Ayam Geprek

Bahan untuk 5 porsi:

  1. 1 kg ayam bagian dada, sayap atau paha, cuci bersih.
  2. 4 sdm/60 gr garam larutkan dalam 1 liter air
  3. 1 liter air kelapa muda (ganti dengan buttermilk jika tak ada)

Bumbu Halus untuk Marinasi Ayam:

  1. 4 siung/12 gr bawang putih
  2. 2 cm/10 gr jahe
  3. 2 cm/6 gr kunyit atau 1/2 sdt kunyit bubuk
  4. 1 sdm ketumbar atau 1/2 sdm ketumbar bubuk
  5. 1 sdt merica butir atau 1/2 sdt merica bubuk
  6. 1/4 sdt jintan bubuk
  7. 1 sdt garam atau sesuai selera

Bahan Tepung Penyalut, campur rata :

  1. 450 grtepung terigu serbaguna
  2. 50 gr tepung tapioka atau ganti dengan tepung maizena/cornstarch jika tak ada
  3. 1 sdt backing soda (menambah kerenyahan)
  4. 3 sdt bawang putih bubuk
  5. 3 sdt ketumbar bubuk
  6. 2 sdt jahe bubuk
  7. 2 sdt lada hitam bubuk
  8. 2 sdt kunyit bubuk
  9. 2 sdt bubuk kaldu ayam/chicken powder
  10. 1/2 sdtjintan bubuk
  11. 1 sdtcabai kering bubuk (untuk yang suka pedas/spicy chicken)
  12. 3-4 sdtgaram

Bahan Sambal Bawang :

  1. 25 bh cabe rawit merah (silahkan tambah kalau mau lebih pedas)
  2. 5 bh cabe merah besar
  3. 3 bh bawang putih, goreng sebentar
  4. 2 sdm minyak bekas menggoreng atau ganti dengan minyak yang dipanaskan
  5. 1 sdt bubuk kaldu ayam
  6. garam secukupnya

Catatan Khusus/Teknik Membuat Ayam Goreng Crispy:

  1. Membuat Ayam Goreng Crispy tidak susah, tidak perlu keahlian masak. Siapa saya bahkan anda yang baru belajar saya jamin gak akan gagal asal mengikuti teknik dan panduan yang tepat. Dalam resep ini saya adaptasi beberapa teknik negara2 barat khususnya southern states (negara2 bagian selatan Amerika Serikat : Kentucky, Texas) yang sudah terkenal dengan Ayam Crispynya.

  1. Tekniknya 1."Brining" yaitu potongan ayam direndam dalam larutan garam/salt lake konsentrasi tinggi atau sekitar 6%. Garam berfungsi melarutkan protein dalam struktur otot daging, melonggarkan dan mempertahankan kelembaban /JUICY setelah digoreng.

  1. 2.Larutan pencelup dari air kelapa atau kalau di negara2 barat biasanya dipakai butter milk. Kandungan asam dalam air kelapa atau buttermilk berfungsi untuk mengempukkan ayam supaya tidak alot. Selain itu air kelapa dan buttermilk memperkaya rasa/flavour sehingga ayam terasa lebih gurih.

  1. 3.Penepungan, dengan bahan utama tepung terigu serbaguna/all purpose tidak perlu pakai yang protein tinggi. Menurut bocoran resep rahasia Kentucky Fried Chicken yang dimuat di harian Chicago Tribune, konon resep rahasia KFC mengandung 11 bumbu dan rempah. Jujur saya juga penasaran dan ikut nguprek-uprek he he. Meski benar dan tidaknya saya juga tidak tahu. Intinya saya ingin ngasih tahu saja, kelezatan KFC terletak pada banyaknya rempah yang dipakai. Jadi dalam resep CFC ala Indonesia ini saya pakai sebanyak mungkin rempah khas Indonesia yang ada dan hasilnya memang lezaat.

  1. Bisa anda gunakan untuk buka usaha Ayam Geprek khas Indonesia. Silahkan bumbu marinasi dengan bumbu khas daerah masing-masing. Bumbu kering untuk tepung penyalut bisa anda sederhanakan karena rasa akan tertimpa sambal misalnya cukup campuran bubuk lada hitam, bubuk bawang putih, bubuk kaldu ayam dan garam. Sambal juga bisa anda variasi dengan sambal lain. Bikin sedikit dulu sampai anda yakin rasanya baru bikin banyak.
Bahan Ayam Goreng Renyah
Ayam Goreng Renyah Step 1
Ayam Goreng Renyah Step 2
Ayam Goreng Renyah Step 3
Ayam Goreng Renyah Step 4
Ayam Goreng Renyah Step 5
Ayam Goreng Renyah Step 6
Ayam Goreng Renyah Step 7
Ayam Goreng Renyah Step 8
Ayam Goreng Renyah Step 9
Ayam Goreng Renyah Step 10
Ayam Goreng Renyah Step 11
Ayam Goreng Renyah Step 12
Ayam Goreng Renyah Step 13
Ayam Goreng Renyah Step 14
Ayam Goreng Renyah Step 15
Ayam Goreng Renyah Step 16
Ayam Goreng Renyah Step 17
Ayam Goreng Renyah Step 18
Sambal Bawang Ayam Geprek
Bahan Penyusun Ayam Geprek
Ayam Digeprek
Ayam Geprek

Ayam Geprek

Asal: Indonesia

Sumber: Hasil "try & error" eksperimen di dapur sendiri..

Catatan..

Ayam Geprek, sajian yang sedang booming di Indonesia. Semua lauk sekarang digeprek. Jadi tidak ada salahnya jika saya kembangkan resep Ayam Goreng Tepung Crispy hasil otak-atik saya menjadi olahan Ayam Geprek. Siapa tahu anda mau mencoba di rumah daripada terus-terusan beli. O ya jika pada umumnya ayam geprek memakai daging ayam yang tidak bertulang, kali ini saya pakai ayam goreng crispy yang masih bertulang. Menurut saya ayam yang masih bertulang lebih juicy dan tidak kering. Jadi semacam ayam kentucky digeprek dengan sambal bawang. Hmmm lezat dan nikmat !!

Catatan: Karena website ini konsisten isinya resep asli Indonesia jadi Resep Ayam Goreng Crispy ini saya bumbui dengan rempah khas Indonesia dan semua bahan-bahan pendukung yang tersedia di Indonesia, supaya anda tidak bingung cari bahan yang aneh-aneh. Dan saya jamin rasanya benar-benar lezaat buktinya anggota keluarga dan rekan kerja saya yang bule juga makan dengan lahap :-).

Catatan: Meski khas Indonesia, teknik dan proses persiapan masak ayam goreng tepungnya saya adaptasi dari teknik barat supaya hasilnya CRISPY di luar dan JUICY di dalam. Kebanyakan orang kita menggoreng ayam tepung secara berlebihan atau salah teknik sehingga hasilnya tepungnya renyah tapi daging ayam di dalamnya juga terasa kering.

Silahkan baca catatan khusus di bawah bahan resep untuk mengetahui fungsi masing-masing teknik dan tips yang saya terapkan.

OK sekian dulu seminar tentang Ayam Goreng Crispy. Silahkan dicoba. Saya jamin tidak GATOT asal ikuti sesuai petunjuk.

Cara Membuat:

  1. Brining: Larutkan 4 sdm makan dalam 1 liter air dingin. Jika anda memakai air hangat, dingingkan dulu sebelum ayam dimasukkan. Sisihkan.
  2. Cuci bersih potongan ayam, rendam ayam dalam larutan garam selama 30 menit, lebih lama lebih baik. Simpan dalam kulkas. Sisihkan.

  1. Marinasi: Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit air ke dalam blender untuk mempermudah proses penggilingan.
  2. Tiriskan ayam (jangan dicuci), campurkan bumbu halus sambil diremas-remas supaya bumbu benar-benar meresap. Simpan dalam kulkas selama 15 menit untuk proses marinasi.
  3. (Jika anda membuat dalam jumlah banyak, ayam bisa anda marinasi sehari sebelumnya, simpan dalam kulkas)

  1. Membuat Tepung Penyalut: Letakkan tepung di dalam wadah yang agak besar dan mempunyai permukaan lebar untuk memudahkan proses penepungan.
  2. Siapkan semua bumbu rempah kering, masukkan semua bumbu satu persatu ke dalam wadah tepung.
  3. Campur tepung dan bumbu dengan sendok atau whisk/pengaduk belimbing sampai benar-benar tercampur rata. Sisihkan.

  1. Proses penepungan: Tuangkan air kelapa atau buttermilk ke dalam mangkok atau panci. Jika memungkinkan pakai wadah yang bisa dimasuki saringan untuk memudahkan perendaman sekaligus penirisan ayam.
  2. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak dalam wajan cekung yang anti lengket dengan suhu tinggi sampai minyak benar2 panas. (Suhu sekitar 300F atau 150C).
  3. Tips Penting: Larutkan 1 sdm campuran tepung dengan air dingin, lalu goreng sampai kering. Cicipi, apakah tingkat keasinan sudah sesuai dengan selera anda. Jika perlu tambahkan garam dan aduk sekali lagi hingga rata. Langkah ini penting untuk anda ikuti karena tepung penyalut yang hambar tidak bisa dikoreksi setelah ayam digoreng).
  4. Kalau rasa sudah pas, ikuti langkah penepungan sebagai berikut : Ambil ayam berbumbu, masukkan ke tepung, salut semua permukaan ayam dengan tepung, tapi jangan diremas atau atau ditekan-tekan. Cukup digulingkan saja dengan perasaan he he..
  5. Selanjutnya masukkan ayam berbalut ke wadah air kelapa/buttermilk yang sudah dipasangi saringan, celup sampai semua permukaan basah tapi jangan diaduk-aduk, biarkan tepung tetap menempel. Lalu angkat dan tiriskan ditempat supaya kelebihan air turun ke bawah.
  6. Masukkan ayam ke wadah tepung lagi, ulangi proses pertama sampai ayam terbalut tepung lebih banyak lagi. Celupkan lagi ke dalam air kelapa/buttermilk. Tiriskan lagi.
  7. Terakhir ulangi proses penepungan untuk ke 3 kali, kibas-kibaskan dengan ringan kelebihan tepung tapi jangan berlebihan sampai tepung rontok semua.
  8. Petunjuk singkat : 3 x penepungan dan 2 kali pencelupan. Ayam Berbumbu - Tepung - Celup - Tepung - Celup - Tepung - Goreng.
  9. Pastikan semua permukaan ayam berbalut tepung dan teksturnya agak bergerindil di sana sini bukan halus dan rata.
  10. Goreng ayam bertepung dalam minyak yang sudah benar-benar panas. Patikan ayam benar-benar terendam dalam minyak.
  11. Tunggu sekitar 3-4 menit, kemudian balik dengan hati-hati. Goreng sampai ayam benar-benar matang dan berwarna kuning keemasan. Tiriskan.

  1. Sambal Bawang: Ulek bawang putih, cabe merah, cabe rawit dan garam sampai halus.
  2. Tambahkan bubuk kaldu, aduk dengan ulekan hingga rata. Tambahkan minyak bekas menggoreng atau minyak yang dipanaskan, aduk rata pakai ulekan.
  3. Cicipi, tambahkan garam jika perlu.
  4. Penyajian: Letakkan ayam goreng di atas cobek, kemudian penyet/geprek dengan ulekan sampai tekstur ayam hampir remuk, bantu dengan sendok sambil ditekan-tekan supaya sambal menyelimuti ayam .
  5. Hidangkan segera dengan nasi panas, mentimun dan lalapan mentah .

Tips Tambahan:

  1. Pilih ayam yang relatif muda supaya ayam tidak alot dan terasa lebih sedap.
  2. Tambahkan backing soda pada adonan kremes supaya kremesan goreng benar2 renyah.
  3. Gunakan wajan yang benar2 anti lengket kalau tidak hasilnya bisa ancur2an dan gagal total.
  4. Bumbu bisa anda ubah sesuai selera, tapi hindari pemakaian gula secara berlebihan dalam adonan. Adonan yang manis manghasilkan kremesan yang cepat gosong sementara ayam di dalamnya masih lunak dan belum kering.
  5. Ayam Goreng Renyah ini bertahan untuk 1 hari. Ayam goreng yang sudah dingin bisa anda panaskan di dalam oven dengan suhu 150C selama 15 menit atau digoreng sekali lagi supaya bisa renyah kembali.
  6. Kelebihan tepung penyalut jangan dibuang, ayak, simpan di tempat tertutup di suhu ruang, bisa dipakai kembali.
  7. Minyak bekas penggorengan: Biarkan dingin dan tepung mengendap. Saring bagian yang bening di atas, bisa dipakai sekali lagi.



Reviews & Comments

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review:



Copyright @ 2009- 2019 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!