Resep Masakan Indonesia

cooking from the heart

Ayam Bakar Lumajang

Ayam Bakar Lumajang
Rated 4.8/5 based on 9 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P1H30M
Porsi 4 • Waktu 1 jam, 30 menit
Facebook Pinterest WhatsApp
Asal: Lumajang - Jawa TimurIndonesian ayam Ayam Bakar Lumajang, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Bahan:

  • 1 ekor/800 gr ayam yang masih muda (saya pakai setengah soalnya ayamnya besar sekali)
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 serai, ambil bagian yang putih, potong jadi 2, memarkan
  • 2 iris/4 cm lengkuas, iris tipis atau memarkan
  • 150 ml air
  • minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng dan menumis

Bumbu Halus:

  • 6 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit (tambah kalau suka lebih pedas)
  • 6 butir/60 gr bawang merah
  • 3 siung/9 gr bawang putih
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt terasi
  • 1.5 sdt garam atau sesuai selera
Bahan Ayam Bakar Lumajang Ayam Mentah Dimemarkan Ayam Dilumuri Air Jeruk Bahan Bumbu Ayam Lumajang Bumbu Blender Ayam Lumajang Bumbu Halus Ayam Lumajang Ayam Masak Bumbu Lumajang Ayam Bumbu Lumajang Digoreng Menumis Bumbu Ayam Lumajang Bumbu Tumis Ayam Lumajang Air Bumbu Ayam Lumajang Ayam Goreng Bumbu Lumajang Masak Ayam Bumbu Lumajang Ayam Lumajang Dipanggang Memanggang Ayam Lumajang Ayam Bakar Oven Lumajang

Cara Membuat Ayam Bakar Lumajang

  • Potong2 ayam menjadi 4 bagian. Cuci bersih dan tiriskan. (Jika perlu keringkan dengan tissue dapur)
  • Pukul2 atau memarkan ayam dengan pemukul daging, tapi jangan sampai hancur.
  • Lumuri ayam dengan air jeruk nipis hingga rata. Diamkan selama 30 menit hingga air jeruk meresap.
  • Sementara menunggu ayam, haluskan bahan bumbu dengan cobek atau blender hingga halus. Sisihkan.
  • (Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk membantu proses penghancuran).
  • Goreng ayam dengan minyak panas hingga berwarna kekuningan dan berkulit tapi tidak perlu digoreng sampai kering. Tiriskan.
  • Panaskan 3 sdm minyak sisa menggoreng, tumis bumbu halus bersama serai dan lengkuas. Aduk2 dan tumis hingga bumbu benar2 matang dan berbau harum (kurang lebih 5 menit)
  • Tuangkan air, masukkan ayam goreng. Masak hingga bumbu meresap dan mengental. Angkat dari api.
  • Bakar ayam berbumbu di atas bara api sambil dibolak-balik hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  • Jika memakai oven: Pindahkan ayam ke dalam pyrex tahan panas, panggangayam dengan suhu 180C selama kurang lebih 25-30 menit sampai ayam berwarna kecoklatan.
  • Sajikan panas bersama nasi, lalapan mentah dan sambal (jika suka)

Tips:

  • Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

Catatan

Ayam Bakar Lumajang atau di kota asalnya lebih dikenal dengan nama AYAM COCO, merupakan salah satu ikon masakan kebanggaan masyarakat di propinsi Jawa Timur. Rasanya hhhhmm salah satu sajian ayam yang bikin saya langsung jatuh hati saat pertama kali membuat. Paduan antara asin, gurih dan pedas,.. nikmat disantap dengan nasi panas, lalapan mentah sambil mencocol bumbu yang menyelimuti ayam....hmmm mertua lewat bisa lupa kata orang Jawa ;-)

Ciri khas dari Ayam Bakar Lumajang adalah ayamnya sedikit dimemarkan atau ditusuk2 pakai garpu (dicoco)dan digoreng dulu sebelum dibakar jadi ayam benar2 matang luar dalam. Selain itu bumbunya kental dengan aroma terasi yang khas dan di situlah letak kenikmatannya. Jadi terasi hukumnya wajib. Bagi anda yang tidak suka terasi, sayang sekali anda harus melewatkan kesempatan makan ayam bakar enak ha ha :-). Bercanda lho...selera orang memang tak sama. Tapi terus terang saya cinta terasi di manapun dan sampai kapanpun ;-)

Catatan: Dalam proses asli membuat Ayam Bakar Lumajang, ayam dibakar di atas bara api atau arang, tetapi karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan bagi saya untuk acara bakar2 setiap saat, jadi kali ini ayam saya panggang dengan oven. Rasanya tetap enak dan seperti anda lihat di foto ayamnya juga ada noda hitam seperti dibakar di atas arang ;-). Untuk rekan2 dari Lumajang mohon maaf atas keterbatasan di atas. Terima Kasih.

Reviews & Comments

  |  2021-11-01 12:53:44
Antonio tarjhono from Teluk Bintuni papua Barat says:
Sy perlu resep ini buat usaaha


  |  2021-04-27 17:05:53
Debbie from Virginia, USA says:
All recipes that I have tried are very good, even family and friends loving it. Thank you for sharing!

Hallo Debbie :-) Thanks for keeping me updated all of your re-cooking recipe. I just post them (of course after conducted self experiment), but still the end result depends on each re-cooker. I'm sure you're great chef if all your attempts turn out good. Well done !!. Meantime I have a problem with the English site, wanted to change webhost but It didn't work out with the old template, that's why it temporary shut down :-( But I'm working to adjust it, hopefully it will go online soon. Thx for your appreciation. Keep cooking and inspiring :-). Cheers...Endang


  |  2021-02-12 18:52:41
Wahju from Jember says:
Alhamdulillah

Selamat yang barusan makan enak :-)


  |  2020-11-08 09:58:58
wiwik from malang says:
lumajang sae... jadi kangen masakan emak

Ya bikin sendiri dong Wiwik :-)


  |  2020-04-12 11:20:17
April from Jogja says:
Terimakasih resepnya, Mbak, alhamdulillah sdh banyak kali coba...ini kunjungan lagi tuk mastikan resep, soalnya dah lama sejak terakhir masak ayam coco...

Ha ha April ..lagi kangen dengan Ayam Coco ya? Monggo dilihat lagi resepnya gak akan hilang atau sembunyi. Terima Kasih jg sudah wira-wiri ke mari. Jaga diri dan kesehatan baik-baik ya. Semoga tetap sehat. Salam....endang


  |  2019-07-30 22:41:08
Nad from Lumajang says:
Hehehe ibuk sama abi suka rasanya, terima kasih :)

Sama-sama Nad ;-). Terima Kasih juga sudah uji nyali resep sendiri. Kalau bukan orang Lumajang siapa lagi yang wajib melestarikan Ayam Bakar ini, iya kan? Ayo silahkan intip resep2 yang lain. Salam...Endang


  |  2018-05-18 08:41:43
mujayanah from lumajang says:
Ayamnya hrs digoreng dlu ya? Selain di goreng gak bisa ya,misalnya di rebus ato di bakar

Hallo MUjayanah. Kalau masalah bisa atau tidak ya tentu saja bisa kan tergantung yang masak gak ada yg nglarang ha ha. Cuman hasil akhir rasanya itu yg saya gak tahu. Tapi kalau malas goreng ya masukkan ayam mentah di bumbu yg sudah ditumis, masak sampai ayam agak empuk baru dibakar. Tapi ayamnya jangan sampai direbus duluan baru dimasukkan ke bumbu tumis nanti sari ayam ikut terebus dan kurang enak. Semoga jawaban saya membantu. Selamat Mencoba. Salam...Endang


  |  2018-04-23 22:56:08
April from Yogya says:
Terimakasih banget Mbak resepnya, sengaja cari karena pengen nostalgia ayam coco Lumajang yg uenak, karena saya asli Lumajang. dan pengen masakin buat teman teman.

Hallo April. Sudah dicoba belum? Gimana hasilnya. Ayo silahkan dicoba lagi resep dari kampung halaman. Semoga sukses menjamu teman2. Salam...Endang


  |  2017-01-08 13:08:49
savronal from jakarta says:
Makanan ini enak enak enak sekali,yang belum coba silahkan dicoba

Betul kata Savro....uenak habis ha ha ha :-) Selamat Boss untuk Ayam Bakarnya. Ayo cepetan bikin yang belum sempat mencicipi. Salam Hangat Ayam Bakar ;-).. Endang


  |  2016-11-03 19:00:31
Qaf from Malang says:
Wah, suip banget ini.... lagi ngidam. pingin ayam coco. tapi kok harus pulang dulu ke lumajang. Makasih banyak resepnya mbak 😘

Hayo buruan dibikin biar nanti Dedek gak ngiler ;-)


  |  2014-11-20 09:19:47
yulieka from Lumajang says:
Wah trimakasih ya sudah mengangkat kuliner Lumajang. padahal saya yang tinggal di Lumajang saja tidak tahu dengan masakan ini, maklum tinggalnya di pelosok dan di tempat saya tidak ada masakan ini hehehe....

Yuli makanan selezat ini kok dilewatkan di depan mata ha ha ha. Becanda..nggak apa2 terlambat tahu daripada tidak tahu sama sekali. Maklum masakan daerah memang sangat beragam wajar kalau ada yang terlewat. Tapi sekarang kan udah tahu..ayo silahkan praktek itung2 melestarikan warisan leluhur ;-). Salam Kuliner..Endang


Tulis Komentar Anda: