Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Bingka Labu Kuning

Bahan:

  1. 4 butir telur ukuran besar (L) atau 5 butir ukuran sedang (M)
  2. 150 gr - 200 gr gula pasir (tergantung jenis labu)
  3. 750 gr labu kuning kukus, dihaluskan
  4. 100 gr tepung terigu
  5. 100 gr tepung beras
  6. 100 ml santan kental atau santan kara
  7. 1 sdt vanili bubuk
  8. 1/2 sdt garam atau sesuai selera
Bahan Bingka Labu Kuning Labu Kuning Kukus Labu Kuning Halus Adonan Bingka Labu Kuning Adonan Akhir Bingka Labu Kuning Bingka Labu Kuning Siap Dipanggang Bingka Labu Kuning Panggang  Bingka Labu Kuning
Bingka Labu Kuning

Bingka Labu Kuning

Rated 5/5 based on 3 reviews
RecipeYield 8 • PrepTime P1H30M
Porsi 8 • Waktu 1 jam, 30 menit Indonesian snack Bingka Labu Kuning, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Kalimantan Timur

Catatan & Tip..

Ini dia hidangan dari labu kuning yang gampang cara bikinnya tapi nikmat rasanya. Suami saya yang nggak begitu ngefans sama labu kuning saja mengakui kalau kue ini rasanya sungguh nendang. Lebih heran lagi dia waktu saya bilang kalau bingka labu kuning ini "Made in Indonesia" alias Kalimatan Timur ha ha. Jadi tambah semangat dech saya promosi kue ini ke keluarga sampai mertua, sampai mereka penasaran ingin mencoba. Maklum kebanyakan orang Jerman tahunya cuma sup labu kuning yang mirip bubur itu ;-).

Ngomong2 banyak versi resep Bingka Labu Kuning yang saya koleksi dari internet maupun beberapa buku resep. Hasilnya saya sempat babak belur juga mempraktekkan versi ini itu sampai saya dapatkan sendiri takaran yang pas. Terus terang nggak semua resep benar dan enak. Beberapa versi mencantumkan takaran labu kuning yang terlalu sedikit sementara jumlah santannya terlalu banyak. Hasilnya bingka lebih mirip bubur yang lebih berasa santan daripada labu kuning ha ha. Kasihan dech gua ;-(. Memang benar kata orang pengalaman adalah guru yang paling berharga. Harapan saya semoga anda tak perlu patah arang karena bingka buatan anda terpaksa masuk tong sampah. So anda penasaran ingin mencoba? Itung2 menambah koleksi resep anda dari labu kuning yang murah dan bergizi.

Tips: Kocok telur dan gula sebentar saja asal gula larut, tidak perlu dikocok sampai mengembang atau terlalu lama karena bingka akan mengempis begitu diangkat. Biarkan bingka dalam cetakan sampai benar2 dingin, baru keluarkan dari cetakan supaya bingka tidak ancur. Bagi anda yang tinggal di LN, kalau tersedia pilih Labu jenis Hokaido. Labu ini rasanya sungguh manis dan betul2 nikmat. Jadi anda tak perlu menambahkan gula banyak2. Selamat Mencoba ..

Cara Membuat:

  1. Kukus labu kuning dengan dandang dalam keadaan tertutup sampai matang ( Kurang lebih 20 menit dihitung setelah air mendidih dan menguap).
  2. Haluskan labu kuning yang sudah dikukus dengan sendok kayu atau spatula sampai halus.
  3. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer pada kecepatan sedang sebentar saja sampai gula larut. ( kurang lebih 2 menit )
  4. Berturut-turut tambahkan tepung beras, tepung terigu, labu kuning halus, vanili dan garam.
  5. Aduk rata dengan spatula atau kocok rata adonan dengan mixer dengan kecepatan rendah.
  6. Terakhir masukkan santan kental, aduk hingga rata.
  7. Siapkan loyang bulat bergaris tengah 24 cm yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi margarin.
  8. Tuang adonan ke dalam loyang. Panggang di dalam oven dengan suhu 180°C selama 45 menit atau dengan program Recirculation / Resirkulasi/ Umluft = 160°C selama 45 menit.
  9. Angkat dan dinginkan.

Catatan Tambahan:

  1. Kupas labu kuning sebelum dikukus untuk mempercepat waktu pengukusan sekaligus menghemat bahan bakar.
  2. Jika loyang dengan diameter kecil tak tersedia, silahkan pakai yang ada misalnya diameter 26 cm seperti yang saya pakai. Tentu saja bentuk bingka akan lebih rendah tapi rasanya tetap OK.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  2. Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.


Reviews & Comments

  |  2020-04-12 11:17:57
nialarassati from banten indonesia says:
terimakasih resep cantiknya sangat membantu
Sama-sama Nia. Saya ikut senang jika resep di atas bermanfaat. Semoga puas dengan hasilnya. Terima Kasih juga untuk kunjungannya. Salam...Endang

  |  2020-01-09 19:14:19
Keni from Hongkong says:
Trimakasih ka resep nyah aq kn mencoba
Selamat Mencoba Keni. Semoga berhasil dan hasilnya sesuai harapan. Salam...Endang

  |  2019-12-06 12:19:08
Melly from Kaltim says:
Kalau di kukus bisa gak?
Kalau bisa atau tidaknya ya bisa Melly cuman hasilnya saya tidak tahu dan tidak menjamin. Karena proses pemanggangan jelas beda dengan pengukusaan. Yang jelas proses pengukusan banyak menyerap air jadi kemungkinan hasilnya kue tidak mengembang tapi malah benyek. Mungkin hasilnya ya seperti jenis kue lapis. Coba saja tapi resiko ditanggung sendiri ya he he. Salam...Endang

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: