! Wooi..Terima kasih untuk apresiasinya, nambah motivasi untuk mengembangkan situs ini lebih lanjut. Selamat juga buat Non, resep percobaannya gak pernah gagal, bakat koki juga nich ;-) Lanjutkan !! ;-) Salam..Endang

  |  2013-09-07 18:34:48
Agam from Boise, Idaho USA says:
dari hasil googling ayam goreng mentega versi Kumpulan Resep Asli Indonesia paling simple. Langsung saya praktekan untuk hidangan makan siang. Rasanya WOW! begitu teman saya bilang.
Woi Agam..sy ikut senang hasilnya memuaskan. Koki handal jg nich cuman bekal googling langsung praktek, dapat aplause dr teman lagi!! Resep yg sedap tak harus yg sulit2, tul nggak? Yg penting masaknya dr hati ;-) Salam..Endang

  |  2013-08-14 12:40:30
azzahra from bandung, majalaya says:
Buu...masakin aku ayam mentega:-)
Masak sendiri dong Zahra. Kan udah ada resepnya ;-)

  |  2013-05-04 16:00:48
julien from surabaya says:
perlu dicoba kayaknya enak nich
Ayo silahkan dicoba Julien. Bikinnya gampang tapi rasanya hmm ditanggung puas dech ;-) . Salam..Endang

  |  2012-11-30 20:15:07
arik.setyowati from cinere says:
Kalo suka pedes ditambah cabe ,aneh kah sist????
Hallo Arik. Nggak aneh ah..dalam memasak tentu saja kita bebas berimprovisasi. Saran saya kalau tersedia di Jkt cari sediaan cabe bubuk kering trus tinggal ditaburin. Praktis, pedas dan ditanggung Mak Nyus dech. Semoga membantu. Salam..Endang

  |  2012-11-08 17:33:33
Rizwan from Bandung says:
kya nyak enak nichh,,,hrus d coba.
Hallo Rizwan..emang enak. Makanya cepetan dicoba he he..

  |  2012-11-03 21:26:06
Dewi from Kendal says:
Saya ingn tau rsep yng laen
Hallo Dewi. Monggo kalo penasaran cari resep. Siapa tahu ada yg cocok tinggal praktekin he he..

  |  2012-10-19 09:36:14
ria from ragunan says:
kalo msk ayam kampung mang plng enak tp mahal booo!!!!!!! yang satu ini ayam grng mentega aku palng hobi
Setuju. Ini salah satu kesukaan keluarga kami juga. Bikinnya gampang , rasanya Mak Nyuss !!

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: