Resep Indonesia cooking from the heart

Asem (Daging) Buncis

Bahan:

  1. 500 gr daging sapi
  2. 150 gr buncis, potong2 sekitar 3 cm
  3. 2 buah wortel, iris2 tipis
  4. 5 bh bawang merah, iris tipis
  5. 3 bh bawang putih, iris tipis
  6. 5 buah cabai hijau atau merah, potong2 setebal 1 cm
  7. 3 bh tomat hijau, belah 4 atau 8
  8. 2 cm lengkuas, iris tipis
  9. 2 bh daun salam
  10. 1 sdm asam
  11. 5 sdm kecap manis
  12. 2 sdt gula merah
  13. garam sesuai selera
  14. 1.5 liter kaldu atau air
Bahan Asem Asem Buncis
Asem Asem Buncis

Asem - Asem (Daging) Buncis

Rated 4.8/5 based on 13 reviews

Indonesian main dish Asem Asem (Daging) Buncis, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Semarang - Jawa Tengah

Catatan!

Ini dia sayur yang selalu mengingatkan saya pada kampung halaman, pada seorang ibu yang telah mengajarkan segudang ilmu di dapur tanpa terkesan mendikte atau menggurui. Ilmu itu mengalir sederhana dan tanpa terasa mengendap dalam ingatan setelah bertahun-tahun menyaksikan atau menjadi co-pilot alias bantu2 ibu saat memasak ;-) Ilmu yang kemudian harus saya gali kembali dari ingatan di saat saya melakukan eksperimen dengan metode "Try & Error" di dapur yang kini saya piloti sendiri hi hi. Kadang langsung sukses, kadang harus cek and recek kembali ke narasumber. Tujuannya biar memuaskan semua pihak khususnya anda yang mau uji nyali untuk mencoba resep baru.

Apakah anda juga punya kenangan manis tentang Asem-Asem Buncis?? Tak ada salahnya anda membuat sendiri. Rasanya yang komplit, paduan antara pedasss, asam dan manis, dimakan dengan nasi hangat dan lauk kerupuk hmmmmmmmmmmmmmmmm......sedap dan segar di tenggorokan!!!!! Bagi anda yang vegetarian, silahkan sisihkan daging dari resep. Dijamin rasanya tetap enak dan lezat. Selamat Mencoba..

Cara Membuat:

  1. Panaskan 2 liter air sampai mendidih, *** kemudian masukkan daging.
  2. Masak daging sampai empuk dengan api sedang untuk mendapatkan kaldu yang jernih.
  3. (Jika perlu buang lemak yang muncul di permukaan air).
  4. Setelah daging empuk, angkat dari panci, potong2 sesuai selera.
  5. Ukur sisa kaldu sebanyak 1.5 liter, jika perlu tambahkan air.
  6. Masukkan potongan daging ke dalam kaldu kembali. Sisihkan.
  7. Tumis irisan bawang merah, bawang putih, cabe, tomat dan lengkuas sampai bumbu benar2 matang dan berbau harum.
  8. Masukan buncis dan wortel ke dalam tumisan bumbu, masak sampai sayuran agak layu. Aduk terus menerus agar sayuran tidak gosong.
  9. Tuang tumisan bumbu dan sayuran ke dalam rebusan daging. Tambahkan daun salam. Didihkan kembali.
  10. Masukkan 1 sdm asam jawa yang sudah dilarutkan dalam air. ( Masukkan asam semuanya, jangan airnya saja supaya rasa asam lebih menggigit).
  11. Tambahkan kecap manis, garam dan gula merah sesuai selera hingga terasa asam, manis dan pedas.
  12. Masak sampai sayuran matang. Angkat dari api.

Catatan:

  1. Masukkan daging dalam air mendidih dan dimasak dengan suhu sedang supaya sari daging terkunci dan terasa lebih gurih.



Reviews & Comments

  |  2020-05-07 22:06:35
Anis from Kuwait says:
Terima kasih mbak ku sayang.... kangen masakan mama yg kek gini... akhirnya nemu di sini... lgs coba... buat buka puasa.. simple.. sayangnya gak ada tomat ijo... jadi yg ada aja deh lgs eksekusi... mantaaaaappppp...
Hallo Anis Sayang :-). Selamat Asem-Asem Buncisnya sukses. Semoga bisa mengobati rasa kangen pada Mama tercinta. Tiada masakan selezat masakan mama :-). Tapi sekarang Anis bisa bikin sendiri, saya yakin Mama pasti bangga. Terima Kasih sudah mampir dan uji coba. Salam dari sesama perantau :-). endang

  |  2020-05-01 11:20:51
Gatot sudiro from says:
Sy belum mkn sja sdh tau kayak apa rasanya mantab x yoo suwum jeh buuu
Makanya segera dicoba Bos :-). Rasanya asem manis plus segeeer. Selamat Bereksperimen. Terima Kasih juga untuk kunjungannya. Salam...endang

  |  2020-04-21 18:53:29
Nanda from Kediri says:
Resepnya tidak sesuai gambar ya ..ditulis daging sapi tapi gambarnya ayam..
Hallo Nanda. Terima Kasih untuk masukannya. Kebetulan saat ini saya sedang mengedit file secara besar besaran untuk meningkatkan kecepatan download jadi mungkin ada beberapa kesalahan saat copy paste. Foto sudah saya perbaiki. Terima Kasih. .Endang

  |  2020-02-05 17:15:34
Aciana from Surabaya says:
Mantep nih tp punyaku jadinya gelap banget kuahnya mb.. The power of google translate for German Hahaha :D Ja. I played a game two years ago when I was 25 years old.. now I only play Dino Hunter because my old game wasn't in my app store anymore..
Wa ka kk...gelap gak pa pa yang penting enak :-D. Google makes all possible but the power of game disturbs my child focus in learning :-(. That's why saya jatah dia main game cuman di akhir pekan, itupun cuman 2 jam/hari. Otherwise it makes additive. No..No!! He's too young to ruin his future just because of computer's game, No?!

  |  2020-01-26 18:27:29
Nafisha from Tangerang says:
Trimasih bun..resep ini yg sya cari...sya dr tuban jatim..suami orang demak..mertua sering masak ini pas lg pulang kampung... Mau tanya mertua sungkan karna dah sering tanya resep masakan yg lain..eh ketemu disini..Alhamdulilah..hari ini masak ini aja bwt anak..simpel,mudah enak..
Selamat Nafisha. Yang dicari-cari akhirnya ketemu. Baca komen Nafisha saya senyum2 sendiri, ngapain sungkan tanya resep sama mertua ha ha... Justru dia bangga menantunya tanyain resep yang jelas anaknya makin betah makan di rumah, tul nggak? Nafisha koki hebat juga nich, cuman bekal rasa sungkan masakan langsung sukses :-). Terima Kasih juga sudah mampir dan uji coba resep. Salam...Endang

  |  2019-08-27 13:36:24
inung from serua ciputat says:
Masakan ini mengingatkan aku akan guru ku yang paliiiiing sabar sku gak begitu suka memasak tapi seringnya dia bikin untuk pesanan bu dokter sisanya untuk kita aku jadi doyan banget makanya sekarang aku bikin
Hallo Inung. Alangkah bahagianya punya makanan favorit yang menyimpan kenangan indah. Sayur ini juga selalu mengingatkan saya pada almarhum ibu saya. Terima Kasih sudah mampir dan uji nyali. Salam...Endang

  |  2019-04-29 21:20:41
Pacenoge26 from Salatiga says:
Wah bisa mencoba tdk mau kalah dengan ibu2 yg punya hobby Masak..jozzz pokok e,mantep rasane
ha ha ha...motivasi yang unik untuk terjun ke dapur : masak karena gak mau kalah dgn ibu2 lain hi hi. Selamat Bos masakannya sukses dan jozz. Ayo silahkan diliat resep-resep yang lain banyak resep jos menunggu. Th sudah mampir dan uji coba. Salam...Endang

  |  2019-01-16 21:41:16
NINING from MALANG JATIM says:
Mantap bunda Endang resep resepnya ... menginspirasi banget . jadi banyak koleksi masakan sy buat suami sama anak anak .. Terimakasih banyak bunda :)
Hallo Bunda Nining. Aduh acung jempol untuk Istri dan Ibu teladan ;-). Terima Kasih juga sudah mampir dan uji nyali. SAyo silahkan dipuas-puaskan bereksperimen untuk keluarga tercinta. Keep Cooking Bunda. Salam...Endang.

  |  2018-08-31 18:47:19
Danella from kudus jawa tengah says:
Trimakasih atas resepnya..aku lgsg coba..tau nggak,suami ama anak2 suka banget.,dan minta d masakin lagi. Maknyuzzz pokoe
Selamat Danella. Resep ini memang sederhana tapi rasanya segar dan bikin ketagihan ;-). Ayo silahkan intip resep2 yang lain siapa tahu disukai suami dan amak-anak. Terima kasih sudah mampir da uji nyali. Salam...Endang

  |  2016-11-03 19:03:04
Dian from Karawang says:
Pengen bgt nyoba resepnya, apalagi pohon asem blimbingnya dah berbuah gede . Sptnya seger bgt apalagi suasananya mendung gini hmmmm...
Hmmm. pasti lebih Mak Nyuss tuch ditambahin belimbing. Waduh jadi ikitan ngiler nich ;-)

  |  2016-09-23 16:37:36
Tari from TangSel says:
Terimakasiii resepnyaaa... kangenku akan masakan mamah lumayan terobati..walau rasa masih 10-12 lah... 😂 Share resepnyaaa yaa...
Selamat Tari percobaannya sukses. Masalah rasa nanti makin lama makin mantap dech. Memasak perlu jam terbang tapi siapa saja bisa masak kalau mau belajar. Anyway masakan Ibunda memang ta k akan tertandingi dech ;-). Salam....Endang

  |  2016-05-03 20:43:15
Aminah from Jakarta says:
Sudah coba ini jugaa.. bakal jadi favorit baru. Rasanya sueger.. lebih sedap dari sayur asem. Makan ketika masakannya sudah dingin, makin enak. Bikin nambah nasi terus. Waspada nambah berat badan nih. Trm ksh Mb Endang
Aduh senangnya saya, Jeng Aminah masih semangat masak meski bikin Baksonya gatot ! Iya ini resep memang sueger dan lebih pedas dari sayur asam itu yang bikin ketagihan ha ha ;-). Eh baru tahu saya kalau dimakan dingin jg enak, thanks infonya belum pernah nich makan jenis sup dalam keadaan dingin ;-). Gak usah kuatir diet, itu asamnya bikin lemak luntur ha ha ha ;-)

  |  2016-03-20 22:17:01
Dian from Sidoarjo says:
Dapet juga nih resep asem2 daging...langsung coba ah...makasih mba resepnya
Silahkan Dian. Asem-asem ini tidak bikin mblenger, sesuai namanya rasanya asem-asem segar di tenggorokan. Dimakan saat udara panaspun juga enak. Selamat Memcoba Semoga Sukses. Salam....Endang

  |  2016-01-14 17:59:58
ritna from jakarta says:
Asam-asam ayam juga enak, prosesnya sama dengan membuat asam2 dengan bahan baku daging.
Hallo Ritna. Terima Kasih untuk masukannya. Saya jadi ingin nyona nich pakai ayam ;-). Semoga info Ritna berguna juga buat rekan-rekan yang lain. Salam....Endang

  |  2015-11-16 20:24:42
Bunda mami from Bali says:
Inilah resep yang kucari pasti yummy
Nah sekarang setelah ketemu tinggal dipraktekin Bunda ;-). Selamat Mencoba Semoga Berhasil. Salam...Endang

  |  2015-11-16 20:16:51
kinanti from jepara says:
Terima kasih banget resepnya, aku langsung coba.. Smga berkah, aamiin
Ayo Kinanti. Tunggu apa lagi, bahannya gampang didapat, masaknya praktis dan dijamin rasanya enak..segar di tenggorokan. Semnoga sukses percobaannya. Terima Kasih juga sudah mampir dan uji nyali ;-). Salam...Endang

  |  2015-11-03 22:17:40
astri from semarang says:
wow banget Aq suka asem asem daging.... mantap deh... nice review
Saya juga suka Astri ;-). Ringan dan segar di tenggorokan hmm. jadi ngiler nich he he..

  |  2015-10-24 22:47:43
adisty from smg says:
Gak ada yg tak suka dri resep mbak lestari...ada bbrp sudah saya coba anak2,suami suka...suka bgt lov lov lov,smga Tuhan slalu membalas ketulusanmu mbak..salam dr klrga kami d semarang
10 Jempol juga untuk ketulusan istri dan ibu teladan ;-). Bakat koki juga nich Adisty, cuma lihat dari internet, masakannya langsung jadi favorit keluarga. Hebat!! Saya juga bukan ahli masak, kebanyakan resep adalah hasil adaptasi, modifikasi dan uji coba dari buku2 yang ditulis para pakar kuliner kita. Dengan memasak resep tradisional kita merawat warisan leluhur sekaligus merawat keluarga tercinta Adis, iya nggak? ;-). Salam Hangat juga untuk keluarga di Semarang.....Endang

  |  2015-09-30 20:20:38
Elwi from Semarang says:
sudah dipraktekkan resepnya, semua keluarga suka..makasih ya mbak resepnya.
Wow senangnya saya dapat tamu dari yang punya resep ha ha. Selamat Elwi percobaanya sukses. Berarti resep ini sudah lulus uji coba dari pengamat masakan Semarang asli nich he he. Ayo silahkan dilihat resep-resep yang lain siapa tahu ada lagi yang patut dicoba. Terima Kasih juga sudah uji nyali. Salam...Endang

  |  2015-09-19 23:39:34
Erna from Surabaya says:
Klo daging sapi di gamti dengan daging ayam bisa ya??
Hallo Erna. Kalau bisa tidaknya jelas bisa kan tergantung yang masak he he. Cuman kalau rasanya saya kurang tahu. Umumnya asem-asem buncis ini ada 2 pilihan dengan daging atau tanpa daging sama sekali alias vegetarian. Kalau dengan ayam terus terang saya belum pernah coba. Sekalian Erna bikin percobaan dech, gimana? OK Selamat Bereksperimen Semoga Rasanya juga lezat. Salam...Endang

  |  2015-07-13 18:43:45
qiah from surabaya says:
Nanti mw coba aahh....buat buka puasa.....
Selamat Mencoba semoga sukses Qiah..Semoga menyegarkan tenggorokan yang habis puasa seharian..

  |  2015-07-03 19:48:10
ekasetya from kudus says:
Yuup,ini menu favorit keluarga saya.tapi biasanya beli,dan besok saya akan coba buat sndiri. Trimakasih resepnya.
Ayo Eka silahkan dicoba, bikinnya gampang rasanya enak dan segar di tenggorokan. Hmmm sudah lama saya nggak bikin jawab komen jadi ngiler sendiri he he. Selamat Mencoba Semoga Sukses biar gak beli lagi. Salam...Endang

  |  2015-06-25 18:24:04
azuraa from gubug says:
Aku mau coba buat mennu buka puasa hari ini doakan sukses y.
Silahkan Azuraa. Semoga rasanya bisa menyegarkan setelah puasa seharian. Nggak susah kok, masaknya dari hati, bumbunya cukup dijamin rasanya enak. Selamat Bereksperimen Semoga sukses. Salam...Endang

  |  2014-09-22 00:07:45
Weni from Houston says:
Kelihatannya enak ini. Yumm. Mba, mau nanya untuk dagingnya pake daging sapi jenis apa?
Hallo Weni. Saya biasanya pakai daging soup saja gak harus yang mahal macam daging has dalam. Daging untuk soup biasanya ada lemaknya dikit tapi malah semakin enak lho ;-). Semoga membantu. Salam..Endang

  |  2014-08-28 23:34:14
from says:
Sedaaap
Hallo Sista...How are you?? Masih sempat masak kah? ;-)

  |  2013-10-17 22:05:37
rika from semarang says:
Bisa dicoba nih masakannya,,,
Woi.. ada penampakan dari yang punya resep nich he he. Terima Kasih untuk kunjungannya Rika. Monggo dipun sekecak'aken.Salam...Endang

  |  2013-08-25 15:52:20
resa from kediri says:
sipp..gampang n nikmat..thank you
Setuju!! Sayur ini emang gampang bikinnya, tinggal iris-iris, cemplung2 dach siap disantap. Mmmm seger lagi hujan jadi pingin bikin juga nich he he. Ayo coba terus resep2 yang lain Non siapa tahu ada lagi yang cocok di lidah. Salam...Endang

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: