Resep Indonesia cooking from the heart

Ayam Goreng Lengkuas

Bahan:

  1. 1 kg ayam
  2. 3 lembar daun salam
  3. 2 batang serai, potong jadi 2, memarkan
  4. 1 sdt asam jawa, larutkan dengan 3 sdm air
  5. 50 gr lengkuas muda, parut
  6. 250 ml air dingin
  7. Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus/Marinade:

  1. 8 buah/80 gr bawang merah, cincang kasar
  2. 4 siung bawang putih, cincang kasar
  3. 5 butir kemiri, cincang kasar
  4. 2 cm kunyit atau 1 sdt kunyit bubuk
  5. 1 sdm/10 gr gula merah
  6. 1.5 sdt garam atau sesuai selera
Bahan Ayam Goreng Lengkuas
Ayam dan Asam
Memarut Lengkuas
Bumbu Ayam Goreng Lengkuas
Parutan Lengkuas
Racikan Ayam Goreng Lengkuas
Air Untuk Ayam Lengkuas
Masak Ayam Goreng Lengkuas
Masak Ayam Goreng Lengkuas
Menggoreng Ayam Goreng Lengkuas
Masak Ayam Goreng Lengkuas
Masak Ayam Goreng Lengkuas
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Rated 4.9/5 based on 15 reviews

Indonesian main dish Ayam Goreng Lengkuas, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Bandung

Catatan..

Salah satu Ikon kuliner Indonesia dari kota Bandung: Ayam Goreng Lengkuas. Sekilas mirip Ayam Goreng ditaburi serundeng dan serundeng ini berasal dari lengkuas yang diparut. Kalau belum pernah makan, mungkin anda punya persepsi, lengkuas goreng bagaimana rasanya ya??!! ;-) he he

Jangan keburu skeptis, karena justru di situlah letak kelezatannya. Lengkuas parut yang berbaur dengan bumbu halus, setelah digoreng menghasilkan remah-remah dengan cita rasa istimewa. Crispy, gurih dan lezaaat!! Seperti semua hidangan ayam goreng, menu ini menjadi favorit keluarga saya. Begitu dihidangkan langsung ludes tak tersisa termasuk remahnya sekalian!!

Tipp: Butuh kesabaran dalam menggoreng ayam bumbu lengkuas. Saran saya goreng bagian ayam terlebih dahulu sampai habis, baru goreng endapan bumbu secara terpisah dengan api sedang sambil terus diaduk hingga kering lalu saring dan tiriskan.

Cara Membuat:

  1. Potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera. Cuci bersih, tiriskan dan taruh dalam wajan yang agak besar.
  2. Larutkan asam jawa dalam air, tambahkan ke dalam ayam. Sisihkan.
  3. Parut lengkuas. Sisihkan. (Jangan diblender karena blender tak akan menghasilkan tekstur memanjang seperti hasil parutan).
  4. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender.
  5. Jika anda menggunakan blender, ambil sebagian air yang tertera dalam resep ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  6. Pindahkan bumbu halus ke dalam wajan, tambahkan parutan lengkuas. Aduk hingga rata.
  7. Tambahkan air (atau sisa air dari 250 ml), daun salam dan serai.
  8. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk dan dibolak-balik supaya tidak gosong.
  9. Kecilkan api, masak sampai ayam hampir matang dan larutan bumbu menyusut sehingga tersisa gumpalan bumbu yang menyelimuti ayam.
  10. Cicipi rasa bumbu, jika perlu tambahkan garam sesuai selera. (lebih baik sedikit asin daripada hambar setelah digoreng)
  11. Angkat dari api. Buang daun salam dan serai.
  12. Panaskan minyak, goreng ayam dalam minyak yang banyak dan panas antara sedang-tinggi hingga kedua sisinya kering. Tiriskan.
  13. (Jangan menggoreng dengan api yang terlalu panas karena bumbu mengandung gula yang menyebabkan cepat gosong).
  14. Anda juga bisa menggoreng dengan Fritteuse (alat goreng deep-fry) dengan suhu 190°C selama 4 - 5 menit.
  15. (Ambil jika remah2 bumbu sudah matang lebih dulu dan mengambang di permukaan minyak dengan serok supaya ayam tidak kotor oleh remah gosong).
  16. Terakhir masukkan endapan bumbu yang tersisa, goreng sambil terus diaduk hingga kering dan berwarna kuning kecoklatan.
  17. Saring dengan saringan santan dari aluminium (jangan memakai saringan dari plastik, bisa rusak oleh minyak panas!!), tekan2 jika perlu supaya semua minyak keluar.
  18. (Dengan cara ini anda akan mendapatkan remah yang bebas minyak serta minyak bekas mengggoreng yang bersih kembali dari remah2 bumbu).
  19. Sajikan panas dengan sayur asem Jakarta, sambal dan lalapan segar.

Catatan Tambahan:

  1. Ayam Goreng bisa anda buat dalam jumlah banyak dan direbus sehari sebelumnya, simpan dalam kulkas bersama bumbu marinade dan goreng sesaat sebelum dihidangkan.



Reviews & Comments

  |  2020-09-13 00:28:19
Dewi from Balikpapan says:
Thanks ya mba atas resepny,enak sekali hasiny,sukses all best mbany
Hallo Dewi :-). Selamat ya Ayam Goreng Lengkuasnya sukses. Koki teruji nich Dewi, sekali coba resep yang agak njlimet dan hasilnya mantap. Terima Kasih sudah mampir dan uji coba. Ayo teruskan bakat kokinya. All the best for you too :-). Salam...Endang

  |  2020-08-02 21:07:00
Vania from bandung says:
udah nyoba, rasanya enaak banget! (langsung bookmark website ini). Ga kalah sama restoran2 sunda di bandung :) cuma saya gagal di bagian menggoreng endapan bumbunya, hasilnya tidak crispy tpi malah lengket2 gitu. kira2 ada masukan salah dimana ga ya? Makasih sebelumnya
Hallo Vania. Turut berduka cita hasil kremesan lengkuasnya kurang crispy. Coba lain kali sebelum digoreng sisa endapan itu disaring dulu supaya kelebihan air keluar semua. Jadi tinggal tersisa ampas bumbu taburan lengkuas saja. Setelah itu baru digoreng. Sebaiknya pakai lengkuas muda dan diparut searah serat jangan melawan serat supaya tektur lengkuas tidak hancur dan kalau digoreng tidak memnggumpal dan bisa memisah mirip parutan kelapa. Kalau masih belum berhasil, coba kurangi jumlah gula supaya tidak terlalu lengket. Itu saja yang bisa saya sarankan. Semoga Membantu dan tidak patah semangat untuk mencoba lagi. Salam...endang

  |  2020-07-26 18:58:14
Noor from Kalimantan tengah says:
Udah nyoba dan gagal karena dikasih gula jadi Lengkuasnys ga bisa garing.i will not try this recipe anymore.
Sorry for your failing .-(. I've cooked many times and so far worked out fine. How much sugar did you add which caused the galangale crumbs failed to be crunchy? Anyway, nobody force you to try it again but I assure you "gagal" to cook a new recipe occurs on and off to everybody, even if you're a profesional chef. You have to fail to succeed. Sorry for the inconvenience caused. Regards...Endang

  |  2020-07-23 18:07:53
YORI SETIA RAHARJO from solo says:
kak itu lengkuasnyaa di goreng sendiri diatas api yg pnas llu goreng kecokltan gt ya..apa dimasukkn lengkuas bersaaman pas sama ayam yg udah dikasi bumbu sampai air nya abiss
Hallo Yori. Silahkan ikuti step-step dalam cara pembuatan. Gambar 4, bumbu halus ditambahkan ke ayam, habis itu lengkuas parut dicampurkan juga, trus dikasih air. Jadi lengkuasnya ikut diungkep bersama ayam sampai air habis karena di situlah letak kelezatan ayam goreng lengkuas. Nah waktu menggoreng, goreng dulu ayamnya yang berselimut bumbu, baru terakhir goreng sisa endapan yang otomatis mengandung lengkuas parut, kalau masih basah kelihatan seperti bumbu pasta, baru setelah digoreng (suhu sedang jangan terlalu panas), nanti endapan bumbu akan mengering dan parutan lengkuas akan kembali ke bentuknya mirip serundeng kelapa. Selamat Mencoba Semoga Sukses. Salam...Endang

  |  2020-07-18 09:37:57
Ummu musa from Tangerang says:
Terimakasih banyak bunda resepnya. Ayamnya jadi enak banget. Suami dan anak suka banget meskipun gak di goreng katanya. Udah 3x bikin. :-)
Hallo Bunda Ummu :-). Wah rajin sekali masak resep serupa sampai 3X. Gak digoreng jadi hanya Ayam Ungkep Lengkuas gitu ha ha. Malah baru tahu saya gak digorengpun ternyata enak. Terima Kasih sudah berkunjung dan uji coba resep :-) Salam...Endang

  |  2020-07-08 17:24:03
Handajani from Surabaya says:
Seperti bahan sudah ada mba, tinggal ayamnya...makasih banyak yaa share ilmunya, in sya Allah berkah :-)
Sana buruan beli ayamnya dan segera praktek Handajani :-). Selamat Bereksperimen semoga hasilnya sesuai harapan. Sudah ada beberapa pembaca yang nyoba kayaknya pada cocok tuch. Terima Kasih untuk apresiasi dan doanya. Semoga berkah dan kebaikan juga dilimpahkan untuk Handajani dan keluarga :-). Salam...Endang

  |  2020-06-24 00:01:02
Nurlia from Kudus says:
Bun, kenalin lia, baru ketemu blognya sekarang, resep nya enak enak aku udah pernah nyoba bikin urap resepnya bunda enak ;-)
Hallo Lia :-). Selamat Bergabung dengan klub dapur asli Indonesia. Lebih baik terlambat ketemu daripada tidak sama sekali :-). Ayo silahkan dieksplorasi satu demi satu. Banyak resep lezat menunggu. Semoga menemukan resep-resep baru yang cocok. Terima Kasih untuk kunjungan apresiasi Nanda. Tugas generasi muda untuk melestarikan resep leluhur biar gak punah :-). Salam..Endang

  |  2020-06-14 01:16:50
yuli from surabaya says:
mantabb resepnya udah saya coba, enak banget semua keluarga suka :-)
Selamat Yuli ;-). Salut untuk kesabaran dan ketelatenan akhirnya berbuah manis. Terima Kasih sudah mampir, uji coba dan berbagi cerita sukses :-). Salam...Endang

  |  2020-06-05 15:56:25
Iin from Surabaya says:
Terimakasih untuk semua resep2nya,ayam laos termasuk jadi menu andalan di usaha kuliner kami
Hallo Iin ;-) Terima Kasih untuk khabar gembira. Saya senang menu tradisional menjadi primadona untuk usaha kuliner. Semoga usaha Iin tambah sukses. Banyak pelanggan banyak rejeki. Jangan lupa tetap jaga kualitas :-). Salam...Endang

  |  2020-04-11 14:31:13
Bunda Ratih from Surabaya says:
Alhamdulillah.. 2 x sy mencoba nya dan berhasil.. sy lgsg buat 2 kg ayam.. sy potong dg ukuran g tll besar..kmdn sy masukkan dlm kotak plastik kemasan spt dijual dan sy simpan di kulkas..kl mau goreng tinggal ambil di kulkas. Dan pertama kali buat sdh aku kirim ke mertua dan kata adik ipar enak.. buat sangu di kerjaannya.. Semoga bisa JD salah satu menu andalan usaha ku suatu hari nanti.. mohon doanya.
Hallo Bunda Ratih :-). Selamat oi Ayam Goreng Lengkuasnya sukses bahkan suda dikirim ke mertua dan adik ipar. Menantu hebat ini, makan enak gak lupa sama mertua ha ha... Sudah bisa jualan itu Bunda Ratih kan sudah bikin dua kali jumlah besar tetap konsisten rasanya. Terima Kasih sudah mampir dan uji coba resep. Salam...Endang

  |  2020-03-11 17:16:31
Rina Hariyani from Solo says:
Makasih resepnya mbaa.. enak banget suami suka. Sayangnya nyari lengkuas di bu sayur pada habis, jadi pake seadanya yg dirumah (ga bisa jadi kremesan)
Hallo Rina ;-). Selamat Ayam Goreng Lengkuasnya sukses dan disukai suami. Bakat koki nich sekali coba plus minim lengkuas saja sudah enak. Ayo teruskan bakanya banyak resep daerah yang lezat menunggu untuk dicicipi ;-). Terima Kasih sudah mampir dan uji resep. Salam..Endang

  |  2020-01-24 09:09:01
Cut Soraya from Banda Aceh says:
Trims resepnya mbaku. Jadi pengen segera nyobain deh, soalnya membaca resepnya saja sudah kebayang maknyus. Apalagi tampilan fotonya..Woow... ditambah komentar2 yg hadir disini, yg sudah pernah nyobain.. tks again and again mba Endang...:-)
Ayo Soraya. Segera meluncur ke dapur. Tunggu apa lagi ha ha :-). Selamat Bereksperimen Semoga Sukses. Terima Kasih juga sudah mampir dan termotivasi untuk recook. Salam...Endang

  |  2019-12-17 17:09:33
Wacih Tresnasih from Bali says:
Saya liat photo temen ayam lengkuas dan ngiler, tapi pngen coba terapkan ke tempe karena dari kemarin sudah masak ayam terus, cari resep biasa nya pakai cookpad tapi liat lestariweb ratingnya lbih bagus saya mampir deh dan trnyata betul sesuai rating, resepnya detil, photo proses nya aja yg kurang close up jadi saya masih bingung klo cm liat photo ga baca resep ;-) Ijin recook ya bun resep nya,, mau saya coba
Silahkan Wacih. Kayaknya sudah banyak yang berhasil dan cocok dengan selera pembaca tuch. Semoga sesuai harapan Wacih juga. Foto step by step itu sudah saya ambil close up tapi memang ukurannya kecil gak sebesar gambar hasil akhir. Nanti kalau gambanya besar semua memori kebesaran gak bisa dibuka, kasihan saudara-saudara kita yang pulsanya terbatas :-). Selamat Mencoba Semoga Sukses. Salam...Endang

  |  2018-08-31 18:21:12
Naya from Jagakarsa says:
Enakk.... Makasih kaka udh ksh resep. Masakan ku sepertinya tak seenak yg kaka buat, tp orang rmh ttp suka.. Hehhe makasih
Ha ha ha Naya. Wong orang serumah suka berarti enak dong. Ayo optimis nanti lama2 tambah expert. Silahkan coba resep2 yang lain semoga sukses dan tambah disayang keluarga ;-). Salam....Endang

  |  2018-01-26 13:47:00
Dewi from Jakarta says:
Aku uda coba buat ini enaaaak bgt..suami aku suka bgt mba..maaciy yaah mba resepnyaaa..trs ditambahin resepnya
Betul Dewi. Ternyata serundeng alias taburan lengkuas berbumbu digoreng enak ya ;-). Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Salam...Endang

  |  2015-12-22 22:35:18
rinta from surabaya says:
Lagi2 eksekusinya berhasilll mbak! Seneng nyontek resepnya.. bisa jadi andalan deh resepnya.. kmrin sih gak pake gula merah, adanya gula pasir.heheh
Hallo Rinta. Selamat Non...sukses uji kesabaran nich ha ha :-D. Udah lama saya gak bikin waduh jadi ngiler mbayangin kremesnya lengkuasnya he he. Mau gula merah atau pasir yang penting gula Non dan hasilnya ena, tul nggak? ;-). Salam...Endang

  |  2015-09-08 21:10:28
denia from Jerman says:
mbak ini resepnya udah aku coba, enak bangeeeeetttt top markotob jempol empat.. makasih ya mbak resepnya
Selamat Denia. Bakat koki juga nich pertama nyoba langsung Mak Nyuss ;-). Salut untuk semangat Denia mencoba resep-resep baru. Resep Ayam Goreng Lengkuas ini termasuk agak ribet lho kalau sukses masaknya berarti sudha lulus uji kesabaran. Jempol juga untuk Denia. Well Done. Mach weiter he he ;-D LG..Endang

  |  2015-06-19 20:19:34
Rahmi from Kuala Kapuas says:
Izin copas ya mba... makasih
Ayo dipraktekin Rahmi untuk menu buka puasa. Disantap bersama sambal dan lalapan mentah wow.....nikmatnya ha ha.

  |  2015-02-04 20:43:23
Deedee from Jember - Jawa Timur says:
Ijin copas resep, mau tak coba. Makasih sebelumnya
Silahkan semoga hasilnya memuaskan Deedee ;-). Makasih juga sudah mampir . Salam...Endang

  |  2014-11-01 10:50:43
Sari from kediri says:
Mantap mbk resep2nya... sngat berguna buat yg lg bngung pingin masak apa..
Selamat Berwisata kuliner Sari ;-). Banyak resep lezat menunggu dari ujung barat ke timur Nusantara. Setiap resep unik dan layak dicoba cukup untuk menu sebulan ;-). Selamat Berakhir Pekan. Salam...Endang

  |  2014-07-13 11:50:31
nabila from banjarmasin says:
Mantap nih mba ijin coba y dirumah....
Silahkan Nabila. Yang sabar ya gorengnya soalnya banyak remah2 yang matangnya kadang tidah barengan dengan ayamnya ;-). Semoga sukses dan Mak Nyuss... Salam...Endang

  |  2014-03-24 07:38:14
ubah from gresik jawa timur says:
Saya cari marinade kok gak ada yah? Emang fungsinya marinade itu apaan? Hihiii (baru belajar masak)
Maksudnya di sini ya bumbu halusnya itu Non ;-). Intinya bumbu yang dipakai untuk merendam atau melumuri ( Inggris: to marinate) makanan yang akan digoreng, dibakar atau dipanggang disebut Marinade. Salam...Endang

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: